--> Skip to main content

Cara Instal Aplikasi Dapodik 2021 D Terbaru di Laptop Dengan Cepat

Sumber Gambar Dari dapo.kemdikbud.go.id

Pasti untuk Instansi sekolah tidak asing dengan Aplikasi Dapodik karna setiap tahunnya pasti digunakan pasti  memiliki update versi terbaru, Dikarenakan update terdapat beberapa pembaruan dan kuriklulum yang diubah-ubah oleh Pemerintah. Dan aplikasi terbaru ini sudah rilis dari bulan lalu Tanggal 12 Ferbruari 2021 terhitung dari postingan artikel ini.

Terdapat update terbaru  pada Dapodik untuk semua instusi terkait harus memperbarui versi Dapodik dari yang sebelumnya Dapodik C menjadi Dapodik D.

Untuk Apa Diperbarui?

Dalam pembaruin ini bertujuan untuk pemutakhiran data pokok pindidikan yang terbaru, Dan juga versi yang terbaru dipakai sebagai pengumpulan data dari semester 2 di tahun lalu yaitu pada 2020 dan sampai dengan 2021.

Perubahan Dapodik dari versi C ke versi Dapodik D adalah :

  1.  Pembaruan validasi kurikulum yang kurang sesuai dengan jenjang :TKLB, SDLB, SMPLB, SMALB, SLB, PKBM dan SKB
  2. Menu baru tentang pembukuan dan pengisisan jenjang PKBM dan SKB
  3. Perubahan validasi cita-cita dan hobby menjadi status warning
  4. Pembaruan proses input data dari ayah peserta didik.
  5. Filter untuk memetakan anggota rombel di PKBM dan SKB ada pembaruan
  6. Fitur baru pada menu lanjutkan semester berikutnya
  7. Terdapat pembukuan untuk nomor rekening pada jenjang PAUD sampai SKB

Pernyataan diatas merupakan dari  Aplikasi Dapodik diperbarui, Setelah tau apa saja yang diperbarui kami akan memberikan bagaimana menginstal Aplikasi Dapodik 2021 D.

Untuk melanjutkan harap Download bahan-bahannya terlebih dahulu  seperti  Patch Dapodik. Langkah downloadnya sebagai berikut :

  1. Buka Browser diperangakt anda seperti Google Chrome dan sebagainya
  2. Masuk ke website dapo.kemdikbud.go.id
  3. Pilih menu Berita => rilis pembaruan apliksi dapodik versi 2021 d
  4. Scroll kebawah dan pilih tulisan “tautan berikut” (Ketika pilih tautan berikut akan otomatis mendownload aplikasi dapodik 2021 d yang akan diinstal)
  5. Selesai

Cara menginstal Aplikasi Dapodik 2021 D

Sebelum instal aplikasi dapodik yang terbaru diharapkan Log Out akun Dapodik versi yang sebelumnya. Langkah untuk menginstalnya sebagai berikut :

  1.  Buka file dapodik yang sudah di download sebelumnya
     
  2.  Klik 2x Patch dapodik 2021 d
  3. Pilih lanjut
  4. Pilih “saya setuju” kemudian klik tombil lanjut

  5. Klik tombol Pasang

  6. Selesai

Tunggu sampai selesai, Pastikan koneksi internet terhubung pada perangkat anda, Jika udah selesai silahkan buka Aplikasi Dapodik dan Login dengan User dan Password anda, Jika terdapat notifikasi Selamat datang di aplikasi dapodik 2021 d maka aplikasi anda sudah diperbarui. Refersh aplikasi tesebut secara otomatis dengan tekan CTRL+F5 untuk membersihkan cache.

Nah di atas ialah artikel Cara Instal Aplikasi Dapodik 2021 D Terbaru di Laptop Dengan Cepat. Apa artikel ini dapat membantu kalian ? Selamat mecoba semoga berhasil. Saya berharap dengan artikel ini berguna bagi kalian. Bila kalian ingin request artikel yang lain dapat tulis di Kolom komentar.

 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar