7 Alasan Mengapa Website Penting Untuk Bisnis Anda

Memasarkan sebuah produk ataupun jasa tidak hanya memanfaatkan social media saja, namun bisa juga dengan membuat website. Persaingan strategi marketing online menggunakan website saat ini berkembang sangat pesat dan setiap orang berlomba memberikan penawaran terbaik.

Pentingnya website Untuk sebuah Bisnis

Sebuah website sendiri dapat berfungsi sebagai karyawan dan sumber daya utama untuk bisnis Anda yang berfokus pada berbagai jenis strategi pemasaran digital untuk meningkatkan merek Anda secara online. Tetapi tidak hanya itu saja, jika Anda tidak menggunakan website untuk bisnis Anda, bagaimana Anda tetap mengikuti perkembangan tren pasar, pesaing dan bagaimana pelanggan Anda menemukan produk Anda?.

Menurut Lembaga riset Merchant Machine, merilis daftar sepuluh negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat di dunia. Indonesia berada pada urutan pertama dengan pertumbuhan 78% pada 2018. salah satu kekuatan yang mendorong pertumbuhan e-commerce yaitu Jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai lebih dari 100 juta pengguna.

Rata-rata uang yang dibelanjakan masyarakat Indonesia di situs belanja online mencapai US$ 228 per orang atau sekitar Rp 3,19 juta per orang.

Di balik semua itu, adanya website memang berpengaruh terhadap suatu perusahaan ataupun branding personal Anda. Baik perusahaan ataupun personal akan terkesan lebih profesional dengan adanya website tersebut.

Adapun Alasan Mengapa Website Penting Untuk sebuah Bisnis sebgai berikut.

1. Meningkatkan Kredibilitas

Sebuah website adalah cara terbaik untuk mengumpulkan semua pekerjaan Anda dan menggunakannya secara efektif sebagai portofolio dari penawaran Anda, di mana Anda dapat menampilkan testimonial atau angka apa pun untuk mempromosikan bisnis Anda.

Dengan memiliki website untuk produk yang Anda tawarkan, maka kepercayaan dari pelanggan menjadi meningkat. Terlebih, pembuatan website juga tidak terlalu mahal untuk jangka waktu 1 tahunan. Tergantung bagaimana Anda mengatur budgetnya.

Jika Anda mencoba untuk meningkatkan lebih banyak penjualan dan peringkat yang lebih baik di mesin pencari Google, maka Anda harus konsisten dengan layanan atau penawaran produk Anda dan mendapatkan nilai positif dari pelanggan Anda.

2. Memberitahu Pelanggan Tentang Bisnis Anda

Anda tidak hanya dapat menggunakan website Anda untuk menjual produk atau layanan, tetapi Anda dapat menggunakan media online lainnya seperti, Facebook, Twitter atau bahkan mempromosikan blog Anda. Anda dapat mengiklankan buletin bulanan Anda dan mendorong pelanggan untuk mendaftar untuk memberi tahu mereka tentang penawaran terbaru Anda.

Memberitahu Pelanggan Tentang Bisnis Anda
Memberitahu Pelanggan Tentang Bisnis Anda

Kuncinya adalah memastikan Anda selalu memperbarui website Anda dengan semua peraturan merek dan lokasi bisnis. Pastikan Anda juga memeriksa akun Google Anda yang terbaru, jika tidak hal ini dapat membingungkan orang yang mencari bisnis Anda.

3. Situs Web Dapat Diakses 24 Jam Non Stop

Website dan halaman media sosial Anda dapat diakses 24 jam, dan hal ini tentu dapat menjangkau ribuan orang per bulan. dalam memasarkan produk Anda bisa saja hanya menggunakan media sosial saja akan tetapi dengan  adanya Website tentu akan meningkatkan penjualan bisnis Anda.

4. Website Salah Satu Investasi

Banyak pelaku bisnis membuat kesalahan dengan tidak memperhatikan anggaran pemasaran, mereka merasa itu bukan sesuatu yang penting untuk saat ini, dan mereka hanya memanfaatkan sosial media saja untuk berjualan online.

 Website Salah Satu Investasi

Namun sebenarnya, salah satu pengeluaran terbesar yang dikeluarkan dalam membuat Website adalah desain, hosting dan pengembangan pemasaran online maupun secara offline. Menginvestasikan sebagian besar anggaran Anda di website jauh lebih hemat biaya karena Anda dapat menampilkan gambar, video, tautan, dan informasi kepada audiens Anda.

Ketika Anda menerima penawaran website, itu selalu tampak menakutkan tetapi, jika Anda membagi harga selama masa pakai website, berapa banyak Anda akan menggunakannya, berapa banyak uang yang akan dihasilkannya dan bagaimana itu akan menjadi wajah baru merek online Anda, maka sebenarnya itu adalah investasi yang berkualitas.

5. Meningkatkan Layanan Pelanggan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu hal positif dari pembuatan website adalah menghemat biaya tenaga kerja. Menawarkan layanan pelanggan respons cepat di website Anda dengan pertanyaan yang diajukan secara teratur, merupakan cara terbaik untuk menghindari membayar biaya tenaga kerja dan tagihan telepon. Tidak lupa menawarkan pertanyaan lain untuk diarahkan ke email bisnis Anda untuk memastikan pelanggannya sangat senang.

6. Membangun Brand

Adanya website tidak hanya sebagai formalitas maupun agar terlihat profesional saja, akan tetapi bisa dijadikan sebagai cara membangun brand Anda.

Membangun Brand bisnis
Membangun Brand

Dalam membangun brand dengan website yaitu dengan Cara memberikan konten yang relevan dengan produk ataupun jasa yang Anda tawarkan dan menguploadnya ke website tersebut.

7. Membantu Memberikan Inovasi Baru

Dalam membuat website untuk bisnis, tidak jarang ada yang memberikan komentar positif, negatif ataupun saran terhadap bisnis yang Anda jalankan. Segala bentuk komentar yang diberikan oleh pelanggan dapat Anda susun dan bisa dimanfaatkan untuk menciptakan inovasi baru yang dibutuhkan oleh konsumen.

Konten yang bermutu dan relevan akan memberikan nilai positif terhadap website yang Anda kelola. Tidak hanya itu saja, dengan konten yang berbobot tentunya akan banyak orang yang akan membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Baca Juga: 5 Bisnis Online Terbaik Bagi Pemula Tanpa Modal.

Tips Membuat Website Bisnis Untuk Pemula

Berikut beberapa tips bermanfaat untuk Anda yang baru ingin membuat sebuah website untuk bisnis Anda.

1. Sesuaikan Dengan Budget dan Kebutuhan

Tips pertama dalam membangun sebuah website adalah sesuaikanlah dengan budget yang Anda miliki dan kebutuhan yang di perlukan.

Biasanya modal yan di butuhkan dalam mebuat website sekitar 500 rb sampai1,5 juta saja itu sudah termasuk biaya Hosting, domain, dan desain web yan bagus. Untuk awal Anda bisa menggunakan theme gratis dan hosting dengan spek rendah tapi tentu hasilnya pun kurang memuaskan.

3. Bangun Konten

Membuat konten yang berbobot menjadi tantangan dalam memasarkan produk melalui online. Anda harus memikirkan strategi yang matang dalam penulisan konten tersebut.

Buatlah konten yang difokuskan pada hal-hal yang berkaitan dengan bisnis Anda dan yang pengguna inginkan. Penulisan konten juga harus jelas, padat, informatif dan tentunya mudah dibaca serta dipahami.

Anda juga bisa membuat halaman khusus terkait profil bisnis Anda, visi misi dan lain sebagainya agar pengunjung dapat mengenal lebih jauh lagi. Jangan lupa menyertakan kontak yang dapat dihubungi agar pengunjung bisa menghubungi Anda jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.

Baca Juga: Cara Membuat Blog Gratis Untuk Pemula Lengkap.

4. Bidik Kata Kunci Dengan Tepat

Bidiklah kata kunci yang relevan dan tepat penerapannya. Kata kunci tidak hanya dimasukkan dalam sebuah konten saja, melainkan pada judul utama dari konten tersebut. Buatlah judul yang menarik, namun tetap mengandung kata kunci agar mendatangkan pengunjung dan tentunya memberikan informasi yang bermutu.

5. Buat Konten Visual

Agar website tidak terlalu membosankan dan terkesan itu itu saja, cobalah untuk membuat konten visual. Contohnya disini tidak hanya gambar atau video saja, melainkan juga infografik dan sejenisnya.

Konten yang fresh dan mudah dicerna seringkali menjadi incaran para pembaca. Dalam menyajikan infografik, sebaiknya didukung oleh fakta-fakta yang ada.

6. Setting Navigasi Yang Mudah

Selain harus memperhatikan desain web yang responsive, baik di layar pc ataupun ponsel, settingan navigasi juga penting. Anda bisa membuat navigasi sesuai dengan kategori bisnis yang Anda tawarkan menjadi menu utama.

Buatlah navigasi yang memudahkan pengunjung untuk berselancar di website Anda agar memudahkan mereka dalam mencari yang diinginkan.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas bahwa keberadaan sebuah situs web sangat penting untuk bisnis yang Anda jalankan, selain di gunakan Membangun Brand bisnis tetapi juga memudahkan anda untuk mengelola bisnis tersebut. Hal lain yang perlu di perhatikan yaitu memberikan konten yan bermutu dan berkaitan dengan bisnis Anda.

Sebelum membuat situs web untuk bisnis, Anda harus menyiapkan modal dan juga epelajari lebih jauh tentang penggunaan website hal ini bertujuan agar anda tidak kebingungan dalam mengelola website tersebut.

Itulah 7 Alasan Mengapa Website Penting Untuk Bisnis Anda semoga bermanfaat, Terimasih.

Belum ada Komentar untuk "7 Alasan Mengapa Website Penting Untuk Bisnis Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel