Apa itu Google Bisnisku? Manfaat dan Cara Daftar hingga Verifikasi

Sekarang ini banyak orang lebih bergantung pada Google untuk menemukan jawaban atas pertanyaan mereka, Google menjadi bagian besar dari cara pengguna menemukan produk maupun jasa di daerah dimana ia Tinggal.

Jika Anda seorang pemilik bisnis, tentu menginginkan bisnis Anda bisa terlihat oleh para pelanggan. maka Google Bisnisku adalah pilihan yang tepat.

Apa itu Google Bisnisku

Di lansir dari situs resmi Google, Google Bisnisku adalah alat gratis yang dapat Anda gunakan untuk membantu mengelola kemunculan bisnis Anda di berbagai produk Google, seperti di Maps dan Penelusuran.

Jadi Dengan kehadiran fitur ini sangat bermanfaat bagi Anda selaku Pemilik bisnis. Dengan menggunakan Google Bisnisku usaha Anda akan semakin terlihat oleh para calon konsumen melalui penelusuran Google.

Manfaat dan cara daftar Google Bisnisku

Bila Anda menjalankan usaha yang melayani konsumen di area tertentu, Google Bisnisku bisa membantu orang menemukan bisnis Anda dan mempermudah menjangkau pelanggan di Google Penelusuran dan Google Maps.

Perlu di ketahui bahwa Google Bisnisku hanya melayani bisnis yang melakukan kontak langsung dengan konsumen atau bisnis Offline, dan tidak melayani bisnis khusus online.

Manfaat Google Bisnisku bagi Pemilik Bisnis

Google Bisnisku memiliki beberapa manfaat yang bisa menunjang kesuksesan bisnis Anda. Berikut  iniadalah manfaat dan fungsi Google Bisnisku.

1. Gratis

Sebagai alat pemasaran gratis, Google Bisnisku dapat secara drastis meningkatkan peluang Anda ditemukan online dan menghasilkan lebih banyak pendapatan. Tentu saja, memiliki daftar saja tidak cukup - itu harus 100 persen lengkap dan dioptimalkan untuk berada di urutan pertama hasil daftar lokal.

Karena tidak memerlukan biaya sepeserpun untuk menggunakannya, tentunya akan menghemat keuangan bisnis Anda.

Baca Juga: Alasan Media Sosial Penting utuk Bisnis

2. Membantu Pelanggan Menemukan Lokasi Fisik Anda

Dengan menggunakan Google Bisnisku, Anda dapat mencantumkan alamat dan lokasi bisnis Anda di peta. Ini memastikan bahwa para pencari tidak perlu lagi bergantung pada peta kertas atau instruksi tertulis untuk menemukan Anda; alih-alih, mereka dapat menjangkau Anda melalui petunjuk yang tepat.

3. Visibilitas Pencarian Lebih Baik

Saat mencari di Google, Anda akan menemukan  panel biasanya berisi 3 daftar bisnis lokal dan informasinya.

Contoh: dengan mengetikan di pencarian Google dengan kata "Tempat makan bakso" maka akan muncul seperti gambar di bawah.

Manfaat Google Bisnisku untuk sebuah bisnis
Contoh manfaat Google Bisnisku untuk meningkatkan Visibilitas pencarian sebuah bisnis

Dari contoh di atas jelas dengan adannya Google Bisnisku memberikan manfaat bagi pemilik bisnis untuk menjangkau calon konsumen di daerah sekitarnya.

Agar bisnis Anda berada di bagian tersebut anda bisa memasukan Daftar lengkap dan mengoptimalkannya. Selain itu, klik sederhana akan mengarahkan pencari Anda ke seluruh konten Anda, seperti situs web Anda atau bahkan panggilan telepon langsung ke tempat usaha Anda.

4. Menampilkan Informasi Berguna

Google Bisnisku memberi Anda tempat untuk membuat pembaruan bisnis penting yang dapat segera dilihat oleh pencari. Informasi berguna dan terkini tentang bisnis Anda akan segera ditampilkan di daftar Google Bisnisku; pencari dapat melihat bisnis Anda.

  • Jam operasi
  • Arah
  • FotoT
  • Tombol panggil sekarang ditampilkan untuk pengguna seluler
  • Deskripsi bisnis Anda

Daftar bisnis Anda akan mudah diakses di tablet dan ponsel pintar maupun di desktop dan laptop.

5. Menjadi Alat Analisis Pelanggan

Di Google Bisnisku, Anda dapat melakukan analisis pelanggan dengan fitur Analytics. Dengan analisis sederhana dari Google Bisnisku ini, Anda dapat melihat kinerja bisnis Anda, dengan analytics ini Anda dapat melihat jumlah pelanggan yang menemukan bisnis dan interaksi pelanggan dengan bisnis Anda.

6. Mendapatkan Review dari Pelanggan

Pelanggan akan memberikan ulasan apakah menyukai bisnis anda atau tidaknya, dan sebagian besar pelanggan potensial akan memutuskan pembelian berdasarkan apa yang dikatakan orang tentang bisnis Anda.

7. Sebagai Media Komunikasi Pelanggan

Google Bisnisku tidak hanya tersedia review pelanggan, tetapi juga fitur tanya jawab pelanggan. Pelanggan bisa mengajukan pertanyaan tentang bisnis atau organisasi Anda di Google Bisnisku. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dijawab oleh pelanggan lainnya atau oleh pemilik bisnis.

Cara Daftar dan Verifikasi Google Bisnisku

Anda tertarik untuk menggunakan Google Bisnisku dan masih bingung bagaimana cara daftar Google Bisnisku.

Nah, Berikut ini adalah cara daftar Google Bisnisku.

Step 1. Buka Google Bisnisku, lalu klik "Mulai Sekarang"

Step 2. Tulis nama bisnis Anda, Klik Berikutnya

Step 3. Isi lengkap alamat kantor, toko, atau restoran Anda jika sudah pilih Berikutnya.

Step 4. Sesuaikan alamat kantor Anda di Google Maps untuk memudahkan konsumen mengunjungi alamat yang sudah Anda tulis.

Step 5. Tulis kategori bisnis yang sesuai dengan bisnis Anda. Misalnya, Anda mengelola sebuah Hotel maka pilihlah kategori “Hotel”

Step 6. Selanjutnya, isi no telepon atau HP yang khusus untuk menerima telepon dari pelanggan. Masukan website anda jika belum ada boleh di kosongkan.

Perlu di ingat bahwa website sangat penting untuk bisnis Anda.

Step 7. Pilih untuk menerima newsletter dari Google untuk menerima tips atau berita terbaru dari Google Bisnisku.

Step 8. Langkah terakhir ini adalah cara verifikasi Google Bisnisku. Akun Google Bisnisku, yang telah diverifikasi dianggap bisnis dengan reputasi baik di mata pelanggan dibanding yang tidak.

Jika Anda sudah memasukkan informasi yang lengkap dan benar pilih verifikasi saat itu juga dengan mengisi nama penerima surat. Lalu klik Kirim Kartu Pos. Setelah itu tunggu surat dari Google sampai ke alamat yang Anda masukan sebelumnya.

Step 9. Proses pengiriman surat Google berbeda-beda tergantung lokasi biasanya membutuhkan waktu 2 Minggu bahkan ada yang sampai 2 bulanan. Setelah mendapatkan surat dari Google Bisnisku, Anda bisa melanjutkan proses verifikasi menggunakan kode verifikasi yang terdapat dalam surat.

Step 10. Buka Google Bisnisku dan pilih menu verifikasi lokasi. Kemudian masukkan kode verifikasi dari surat Google. Verifikasi Google Bisnisku selesai.

Kesimpulan

Antarmuka terpadu, Google Bisnisku terlihat membuat hidup lebih mudah bagi bisnis lokal dengan meningkatkan peluang mereka ditemukan melalui Google.

Untuk menemukan bisnis yang tepat dan memenuhi kebutuhan mereka, sembilan dari setiap sepuluh konsumen melakukan pencarian lokal di mesin pencari.

Anda dapat terhubung dengan prospek Anda di ujung pencarian tersebut dengan menyiapkan dan mengoptimalkan Google Bisnisku. Ini adalah cara gratis untuk menarik pelanggan dengan investasi waktu yang kecil.

Dengan menggunakan alat ini, Anda dapat terhubung dengan audiens Anda, meningkatkan peluang Anda untuk ditemukan, dan menghasilkan lebih banyak lalu lintas bertarget ke situs web Anda atau tempat lain.

Dalam posting ini, saya telah memberi tahu Anda tentang Google Bisnisku dan manfaat menggunakannya untuk menarik lebih banyak pelanggan dan klien lokal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel