Skip to main content

Memahami Pengertian Manajemen Pemasaran

Apa yang di maksud dengan Manajemen Pemasaran? Manajemen Pemasaran dapat didefinisikan sebagai sebuah analisis, perencanaan, implementasi dan penyusunan program yang dirancang untuk dapat menghasilkan pertukaran yang dikehendaki dengan pasar sasaran untuk meraih tujuan sebuah organisasi.

Di lansir dari situs Wikipedia, Manajemen pemasaran ialah proses penentuan tujuan-tujuan pemasaran buat satu organisasi. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan dengan memperhitungkan sumber daya internal dan kesempatan pasar, rencana, dan penerapan kegiatan untuk mempenuhi tujuan-tujuan tersebut, dan mengukur perkembangan ke arah pencapaiannya.

pengertian manajemen pemasaran

Dari sini, dapat dipahami bahwa studi tentang Manajemen Pemasaran sangat penting untuk keberhasilan setiap organisasi atau bisnis.

Pelaku di bidang pemasaran adalah seorang manajer pemasaran untuk memahami bisnis dan target dan menciptakan strategi pemasaran yang efektif, mereka harus melakukan penelitian yang cermat terlebih dahulu. Inilah yang disebut riset pasar, yang melibatkan teknik-teknik khusus seperti:

  • Teknik eksperimental pasar
  • Teknik observasi
  • Penelitian kuantitatif (melibatkan survei dan statistik)
  • Penelitian kualitatif (melibatkan wawancara, kelompok fokus, dll.)

Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Beberapa ahli di bidang pemasaran menjelaskan tentang pengertian manajemen pemasaran, diantaranya adalah:

1. Sofjan Assauri

Pengertian Manajemen Pemasaran menurut Sofjan Assauri  merupakan kegiatan penganalisisan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian program-program yang dibuat untuk membentuk, membangun, dan memelihara keuntungan dari pertukaran melalui sasaran pasar guna mencapai tujuan organisasi (perusahaan) dalam jangka panjang.

2. Philip Kotler

Manajemen Pemasaran adalah proses perencanaan dan implementasi, pemikiran, penentuan harga promosi, dan penyaluran gagasan barang, serta jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi target-target individu dalam organisasi.

Pemasaran adalah satu diantara kegiatan-kegiatan inti yang dilaksanakan oleh perusahaan dalam mempertahankan keberlangsungan hidup perusahaannya, berkembang untuk mendapat profit.

Kegiatan pemasaran dirancang untuk memberi arti melayani dan memuaskan kebutuhan konsumen yang dilakukan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.

3. Basu Swasta

Pengertian manajemen pemasaran menurut Basu Swastha adalah sebuah sistem dari seluruh kegiatan-kegiatan usaha yang diperuntukkan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, serta mendistribusikan barang dan jasa yang memberi kepuasan kebutuhan baik terhadap konsumen yang ada maupun konsumen potensial.

4. William J. Stanton

Menurut William J. Stanton, pengertian manajemen pemasaran ialah suatu sistem dari seluruh aktivitas usaha yang ditujuan untuk perencanaan, penetapan harga, promo, dan distribusi barang/ jasa yang bisa memberi konsumen.

5. Buchori dan Djaslim

Menurut Buchori dan Djaslim, pengertian manajeman pemasaran yaitu proses perencanaan dan aplikasi konsepsi, penetapan harga, promosi dan penyampaian ide, barang atau jasa untuk menghasilkan pertukaran yang memuaskan individu dan memenuhi tujuan organisasi.

6. Dharmmesta serta Handoko

Menurut Dharmmesta dan Handoko, pengertian manajemen pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dikerjakan oleh perusahaan untuk menjaga kelangsungan perusahaannya, berkembang serta mendapatkan keuntungan dari aktivitas pertukaran.

Sedang menurut American Marketing Association Manajemen Pemasaran ialah hasil prestasi kerja aktivitas usaha yang berhubungan dengan mengalirnya barang dan jasa dari produsen hingga sampai kepada konsumen.

Manajemen Pemasaran juga membantu bisnis untuk memahami dan menganalisis tempatnya di pasar, bagian laba di industri, margin laba, tren laba, laba atas investasi, serta nilai ekonomisnya. Ini juga menganalisis reputasi dan citra bisnis atau merek tertentu di antara audiens target.

Ketika sebuah bisnis meluangkan waktu untuk memahami semua faktor ini, dan menggabungkannya dengan umpan balik pelanggan, mereka lebih mampu memanfaatkan sumber daya mereka baik untuk merevisi strategi merek yang ada atau membuat yang sama sekali baru yang lebih selaras dengan tujuan dan sasaran mereka.

Ada beberapa alasan mengapa Manajemen Pemasaran akan terus menjadi bidang penting dalam pertumbuhan ekonomi bisnis.

  • Ada masuknya produk baru ke pasar secara konstan.
  • Pasar ekspor menjadi lebih mudah ditembus.
  • Ada peningkatan yang stabil dalam pendapatan per kapita dan standar hidup orang.
  • Ada peningkatan permintaan untuk berbagai produk dan layanan.

Demikian penjelasan mengenai manajemen Pemasaran baik pengertian secara umum maupun menurut para ahli. Memahami Manajemen Pemasaran sangat penting untuk keberhasilan bisnis apa pun dan akan terus demikian hingga tahun-tahun mendatang.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar