Skip to main content

Cara Membuat Animasi Sederhana Dengan Adobe Flash Professional CS 6

Pada Kesempatan ini kita akan belajar membuat Animasi dengan Adobe Flash Professional CS 6. Bagaimana membuat animasi simpel memakai Adobe Flash. Tehnik yang dipakai untuk bikin animasi ini ialah animasi keyframe, Apakah itu animasi keyframe ? jika saya pribadi menyebutkan bahwa animasi keyframe itu ialah animasi yang dibikin dari kumpuluan keyframe, dimana disetiap keyframe itu dikasih objek yang tidak sama.Pembelajaran kesempatan ini untuk pemula.

Langkah Membuat Animasi Sederhana Dengan Adobe Flash Professional CS 6
1. Buka Aplikasi Adobe Flash, Lalu Pilih Create New untuk membuat dokumen dan pilih “Action Script 3.0” 

2. Lalu menggunakan setting project yang diinginkan, anda dapat merubah sesuai keinginanan di “Properties”
3. Ada 2 langkah untuk menentukan pembuatan bentuk animasi yang pertama dengan menggambar langsung dengan tool yang sudah disediakan, Yang kedua dengan mengimport gambar dari internet atau gambar dengan aplikasi yang lain seperti corel, Disini saya menggunakan cara yang kedua, Masukkan Gambar untuk diletakkan disetiap frame dimulai dari 1 “ File => Import =>Import To Stage => Cari Folder gambar disimpan => Pilih Open”

4. Jika Gambar terlalu besar bisa dikecilkan sesuai yang diinginkan dengan “Free Transfrom Tool”

5. Klik “Onion Skin” untuk menampilkan bayangan untuk mempermudah mengedit gambar di frame

6. Klik pada frame 5 lalu Klik Kanan pilih “insert kyeframe” untuk menggerakkan gambar. Catatan buat anda, Semakin rapat frame yang dipakai untuk menggerakkan gambar maka akan semakin halus pergerakan gambar, saya menggunakan frame 5 untuk sampel agar lebih cepat mengedit

7 .Lalu gerakkan dengan Klik gambar, Setelah itu gerakkan kursur sesuai keinginan, disini saya menggerakan ke kanan. lakukan hal yang sama dari No 6 dan 7 untuk melanjutkan pergerakan gambar sampai selesai pergerakan gambar.

8. Jika udah selesai bisa diriview animasi yang udah di buat dengan klik CTRL+ ENTER lalu simpan dengan format yang diinginkan, disini saya menggunakan format video (swf)
Nah di atas ialah artikel Cara Membuat Animasi Sederhana Dengan Adobe Flash Professional CS 6. Bagaimana rekan – rekan ? apa artikel ini dapat menolong kalian ? saya berharap dengan artikel ini bisa menolong kamu dalam belajar dasar Adobe Flash Professional CS 6. Dan terima kasih. Bila kalian ingin request artikel yang lain dapat tulis di Kolom komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar