--> Skip to main content

Cara Membuat Blog gratis untuk pemula lengkap disertai gambar

Dalam artikel kali ini, saya akan berbagi panduan cara membuat blog gratis yang cocok bagi pemula pemula. mungkin sebagian orang baru mengetahui apa itu blog bahkan baru pertama kali mendengar istilah tersebut. oleh sebab itu sebelum kita membuat blog alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu blog.


cara buat blog gratis

Blog merupakan salah satu jenis website yang di kelola oleh seorang atau beberapa penulis yang di dalamnya berisi tentang pengalaman pribadi, observasi, dan opini dari penulis. lalu apa manfaat blog?

Ada banyak sekali Manfaat dari penggunaan blog selain di gunakan sebagai media untuk berbagi pengalaman blog juga sering kali dimanfaatkan untuk mengasah kemampuan menulis,sebagai media publikasi, bahkan digunakan untuk mendapatkan penghasilan dengan mengikuti berbagai program afiliasi.

Saya yakin bahwa anda merupakan salah satu orang yang mencari cara membuat blog gratis dan mudah. untuk itu simak cara di bawah ini.

Baca Juga : 3 Tips Mudah Agar Blog Diterima Oleh Google Adsense
Baca Juga : 3 Langkah Mudah Menghubungkan Domain dengan Blogspot
Baca Juga : Download Sitemap Keren, SEO Dan Responsive Mobile Friendly Di Blog

Panduan cara buat blog gratis

Sebelum membuat blog ada beberapa langkah yang harus anda lakukan yaitu:

1. Memilih niche blog

Sebelum membuat sebuah blog anda harus menetukan terlebih dahulu tema blog yang akan buat.  Ada banyak sekali topik yang bisa dijadikan pembahasan utama blog Mulai dari teknologi , berita,resep makanan, musik, bisnis kesehatan dan lain-lain.

Dalam Memilih niche blog tidak bisa dilakukan asal-asalan, apalagi dengan terburu-buru. Lakukanlah riset dan perbandingan terlebih dulu. Dengan begini, Anda tidak akan merasa kesulitan dalam mencari niche blog yang tepat.

Sebaiknya anda memilih topik yang sekiranya anda kuasai atau berdasarkan hoby anda . karena jika kita menulis sebuah konten yang sesuai dengan hobi dan kesukaan akan memberikan hasil yang lebih baik. Dan sudah pasti pengunjung blog Anda akan merasa puas.

2. Cara buat blog gratis di Blogger.com

sebenarnya Terdapat banyak sekali platform yang bisa di gunakan untuk membuat blog. Oleh sebab itu, anda harus memutuskan platform mana yang akan anda gunakan untuk membuat blog, baik menggunakan blogger, wordpress, tumblr, jimdo, oomala, webs, squidoo, dan lain sebagainya.

saya Lebih menyarankan menggunakan blogger,karena platform blogger ini terbilang paling populer jika di bandingkan dengan yang lainnya, selain itu blogger juga mudah di gunakan, cocok sekali bagi seseorang yang masih awam dalam dunia bloging seperti admin maxoke ini. 

Adapun cara membuat blog di blogger silahkan ikuti langkah-langkahn berikut ini


1. Pertama-tama silahkan buka situs blogger.com, Kemudian klik BUAT BLOG

cara pertama buat blog gratis di blogspot
Silahkan kunjungi blogger.com

2. Masukkan alamat gmail anda, lalu klik berikutnya, setelah itu masukan pasword gmail anda dengan benar dan klik berikutnya.
3. maka akan muncul seperti gambar di bawah ini silahkan isi dengan nama anda atau nama apa saja , Nantinya nama tersebut di gunakan sebagai profil blogger.
buat blog gratis di blogspot
silahkan isi dengan nama anda

4. klik BUAT BLOG BARU
5. silahkan isi sesuai dengan blog yang akan anda buat
membuat blog di blogspot



  • Nomor 1 :Isi dengan judul blog baru anda, misal maxoke.
  • Nomor 2 : Isi dengan alamat url pada blog anda, misal contohmaxoke.blogspot.com atau cukup mengetikkan contohmaxoke saja, nanti secara otomatis alamat blognya menjadi contohmaxoke.blogspot.com. Jika ada tanda centang disampingnya itu berarti alamat blog yang anda buat tersedia.
  • Nomor 3 : Pilih tema yang anda sukai untuk blog baru anda.

10. Setelah itu, pilih Buat blog
11. Selamat anda berhasil membuat sebuah blog baru.

sangat mudah bukan membuat blog dengan blogger,Nah setelah anda mempunyai sebuah blog tentu anda juga harus memahami menu-menu yang di sediakan bloger. untuk lebih memahami hal tersebut silahkan simak penjelasan di bawah ini.
menu blogger


  1. Pos: menampilkan semua pos yang terdapat pada blog anda, baik itu pos yang sudah diterbitkan dan post yang masih berbentuk rancangan (draft). Dalam menu ini, anda juga bisa menghapus beberapa pos sekaligus dengan cepat.
  2. Statistik: menampilkan informasi statiska pada blog anda, seperti jumlah penayangan halaman. Selain itu, pada menu ini juga menampilkan informasi tentang bagaimana pengunjung menemukan blog anda dan lain-lain.
  3. Komentar: menampilkan komentar yang telah diterbitkan mengenai post yang anda terbitkan.
  4. Halaman: merupakan halaman pendukung dan perlengkapan sebuah blog seperti tentang blog anda, contack, sitemap, disclaimer dan lainnya.
  5. Tata Letak: disini anda bisa kustomisasi tampilan atau menambahkan widget (gadget) pada blog anda.
  6. Tema: menampilkan pengaturan pada tema blog anda. digunakan Untuk mengedit, atau bahkan mengganti template blog anda.
  7. Setelan: menampilkan pengaturan lanjutan pada blog anda, seperti pengaturan dasar, pos, bahasa dan lain sebagainya bisa anda lakukan disini.
  8. Daftar Bacaan: menampilkan postingan terbaru dari blog-blog yang anda ikuti.
  9. Bantuan: menampilkan beberapa artikel bantuan mengenai bagaimana cara menggunakan blog di Blogger.

Demikian artikel tentang cara membuat blog gratis menggunakan blogger, semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar