Skip to main content

Pengertian kewirausahaan, karakteristik, tahap dan tujuannya

Apa yang dimaksud dengan kewirausahaan? Untuk mengetahui apa pengertian kewirausahaan ada beberapa pengertian kewirausahaan baik pengertian secara umum maupun pengertian menurut para ahli yang bisa dijadikan sebagai sumber acuan.

Secara umum, pengertian kewirausahaan adalah suatu sikap atau kemampuan seseorang dalam melakukan atau menciptakan sesuatu yang baru dan memiliki keunikan yang dibuat secara kreatif dan inovatif yang memberikan manfaat bagi orang lain dan memiliki nilai tambah.

Sedangkan pengertian kewirausahaan menurut wikipedia Kewirausahaan (entrepreneurship) atau Wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu.

Sedangkan pengertian kewirausahaan menururut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Kewirausahaan(wirausaha) memiliki arti yang sama dengan wiraswasta yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya;

Pengertian kewirausahaan Menurut para ahli

Berikut pengertian kewirausahaan menurut para ahli:

1. Robbin Coulter

Menurut robbin coulter, Kewirausahaan merupakan suatu proses dimana seseorang atau kelompok menggunakan upaya yang terorganisir dan sarana untuk mencari sebuah peluang dan menciptakan suatu nilai yang tumbuh dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui sebuah inovasi keunikan, tidak mempedulikan apapun sumber daya yang digunakan pada saat ini.

2. Peter Drucker (1959)

Menurut Peter Drucker, pengertian kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang lain

3. Siswanto Sudomo (1989)

Menurut Siswanto Sudomo, pengertian kewirausahaan adalah segala sesuatu yang penting mengenai seorang wirausaha, yakni orang yang memiliki sifat pekerja keras dan mau berkorban, memusatkan segala daya dan berani mengambil risiko untuk mewujudkan gagasannya.

4. Ahmad Sanusi (1994)

Menurut Ahmad Sanusi, definisi kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.

Baca juga: Pengertian Saham Syariah

5. Zimmerer (1996)

Menurut Zimmerer, pengertian kewirausahaan adalah sebuah proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan bisnis.

6. Soeharto Prawiro (1997)

Menurut Soeharto Prawiro, pengertian kewirausahaan adalah suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai usaha dan mengembangkan usaha.

7. Eddy Soeryanto Soegoto

Menurut eddy soeryanto soegoto pengertian kewirausahaan adalah suatu usaha kreatif yang terbangun atas dasar inovasi untuk bisa menghasilkan sesuatu atau hal yang baru, mempunyai nilai tambah, memberikan manfaat, menciptakan suatu lapangan kerja dan hasilnya bermanfaat untuk orang lain.

karakteristik kewirausahaan

Sebagai seorang yang akan memulai sebuah usaha harus memiliki jiwa kewirausahaan, karena dengan adanya jiwa kewirausahaan usaha yang akan di jalankan di harapkan mendapatkan hasil yang memuaskan. akan tetapi jika suatu bisnis di jalankan tanpa memiliki jiwa kewirausahaan maka bisnis tersebut tidak akan berkembang bahkan mengalami kerugian.

ciri-ciri kewirausahaan

Adapun ciri-ciri atau Karakteristik dari kewirausahaan antara lain:

1. Percaya diri.

Percaya diri adalah sikap yakin akan kemampuan dirinya sendiri terhadap pencapaian keinginan dan harapannya. Percaya diri sangat diperlukan dalam dunia bisnis.

Dengan adanya rasa Percaya diri akan membuat Anda mau melakukan tindakan untuk memperoleh sebuah kesuksesan.rasa percaya diri juga mempengaruhi kualitas tindakan seseorang,Semakin besar rasa percaya diri, semakin berkualitas juga tindakan yang dihasilkan. Sehingga diharapkan akan menghasilkan kesuksesan bagi bisnis Anda

2. Berorientasikan pada tugas dan hasil.

Maksudnya adalah seorang wirausaha harus memiliki sikap tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang seharusnya di lakukan .dan juga harus bertanggung jawab terhadap hasil dari tugas yang di lakukan tersebut.

3. Berani mengambil risiko

Resiko dapat diartikan sebagai suatu ketidakpastian di masa yang akan datang  atau sebuah konsekuensi yang memunculkan dampak yang bersifat merugikan.

Dalam pengambilan resiko para wirausaha selalu memperhitungkan secara matang terhadap keputusan yang akan diambil. Pengambilan resiko ini berkaitan erat dengan kepercayaan diri. Semakin besar keyakinan pada kemampuan diri sendiri, semakin besar pula keyakinan dalam mempengaruhi hasil dan keputusan.

Baca juga : 5+ peluang usaha rumahan yang menjanjikan

4. Kepemimpinan.

Kepemimpinan Yaitu suatu pengaruh yang diberikan kepada orang lain untuk mempengaruhi tindakan mereka melalui sebuah komunikasi baik berupa perintah maupun ajakan. Menjadi seorang wirausahawan harus memiliki jiwa pemimpin untuk mencapai sebuah tujuaan.

Karena pemimpin pada dasarnya memiliki fungsi, yaitu mengarahkan, membina, mengatur, mengevaluasi orang-orang yang dipimpin untuk mencapai suatu tujuan yang ingin di capai.

5. Berorientasi ke masa depan.

Maksudnya adalah seorang wirausaha harus memiliki pandangan, dan visi kedepan sehingga wirausaha tersebut harus menjaga kontinuitas (kesinambungan) dari usahanya tersebut. untuk menghadapi suatu hal yang akan terjadi di masa depan seorang wirausaha harus menyusun perencanaan dan strategi yang matang dan tepat.

6. Jujur dan tekun

Sifat jujur akan membawa kepercayaan kepada rekan usaha maupun kepada konsumen sehingga proses dalam berwirausaha akan mudah mendapat dukungan dari berbagi pihak.sifat jujur juga akan membawa keberhasilan terhadap suatu usaha karena sifat yang tidak jujur atau curang akan membawa kerugian.

7. Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi.

Dalam berwirausaha, inovasi dan kreativitas adalah hal yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh para wirausahawan demi perkembangan dan kesuksesan sebuah usaha yang di jalankan. Pada dasarnya sebuah inovasi dalam berwirausaha adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif terhadap permasalahan dan peluang untuk meningkatkan kinerja suatu usaha.

Sedangkan kreativitas yaitu kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara baru dalam melihat sebuah permasalahan dan peluang yang ada.

8. Mempunyai Daya Analisis yang Baik

Seorang wirausaha harus memiliki daya analisis terhadap apa yang sedang dikerjakannya dan juga mampu memprediksi hal yang akan terjadi. Misal saja memperhitungkan untung, jumlah persaingan, nilai jual produk dan kemampuan lainnya.

Hal ini sangat penting dimiliki dalam diri seorang wirausahawan yang sedang terjun dalam dunia bisnis, karena betujuan untuk meminimalisir kerugian.

Tahapan kewirausahaan

Secara umum tahap-tahap melakukan wirausaha:

1. Tahap memulai

Yaitu Tahap di mana seseorang yang berniat untuk melakukan suatu usaha dengan mempersiapkan segala sesuatu yang di butuhkan, yang diawali dengan adanya peluang usaha baru, melakukan akuisisi, atau melakukan ‘’franchising’’. Di dalam Tahap ini juga memilih jenis usaha yang akan dilakukan, apakah usaha yang akan di jalankan di bidang pertanian,bidang industri, atau bidang jasa.

Baca juga: 5 Bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan

2. Tahap melaksanakan usaha

Dalam tahap ini seorang wirausahawan mengelola berbagai aspek yang terkait dengan usahanya, mencakup aspek-aspek: sumber pembiayaan, Sumber Daya Manusia (SDM), kepemilikan, Pengorganisasi, dan kepemimpinan yang meliputi pengambilan keputusan, pemasaran, serta melakukan evaluasi.

3. Tahap mempertahankan usaha

Tahap di mana wirausahawan melakukan analisis terhadap hasil yang sudah di capai untuk untuk di telaah lebih lanjut sesuai dengan kondisi yang dihadapi agar usaha yang di jalankan tetap ada.

4. Tahap mengembangkan usaha

Yaitu Tahap di mana jika hasil yang diperoleh bersifat positif atau dapat bertahan maka pengembangan usaha menjadi salah satu pilihan yang bisa di ambil. Agar usaha yang di geluti tersebut semakin mengalami perkembangan

Tujuan kewirausahaan

Semua hal yang dilakukan seseorang pasti memiliki tujuan yang ingin di capai begitu juga dalam kewirausahaan. Ada banyak sekali tujuan seorang yang berwirausaha baik tujuan untuk dirinya sendiri dan juga bahkan untuk kepentingan orang lain dan masyarakat sekitar.

Berikut ini adalah beberapa tujuan seseorang berwirausaha:

  1. Meningkatkan taraf kesejahteraan hidupnya dan juga masyarakat dengan membuka lapangan pekerkerjaan baru.
  2. Menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran orang lain dalam berwirausaha.
  3. Membantu menumbuhkan masyarakat agar lebih kreatif dan inovatif dalam berwirausaha.
  4. Membantu memberikan sumbangan sosial baik berupa materi maupun non materi.
  5. Menciptakan lapangan pekerjaan baru.

demikian penjelasan mengenai pengertian kewirausahaan, ciri-ciri kewirausahaan, tahap tahap kewirausahaan, dan tujuan kewirausahaan, semoga Bermanfaat.

sumber referensi:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kewiraswastaan
  • https://kbbi.web.id/wiraswasta

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar