Skip to main content

3 Langkah Mudah Menghubungkan Domain dengan Blogspot

Untuk Anda yang baru pertama kali membuat blog, Blogger mungkin menjadi pilihan yang sangat tepat karena. Membuat blog di Blogger sangat mudah untuk di praktekkan oleh pemula. Selain itu dengan menggunakan Blogger Anda tidak perlu menyewa Hosting atau domain karena Hal tersebut sudah di disediakan blogger.

Akan tetapi jika Anda ingin serius dalam dunia blogging di saran untuk menggunakan Custom domain dengan begitu Anda akan mendapat beberapa keuntungan. Lain halnya jika Anda masih menggunankan ekstensi blogspot .com tentu blog terlihat kurang terlihat profesional dan terlihat pasaran.

menghubungkan domain
Domain

Ada banyak Custom domain yang bisa Anda gunakan untuk blog Anda. Mulai dari Domain TLD (Top Level Domain) seperti : .com, .net, .biz, .xyz, dan .org atau Domain ccTLD (country code Level Domain) seperti: .id, .co.id .jp dan lainnya.

Semua custom Domain di atas bisa digunakan di Blogger, tentunya Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti:

1# Membuat alamat blog mudah diingat

Kelebihan lain dari penggunaan custom domain di blospot, yaitu menyingkat alamat blog dan memudahkan pengunjung dalam mengingat nama atau alamat blog Anda. Hal ini tentu saja akan sangat menguntungkan, karena jika pengunjung dapat dengan mudahnya mengingat nama blog, maka kemungkinan yang sangat besar mereka akan kembali lagi mengunjungi blog milik Anda.

2# Blog akan terlihat Lebih profesional

Dengan mengganti sub domain bawaan blogger menjadi sebuah domain top level, maka blog yang anda kelola semakin terlihat profesional. Profesionalitas sangat penting untuk menumbuhkan rasa percaya bagi para pengunjung, berbeda bila anda memutuskan untuk menggunakan sub domain bawaan saja dengan alasan murah.

3# Anda akan semakin rajin update

Dengan menggunakan domain top level maka dipastikan anda akan semakin rajin dalam mengelola dan update artikel baru. Hal tersebut terjadi karena biaya sewa domain yang tidak murah, menyebabkan anda tidak rugi dan membuat anda semakin rajin dalam mempublikasikan artikel baru.

Itulah beberapa manfaat yan bisa Anda dapatkan jika beralih dari sub domain blospot .com ke domain TLD. Jika di lihat dari harga domain Tld tidak terlalu mahal , rata-rata harga yang ditawarkan saat ini berkisar Rp 125.000 per tahun (sudah terasuk PPN). Jadi per bulannya, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya kurang dari Rp 11.000.

Harga tersebut bisa berbeda terantun dimana Anda membeli domain, karena ada banyak sekali perusahaan penyedia domain dan hosting seperti Niagahoster, Rumahweb, Domainesia,  Hostiner, Namecheap, dan lainya.

3 Langkah Mudah Menghubungkan Domain Niagahoster Dengan Blogspot

Dalam artikel kali ini saya akan membagikan cara menghubungkan Domain Niagahoster di Blogger. pada dasarnya cara ini hampir sama dengan emasang domain pada penyedia lainya ok ikuti cara berikut ini:

Langkah Pertama: Mendapatkan CNAME di BLOGSPOT

  • Masuk ke akun Blogger Kammu dan langsung menuju Setelan/Settings > Dasar.
  • Pada baris Publikasi klik URL “ + Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda”  dan tambahkan nama domain Anda lengkap dengan www Kemudian klik Simpan. Maka akan muncul pesan Error seperti gambar di bawah ini.
memasang domain niaga hoster di blogger

Langkah ke dua: Masukkan CNAME 2 Blogspot ke DNS Management Member Area

  • Login ke member area Anda melalui https://www.niagahoster.co.id/ >> lalu pada kanan atas klik Member Area
  • Setelah masuk member area >> klik pada menu Hosting & Domain
  • pilih nama domain yang akan Anda hubungkan ke Blogspot dan klik Kelola.
  • Kemudian pada menu Kelola >> klik DNS Management >> dan klik Custom Blogspot
memasang domain niaga hoster di blogspot
DNS management
Custom domain

  • Setelah muncul kolom seperti di atas, isikan domain sesuai CNAME 2 yang telah Anda dapatkan di akun Blogspot Anda dan klik Save changes.
  • Apabila setting telah berhasil Anda dapar merefresh halaman pengelolaan domain, setting telah berhasil bila telah mendapatkan tampilan berikut:

DNS management

DNS management

Nameserver

Nameserver

Langkah 3 : Klik Save di Blogspot

  • Kembali ke halaman editor Blogspot Anda dan klik Simpan. (seperti langkah pertama)
  • Apabila Anda mendapatkan error ketika Simpan dilakukan maka dapat ditunggu proses propagasi agar record DNS sebelumnya dikenali oleh blogspot.
  • Perkiraan propagasi umumnya beberapa jam saja setelah itu coba Simpan kembali.
  • Selesai.

Itulah cara memasang custom domain Niagahoster di blogspot, Semoga bermanfaat

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar