Skip to main content

5 Cara Terbaik Agar Website Dan Komputer Terhindar Dari Berbagai Macam Malware

Saat ini, sebagian besar pekerjaan Anda kemungkinan dilakukan secara online. Dari menyimpan akun catatan dan lainnya hingga berinteraksi dengan pelanggan dan pemasaran untuk mendapatkan pelanggan baru, Anda akan banyak mengandalkan jaringan kantor Anda. Dan ketika menyangkut penyimpanan dan pemrosesan data yang efisien, penjualan, dan umumnya berkaitan denan peningkatan laba, hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah mengamankan jaringan itu agar terhindari Malware.

Apa itu Malware?

Malware merupakan perangkat lunak yang dibuat dengan maksud untuk memasuki dan kadang menyebabkan kerusakan sistem computer, jaringan, atau server tanpa diketahui oleh pemiliknya.

Arti kata malware sendiri diambil dari kombinasi dua kata yakni malicious “berniat jahat” dan software “perangkat lunak”. Tujuannya tentu untuk merusak atau mencuri data dari perangkat yang dimasuki.

Tidak sembarangan orang yang dapat membuat perangkat lunak seperti ini. Biasanya mereka adalah orang-orang yang sudah paham mengenai cara membuat perangkat lunak dan sistem keamanan pada perangkat lunak. Meskipun begitu saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa di gunakan untuk membuat malware.

Agar website dan komputer Anda terhindar dari Malware
Terhindar Dari Malware

Malware biasanya disusupkan ke dalam jaringan internet. Jika dilakukan secara manual memasukkan ke dalam komputer korban tentu saja sangatlah sulit. Jadi kebanyakan peretas melakukan aksinya menggunakan bantun jaringan internet.

Hal yang pada umumnya terjadi penyebab malware adalah mendownload software dari tempat ilegal yang disisipan malware. Malware sendiri mencakup horse, trojan virus, worm, sebagian besar adware, rootkit, spyware yang tidak jujur, serta software lainnya yang berbahaya dan tidak di inginkan oleh pengguna Koputer.

Pada web sendiri kadangkala bisa terjangkit malware, ini dapat terjadi bila pengguna melakukan unduh theme blog dengan cara ilegal, hal tersebut bisa mengakibatkan data dan informasi yang berada di sebuah situs jebol, terkadang juga bisa menyebabkan server website menjadi down karena aktifitas yang mencurigakan tersebut.

Agar website dan komputer Anda terhindar dari berbagai jenis Malware bisa simak  tips di bawah ini.

1.Ekripsikan semua titik akses dengan kata sandi yang kompleks.

Hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah membiarkan perangkat berjalan dengan kata sandi default pabrik, yang dikenal luas oleh peretas. Buat kata sandi baru dan kompleks (gabunan dari beberapa karakter seperti huruf, angka dan string) untuk semua titik akses Anda dengan menggunakan hubungan frasa yang tidak berkaitan dengan  bisnis Anda.

Jika Anda khawatir akan lupa kata sandi tersebut, Anda dapat menggunakan pengelola kata sandi seperti LastPass . Selain itu, pastikan untuk mengetahui tentang keamanan kata sandi dan cara mengenali upaya phishing.

Baca Juga: Tips Agar Email Tidak Mudah Di Hack

2. Pastikan perangkat lunak antivirus Anda mutakhir.

Tidak ada gunanya memiliki perangkat lunak antivirus jika kemampuannya untuk mengenali dan mengatasi malware tidak mutakhir. Virus baru terus-menerus asuk, dan penting agar jaringan Anda dijaga. Tergantung pada perangkat dan perangkat lunak tertentu yang Anda gunakan, prosesnya akan sedikit berbeda, tetapi periksa definisi baru dan perbarui secara teratur.

Saat Anda melakukannya, buka pengaturan antivirus Anda secara rutin untuk melihat apakah semuanya dioptimalkan. Tetapkan jadwal untuk pemindaian, dan pastikan untuk memeriksa hasil untuk setiap file yang mungkin menimbulkan masalah.

3. Batasi pembagian file ke satu server.

Semakin banyak perangkat yang mengaktifkan berbagi file di jaringan Anda, semakin rentan bagi penyusup. Solusi terbaik adalah memiliki server tunggal yang aman untuk tujuan tersebut. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah memantau akses yang tidak sah.

Mungkin perlu menghubungkan komputer lain ke server file Anda secara langsung di beberapa titik, atau Anda mungkin perlu meng-host beberapa file di komputer lain dalam jangka pendek. Dalam kedua kasus tersebut, pastikan itu hanya sementara dan di  pandu oleh seorang yang ahli tentang cara melakukannya dengan aman.

4. Miliki banyak cadangan dan perbarui secara teratur.

Menyadari bahwa Anda telah kehilangan data penting adalah salah satu perasaan terburuk yang dapat Anda rasakan sebagai pemilik bisnis. Dalam hal ini dokumentasi yang memadai adalah salah satu aspek manajemen yang paling penting. Harus memulai dari awal tanpa catatan, kontrak, dan file penting lainnya akan merugikan bisnis Anda.

Tetapi dengan sistem cadangan tepat yaitu kombinasi cadangan fisik dan solusi cloud melalui Dropbox, Google Drive, Amazon atau produk serupa - Anda akan dapat mencegah hal itu terjadi. Pastikan bahwa Anda mengatur izin di penyimpanan cloud Anda dengan baik, memberikan izin baca / edit pada kumpulan dokumen tertentu hanya untuk mereka yang membutuhkannya. Dengan begitu, Anda akan mengurangi risiko gangguan unilateral.

5. Dapatkan alamat IP pribadi.

Jika bisnis Anda menggunakan Dynamic Host Configuration Protocol, atau DHCP, pertimbangkan untuk beralih ke alamat IP pribadi. Perubahan ini akan mengamankan jaringan Anda dengan menetapkan alamat IP tertentu ke perangkat dan membuatnya mudah untuk diidentifikasi ketika perangkat yang tidak sah telah terhubung ke jaringan Anda dengan memeriksa log router Anda.

Mampu mengidentifikasi dan mengatasi intrusi jaringan jahat apa pun dapat berarti perbedaan antara mencegah pelanggaran besar dan membuat data pelanggan Anda dijual di web gelap.

Kesimpulan.

Malware bisa menjadi penyebab yang berbahaya untuk swebsite maupun komputer anda. Tidak hanya mengganggu sistem yang berjalan, malware juga dapat mencuri data-data yang penting, mengubahnya, dan bahkan mengendalikan sistem yang ada.

Meskipun malware sangat mudah menyebar dan masuk ke dalam sistem, hal itu dapat dihindari terlebih dahulu. Caranya adalah melakukan pemindaian malware secara berkala dan melakukan pengecekan jika terdapat file yang mencurigakan.

Selain itu ada hal yang harus dilakukan untuk mencegah malware adalah tidak melakukan kegiatan ilegal,yaitu tidak mendownload suber daya dan aplikasi pada situs yang tidak terverifikasi atau tidak resmi, hal ini karena biasanya peluang adanya virus malware lebih besar terjangkit pada suatu aplikasi yang diunduh di website tersebut.

Artikel terkait 5 Cara Terbaik Agar Website Dan Komputer Terhindar Dari Berbagai Macam Malware ini semoga memberikan informasi yang Anda cari dan dapat menjadi referensi untuk mengamankan koputer dan situs web yang Anda kelola.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar