Skip to main content

6 Daftar Peluang Kerja Online yang Menguntungkan di Era Digital

Di era digital saat ini tentu Anda tidak asing lagi dengan istilah kerja online yang sudah banyak dilakoni kebanyakan masyarakat Indonesia. Selain menguntungkan, bekerja secara online dapat dilakukan dari rumah tanpa harus melewati jalanan yang padat setiap hari dan bisa menghemat biaya.

Melakukan pekerjaan secara online tentu sangat menguntungkan juga fleksibilitas waktu dan tempat. Tapi, tentu saja pekerjaan online tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri.

Definisi Tentang Kerja Online

Pada dasarnya kerja online adalah suatu pekerjaan yang bisa dilakukan secara daring melalui perangkat komputer yang terkoneksi jaringan internet. Kerja online bisa menjadi alternatif terbaik bagi anda yang tidak ingin bekerja kantoran seperti pada umumnya.

Pekerjaan online ini dapat dilakukan oleh semua kalangan karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, asalkan ada perangkat komputer yang terhubung dengan jaringan internet.

Jenis pekerjaan ini bisa dikerjakan secara part time ataupun full-time. Untuk memperoleh penghasilan dari bekerja secara online tentu harus memiliki talenta atau minat tertentu yang bernilai jual dan dibutuhkan orang lain.

Lalu apa saja peluang kerja online menguntungkan saat ini yang bisa Anda lakukan dari rumah? Yuk Simak ulasan kerja online berikut.

1. Penulis Lepas

Pekerjaan online penulis lepas

Penulis lepas adalah seseorang yang bekerja membuat karya tulis atau artikel, dan tidak terikat dengan perusahaan atau entitas mana pun. Dengan kata lain, kita bisa bekerjasama dengan banyak klien dan dibayar sesuai dengan job description yang diberikan.

Pekerjaan online satu ini sangat cocok bagi mereka yang suka menulis dan ingin bekerja dari rumah saja. Selain itu, potensi penghasilan dari pekerjaan ini cukup menguntungkan jika digeluti dengan telaten.

Untuk mendapatkan kerja sebagai penulis lepas anda bisa dimanfaatkan situs marketplace freelance untuk mempromosikan jasa menulis yang Anda tawarkan, seperti: Fastwork.id, Freelancer.co.id, iWriter,com, Projects.co.id, Sribulancer,com.

Cara lain untuk menemukan pekerjaan online ini adalah dengan bergabung dengan grup blog Facebook atau grup penulisan konten. Disana anda akan menemukan banyak orang yang membutuhkan content writer.

2. Desainer Grafis

Pekerjaan Online Desainer Grafis

Selain menjadi seorang penulis lepas, anda juga bisa mencoba kerja online dari rumah yang lebih mengutamakan kemampuan atau skill, yaitu menjadi seorang desainer grafis.

Dilihat dari namanya kita sudah tahu bahwa desainer grafis adalah suatu pekerjaan yang tugasnya merancang atau menciptakan ilustrasi, tipografi, atau grafis motion. Pekerjaan ini bertugas untuk menyampaikan informasi yang diinginkan oleh konsumen berbentuk desain yang menarik.

Menjadi desainer grafis dengan penghasilan besar tentu memerlukan keahlian dalam menggunakan software editor, misalnya Photoshop, CorelDraw, dan lainnya. Untuk mendapatkan jenis kerja online ini, Anda bisa mempromosikan jasa desain grafis melalui situs marketplace freelance, seperti Fastwork.id, Freelancer.co.id, Folyo.me, 99designs,com, Projects.co.id, Sribulancer,com, Upwork.com dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: 5 Bisnis Online menjanjikan Tanpa Modal

3. Asisten Virtual

Asisten virtual adalah suatu profesi yang bertugas membantu banyak klien dengan memberikan bantuan administratif, kreatif, dan teknis.

Ada beberapa hal yang menjadikan jenis pekerjaan online ini menjanjikan karena saat ini banyak bisnis yang beroperasi secara online, jadi tidak heran jika banyak yang menyewa asisten virtual ini untuk membantu mereka tetap konsisten dalam melakukan kegiatan nya.

Pekerjaan asisten bervariasi mulai dari menyusun dan merespons email, membuat dan mendistribusikan dokumen, menanggapi pertanyaan bisnis, menulis konten, melakukan penelitian, atau menjawab panggilan layanan pelanggan, dan lainnya.

4. Blogger Profesional

Pekerjaan Online menjadi Blogger

Menjadi seorang blogger merupakan pekerjaan online dengan penghasilan yang sangat menjanjikan. Ada banyak kisah blogger yang memiliki penghasilan fantastis dari kegiatannya menjadi blogger.

Namun, untuk menjadi seorang blogger profesional membutuhkan keahlian dan konsistensi yang tidak di miliki semua orang. Kombinasi antara keahlian menulis dan kemampuan pemasaran online pun menjadi faktor penentu keberhasilan para blogger.

Penghasilan dari blog bisa berasal dari program PPC (pay per click) Google Adsense, space iklan, program afiliasi, review produk, dan lain-lain.

Baca Juga: Cara Membuat Blog Gratis bagi Pemula

5. Konsultan Secara Online

Bisnis ini sangat cocok jika Anda memiliki kemampuan atau skill yang sangat baik dalam bidang yang Anda geluti.

Beberapa contoh untuk bidang kerja online ini yaitu konsultasi pengembangan bisnis,  konsultasi Search Engine Optimization (SEO) sebuah web, konsultasi pengobatan tradisional, konsultasi kesehatan, dan lain-lain.

Jika dulu, bisnis jasa konsultasi dijalankan secara offline. Namun, sekarang pekerjaan jasa konsultasi sangat marak kita temukan di internet. Jadi, bila Anda memiliki keahlian di bidang tertentu maka keahlian tersebut bisa menjadi pekerjaan yang menguntungkan dan dapat dilakukan secara online.

6. Micro Jobs

Mikro jobs online adalah suatu pekerjaan kecil yang dilakukan secara online dan dapat diselesaikan dalam waktu yang relatif cepat, Ada cukup banyak perusahaan yang menawarkan pekerjaan-pekerjaan mudah dengan upah yang tentunya sedikit, yaitu sekitar 5 sen hingga 5 dollar. Memang terlihat sedikit, tapi bila dikerjakan secara rutin bisa menguntungkan.

Beberapa contoh tugas yang kerap ditawarkan misalnya: mengisi survey, share halaman website, membuat artikel pendek, mengumpulkan image, dan masih banyak lagi. Ada banyak situs yang menawarkan kerja online jenis ini diantaranya Micorworkers,com, Fiverr,com, dan Gobann,com.

Baca Juga: Aplikasi Lowongan Kerja Terbaik di Indonesia

Nah, itulah daftar peluang kerja online yang sangat menguntungkan dan cocok dilakukan di era digital seperti sekarang. Semua pekerjaan tersebut dapat dilakukan secara paruh waktu maupun full-time, tergantung keinginan dan kesempatan yang dimiliki masing-masing individu.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar