--> Skip to main content

Belajar Daring Lebih Mudah dengan Google Meeting

Gambar Oleh : Google Meeting
 

Teknologi pendidikan mutlak dibutuhkan sebagai sarana pembelajaran daring yang efektif. Salah satu media belajar online yang saat ini sedang banyak digunakan adalah Google Meeting. Tidak hanya dimanfaatkan untuk belajar bersama siswa, layanan ini juga efektif digunakan untuk rapat.

Fitur dan Kemudahan Google Meeting

Banyak guru yang memilih menggunakan Google Meeting karena cara mengaplikasikannya sangat mudah. Di dalamnya ada berbagai fitur yang akan memaksimalkan proses belajar dari rumah.

Di antaranya adalah fitur audio dan video yang memungkinkan peserta melakukan komunikasi dan melihat wajah satu sama lain.

Google Meeting juga dilengkapi dengan fitur chat di bagian kanan atas yang memungkinkan guru dan murid melakukan komunikasi dua arah. Selain itu, ada fitur Presentasikan Sekarang. Dengannyat guru dapat membagikan materi, baik berupa power point atau video.

Di dalamnya, semua peserta juga dapat melihat informasi waktu setempat. Informasi tersebut berada di bagian kanan atas layar.

Terdapat pula informasi jumlah peserta yang ikut meeting. Selain berbagai fitur tersebut, ada setelan yang dapat digunakan jika perlu seperti detail rapat, ubah tata letak, papan tulis, layar penuh dan lain sebagainya.

Cara Bergabung dengan Google Meeting

Cara bergabung di Google Meeting sendiri sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

-       Buka situs https://meet.google.com/

-       Untuk guru atau pihak yang membuat rapat, klik Rapat Baru

-       Setelah itu, Anda akan mendapatkan link rapat

-       Bagikan link tersebut kepada para siswa atau pihak yang akan diajak meeting

-       Adapun untuk peserta, cukup memasukkan kode atau link di kolom yang telah tersedia di dalam situs

-       Tekan bergabung

-       Anda dapat mengatur untuk menonaktifkan suara dan video atau sebaliknya

-       Jika kebetulan ingin keluar dari rapat, peserta hanya cukup menekan tombol telepon merah di tengah layar

-       Untuk yang menggunakan smartphone, pastikan download aplikasi Google Meeting terlebih dahulu

Itulah berbagai fitur, kelebihan dan cara mengakses Google Meeting yang praktis dan mudah. Pastikan paket data dan jaringan Anda stabil agar dapat mengikuti sesi belajar daring dengan baik.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar