--> Skip to main content

Penting Mengetahui Ciri-ciri Komputer Bermasalah dan Solusinya


Memang sebal, jika pekerjaan lagi menumpuk tetapi perangkat sering eror? Masalah seperti itu tentunya sangat mengganggu yang berakibat kerjaan jadi menumpuk. Agar tidak mengalami hal serupa, penting buat Anda mengetahui ciri-ciri komputer bermasalah dan solusinya.

Gambar oleh Pexels dari Pixabay
Tanda Komputer Bermasalah dan Cara Mengatasinya
Tahukah Anda jika kebermasalahan pada komputer bisa dideteksi lebih awa. Untuk itu, sebagai pengguna ada baiknya apabila mengetahui tanda-tanda adanya kebermasalahan pada komputer seperti berikut ini:
1.     Komputer Tiba-tiba Mati dengan Sendirinya
Apakah komputer sering mati secara tiba-tiba? Hal itu menandakan bahwa perangkat mengalami kebermasalahan. Biasanya kejadian seperti itu disebabkan karena ada masalah pada prosesor akibatnya sistem tidak bisa berjalan normal. Kemungkinan lainnya bagian jumper pin patah.
Jika masalah seperti ini sudah sering kali terjadi, langkah yang bisa Anda lakukan adalah segera mengecek kondisi di bagian komponen bagian dalam (utamanya pada prosesor atau otak komputer). Umumnya hal ini disebabkan karena overheat, tumpukan debu dan beberapa faktor lainnya.
2.     Komputer Mengalami Blank Screen
Bingung komputer sudah dalam kondisi menyala namun monitor tidak merespon. Jika perangkat sudah mengalami black screen seperti ini harus diwaspadai, karena masalah itu menunjukkan adanya kebermasalahan yang cukup serius.
Umumnya persoalan black screen ini disebabkan adanya kebermasalahan di bagian otak komputer, jika sudah seperti itu langkah yang bisa lakukan adalah mengganti prosesornya. Apabila sumber masalahnya bukan karena itu, Anda dapat mengecek komponen lain seperti memori RAM.
3.     Komputer Mengalami Restart Berulang
Apakah komputer sering mengalami restart dengan sendirinya berulang kali? Tentunya hal tersebut sangat menggangu. Penting untuk diketahui jika persoalan seperti ini terjadi, tandanya perangkat mengalami kebermasalahan.
Restart berulang-ulang merupakan ciri-ciri komputer bermasalah yang bisa Anda lakukan adalah, mengecek beberapa bagian komponen perangkat keras seperti RAM, Hardisk, Power Supply, GPU Internal. Jika semua dalam kondisi baik, maka kemungkinan prosesornya bermasalah.
4.     Program-program Tertentu Sering Eror
Software atau aplikasi sering eror dan tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya, itu salah satu tanda jika ada kebermasalahan pada bagian komponen dari komputer. Apabila masalah seperti ini dibiarkan terus menerus tentunya akan menggangu kinerja perangkat.
Jika masalah seperti ini terjadi, kemungkinan besar disebabkan adanya kebermasalahan RAM. Untuk mengatasinya tindakan yang dapat Anda lakukan adalah pastikan posisinya dalam keadaan benar pada slot, bersihkan semua bagian badan dan berikan stimultan memakai multimeter.
Itulah beberapa ciri-ciri komputer bermasalah dan solusinya. Jika perangkat Anda sering mengalami masalah tersebut jangan panik, cobalah untuk mengatasinya dengan cara-cara di atas. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan.

Salam MaxOke
Terimakasih
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar