--> Skip to main content

Cara membuat email baru di HP dan tips agar email tidak mudah di hack

Email (elektronik mail) merupakan layanan surat elektronik yang digunakan untuk mengirim atau menerima surat secara online, Saat ini Email tidak hanya di manfaatkan untuk mengirim pesan saja melainkan di gunakan untuk semua kegiatan yang berkaitan dengan internet.

cara buat email baru di hp
cara buat email baru di hp

Misal  google mail di gunakan untuk mengakses semua layanan dari google mulai dari Gmail, Google Docs, Google Calendar, Google Drive dan Google Play dan lain-lain. Selain itu juga email kerap kali gunakan untuk mendaftar akun media sosial seperti facebook, instagram, Twitter, Pinterest dan lain sebagainya.

Terdapat banyak penyedia layanan email secara gratis seperti google mail yahoo mail. sebelum anda membuat sebuah email alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu kelebihan dari masing-masing penyedia layanan email tersebut.

Kelebihan Google mail (G-mail)

Gmail merupakan penyedia layanan untuk membuat surat elektronik dari Google yang paling populer saat ini terutama di indonesia karena gmail memiliki kelebihan tersendiri di bandingkan dengan penyedia layanan email lainya seperti Yahoo, Windows live Hotmail dan AOL Mail. Berikut beberapa kelebihan gmail;

1. Penyaringan Spam

Gmail menawarkan adanya penyaringan spam, virus, dan phising iklan yang terbilang cukup efektif dibanding penyedia email yang lain.

2. Tidak ada batasan penggunaan (kadaluarsa)

Gmail bisa di pakai selama mungkin, meeski tidak di buka 4 bulan atau setahun juga masih bisa di pakai oleh pengguna tersebut. Berbeda dengan email lainnya seperti yahoo,setelah email yang di buat tidak di buka selama 4 bulan maka secara otomatis akan di hapus. walaupun bisa di pulihkan kembali,tapi cara pemulihan yang rumit.

3. Kapasitas penyimpanan yang cukup besar

Kapasitas penyimpanan gmail ini cukup besar yakni 15 GB dan di berikan secara gratis. Namun, Jika menurut anda masih kurang, anda juga bisa mengupgrade email dengan kapasitas 100 GB akan tetapi anda akan di kenai biaya perbulanya.

4. Terintegrasi dengan layanan google lainya

Seperti di jelaskan sebelumnya akun gmail dapat di gunakan untuk mengakses semua layanan dari seperti Google Docs, Google Calendar, Google Drive dan Google Play, google drive dan lain-lain.

Kelebihan Yahoo! Mail

Selain Gmail ada penyedia layanan yang bisa di gunakan untuk membuat sebuah email adalah Yahoo mail. yahoo! Mail sendiri merupakan surat elektronik dari Yahoo. ada beberapa Kelebihan dari Yahoo Mail yaitu :

1. Pengelolahan folder :

Secara layout folder dari yahoo sedikit lebih terorganisir daripada label pada gmail. Untuk membuat folder baru anda cukup klik add pada folder

2. Fasilitas perlindungan SPAM

Yahoo dan Gmail tentunya memiliki pelindung spam, tetapi Yahoo mempunyai fasilitas tambahan yaitu disposable email yaitu alamat sekali pakai yang dapat di gunakan untuk suatu keperluan tertentu.

3. Fasilitas Pop dan forwarding.


Cara membuat email (G-mail & Yahoo! Mail) di Hp

Setelah anda mengetahui kelebihan dari masing penyedia layanan email secara gratis. tentu anda bisa memilih layanan mana yang akan anda gunakan tergantung  dari pemanfaatan email itu sendiri.

1. Cara buat Gmail (Google mail) di hp

Jika anda ingin membuat akun gmail (Google mail) anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
  1. Masuk ke browser di hp anda dan akses www.gmail.com
  2. Setelah Klik Buat Akun
  3. Masukan data diri anda dengan lengkap seperti Nama depan, nama belakang, Nama pengguna dan sandi email lalu klik "Berikutnya".
  4. Masukan Dengan lengkap, untuk No. telepon dan email bersifat opsional (boleh di isi boleh tidak) lalu klik "Berikutnya"
  5. Setelah itu anda akan di bawa ke halaman privasi dan persyaratan dan klik "saya setuju"
  6. Selamat gmail anda selesai di buat
cara buat Gmail di hp
Cara buat Gmail di Hp

2. Cara Membuat yahoo! mail

Jika anda ingin membuat yahoo! Mail maka anda bisa mengitu langkah-langkah di bawah ini:
  1. Silahkan akses www.mail.yahoo.com
  2. Klik "Daftar"
  3. Masukan data diri secara lengkap termasuk No. telepon (Harus aktif)lalu klik "Lanjutkan"
  4. Setelah itu klik "Kirimi saya kode verifikasi via SMS"
  5. Masukan kode 5 digit yang dikirim yahoo via SMS ke nomor yang anda masukan sebelumnya lalu klik "Verifikasi".
  6. Anda sudah berhasil membuat yahoo mail
cara membuat yahoo mail di hp
Cara buat Yahoo mail di hp


Tips agar email aman dan Tidak mudah di hack

Sudah banyak sekali para pengguna email khususnya Gmail yang menjadi korban para hacker, hal tersebut bisa terjadi karena kurang berhati-hati dalam menggunakan email itu sendiri. Untuk itu Maxoke akan membagikan Tips agar email tidak mudah di retas;
Baca juga: Cara agar Hp tidak lemot

1.Gunakan kombinasi sandi yang tidak mudah di tebak orang lain.

Sandi adalah Kumpulan karakter atau string yang di gunakan untuk memverifikasi identitas diri kepada sistem pengamanan gmail tersebut. agar akun aman maka gunakan sandi yang rumit agar tidak mudah di tebak oleh orang lain.Untuk lebih jelasnya mari lihat contoh berikut.

  • Contoh kata sandi lemah (mudah di tebak orang lain,contoh Namaanda1992, kata sandi tersebut mudah di tebak orang lain karena menggunakan kombinasi nama dan tahun lahir.
  • Contoh Kata sandi yang kuat %#Namaanda&@Igg2$, kata sandi tersebut Sangat kuat karena menggunakan kombinasi Huruf, angka dan string.

2. Hindar mengisi formulir online dan link web phising

Sampai saat ini banyak sekali situs scam yang berisi formulir tertentu dan web phising. salah satu target hacker ini adalah mereka yang gemar mencari sesuatu yang berbayar menjadi gratisan.

Misalnya form online untuk proses pencurian akun email adalah hack game,ini salah satu cara paling banyak digunakan oleh para hacker saat ini, karena banyak para gamers yang menginginkan item atau produk gratis, sehingga mereka mencari cara  mendapatkan item gratis secara online. Rata-rata situs phising tersebut akan meminta member untuk memasukan alamat akun gmail berserta kata sandi yang mereka gunakan.

Alih-alih dapat item secara gratis melainkan akun e-mail mereka yang di curi oleh pemilik situs tersebut phising tersebut.

3. Selalu melakukan securtiy checkup

Tips berikutnya agar email anda tidak mudah di hack yaitu dengan melakukan pemeriksaan keamanan akun email anda. Sehingga kita bisa mengetahui berapa perangkat yang terhubung dengan akun email kita, dan juga bisa mengetahui peristiwa tidak wajar pada akun email.

4. Jangan memberikan email dan sandi ke orang lain.

Jika anda mempunyai sebuah email maka Jagan beritahukan ke siapapun termasuk saudara maupun teman kita. Hal ini bertujuan agar email anda lebih aman.

Itulah tips agar email tidak mudah di hack,Bagi anda yang mempunyai email harus tetap waspada dan bijak dalam menggunakan email. Jangan sampai kita menjadi korban dari ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Demikian artikel tentang cara membuat email baik itu Google mail (Gmail) maupun Yahoo! Mail serta tips agar email aman dan ti tidak mudah mudah di retas Semoga bermanfaat. Apabila ada pertanyaan seputar topik di atas silahkan tinggalkan komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar