Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Dan Contohnya

Ketika Anda ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan, tentu Anda perlu membuat surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja merupakan poin penting yang menjadi pertimbangan oleh pihak perusahaan apakah Anda diterima atau tidaknya.

surat lamaran kerja
Ilustrasi Surat Lamaran Kerja (pixabay)

Bayangkan saja jika Anda membuat sebuah surat lamaran kerja secara asal-asalan tanpa memperhatikan poin penting yang harus ada dalam surat lamaran pekerjaan, tentu akan berdampak negatif bagi lamaran Anda.

Anda tentu harus mempromosikan diri Anda secara benar tanpa perlu mengada-ada yang tentu saja menjadi nilai tambah bagi perusahaan yang akan menerima kerja.

Anda tentu harus menulis surat lamaran kerja dengan baik dan benar agar peluang diterima perusahaan yang Anda inginkan semakin besar. Karena saat ini banyak orang yang membutuhkan pekerjaan namun lapangan kerja yang tersedia tidak memadai. Sehingga untuk memasuki sebuah perusahaan yang Anda inginkan bisa saja menjadi sangat sulit karena persaingan yang ketat.

Berikut tips menulis surat lamaran kerja yang benar

  1. Baca dengan baik persyaratan dan kriteria yang dibutuhkan dalam lowongan pekerjaan tersebut Hal ini dibutuhkan agar isi surat lowongan pekerjaan Anda tidak keluar dari konteks.
  2. Dalam penulisan surat lamaran kerja gunakan bahasa baku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
  3. Gunakanlah kata-kata yang mudah dipahami, singkat, padat, jelas, sopan, dan menarik.
  4. Tujuan surat harus jelas. nama yang dituju harus Anda pastikan benar ejaan namanya, gelar, dan jabatan, begitu pula dengan alamat perusahaan.
  5. Pastikan bahwa surat lamaran pekerjaan tidak ada salah ketik. Memakai tata bahasa yang baik dan benar, serta tidak terdapat kata yang sering diulang.
  6. Pastikan surat lamaran kerja yang menggunakan kertas bersih Tidak ada kotoran, ataupun bekas terlipat.

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik agar peluang diterima oleh perusahaan semakin besar, selanjutnya simak cara menulis surat lamaran kerja di bawah ini.

Cara menulis surat lamaran kerja

Menulis surat lamaran kerja sangat berbeda dari sebuah surat ke teman atau surat ucapan terima kasih kepada kerabat. Melainkan harus memperhatikan beberapa hal-hal penting yang harus dilakukan Salah satu contoh yaitu format penulisan sebenarnya tidak ada patokan tertentu melainkan pada umumnya dalam membuat surat lamaran menggunakan format sebagai berikut:

1. Panjangnya surat

Sebuah surat lamaran pekerjaan biasanya tidak melebihi dari satu halaman.

2. Format dan margin Halaman

Dalam surat pengantar biasanya menggunakan huruf spasi tunggal dengan spasi di antara setiap paragraf. Gunakan margin pada layout:

  • Margin Top :3 cm
  • Margin Left :4 cm
  • Margin Bottom :3 cm3
  • Margin Riht : 2cm

Dan teks Rata kiri, yang merupakan kesejajaran standar untuk sebagian besar dokumen.

3. Font

Gunakan font tradisional seperti Times New Roman, Arial, atau Calibri. Ukuran font harus antara 10 dan 12 point.

Pada Umumnya cara penulisan surat lamaran kerja di setiap tempat sama saja isinya. Baik cara membuat surat lamaran kerja online,cara membuat surat lamaran pekerjaan di perusahaan maupun cara membuat surat lamaran kerja di bank.

Langkah-langkah membuat surat lamaran kerja :

1. Tempat dan tanggal penulisan surat.

  • Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju.
  • Alamat lengkap perusahaan.
  • Salam hormat

2. Kata pengantar / pembukaan

Dalam kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran kerja wajib mencantumkan di mana Anda mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan yang Anda tuju. Baik dari surat kabar, internet, atau teman Anda. Sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang Anda pilih

Jika dalam perusahaan tersebut terdapat lebih dari satu posisi lowongan pekerjaan.

3. Biodata

Tuliskan nama lengkap Anda, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon, E-Mail, Pendidikan (tidak wajib). Jika Anda ingin menulis background pendidikan Anda, tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi Anda.

4. Pengalaman kerja dan kemampuan Anda

Jika sebelumnya Anda pernah bekerja, tulisan pekerjaan Anda sebelumnya. Jika belum pernah bekerja (fresh-graduate) tidak usah. Tulis juga kemampuan Anda yang berkaitan dengan lowongan dan sekiranya dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

5. Kata penutup

Dalam penutup ini tulislah untuk pembaca Anda bahwa Anda mempunyai keinginan kuat agar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa mengucapkan Terima kasih.

7. Lampiran surat lamaran kerja

Agar perusahaan yang Anda lamar semakin yakin untuk menerima Anda, lampirkan juga beberapa hal yang dapat menambah nilai Anda . Hal yang umum sebagai lampiran adalah :

  • Pas foto (foto terbaru)
  • Fotokopi KTP>
  • Daftar riwayat hidup
  • Fotokopi ijazah terakhir
  • Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah Anda ikuti)
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Setelah Anda mengetahui cara membuat surat lamaran pekerjaan yang benar, Anda bisa melihat contoh-contoh surat lamaran pekerjaan di bawah ini jika tidak .

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Umum (Untuk Perusahaan/PT/CV. Etc.)

Contoh Surat:
Contoh Surat lamaran Kerja Umum
Contoh Surat lamaran Kerja Umum
Download [Ukuran: 28,6Kb]

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Bank

Contoh Surat:
Contoh Surat lamaran Kerja Bank
Contoh Surat lamaran Kerja Bank
Download [Ukuran: 30,7kb]

3. Contoh Surat Lamaran Instansi Pemerintahan

Contoh Surat:
Contoh Surat Lamaran Instansi Pemerintahan
Contoh Surat Lamaran Instansi Pemerintahan
Download [Ukuran: 27,0kb]

Itulah bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang mudah dan tentu saja mempunyai peluang besar untuk diterima pada perusahaan yang Anda inginkan. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel