Skip to main content

Cara Mudah Mengunci Jaringan 4G LTE di Android

Bagaimana Cara Mengunci (Lock) Signal atau Jaringan 4G LTE Only Semua HP Android - Saat ini, sebagian besar provider atau penyedia layanan komunikasi handphone terutama di Indonesia telah mengeluarkan Jaringan internet berbasiskan 4G LTE.

Kita ketahui bahwa paket data yang ditawarkan oleh masing operator berbeda-beda akan tetapi memiliki kesamaan dalam hal pembagian kuota nya seperti Ada kuota jaringan 4G, kuota jaringan 3G, kuota semua jaringan, kuota tengah malam, dan lain-lain. Tapi kebanyakan paket data yang ditawarkan para operator lebih banyak kuoata 4G nya ketimbang kuota 3G atau semua jaringan.

Cara Mengunci Jaringan 4G LTE di Android

Tetapi di sejumlah tempat, sinyal internet berbasis 4G LTE ini masih kurang stabil atau seringkali berubah dari 3G/3,5G (H+) ke 4G atau sebaliknya. Ini terjadi disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya posisi tower jaringan  berada jauh, ada di ruang tertutup sehingga telpon seluler kurang memperoleh signal, kurangnya signal yang dipancarkan oleh BTS (Base Transceiver Station) atau dikarenakan oleh beberapa faktor lain.

Bila hal itu terjadi, tentunya mengganggu kegiatan kita saat berseluncur di dunia internet dan kita tidak dapat menikmati kecapatan koneksi internet melalui jaringan 4G apalagi jika paket data Anda lebih banyak menawarkan kuota tersebut tentu hal tersebut sangat merugikan Anda.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut ada 2 cara ampuh untuk mengunci/lock jaringan 4G saja yuk simak cara di bawah ini.

1. Cara Mengunci Jaringan 4G Secara Manual

Untuk cara pertama ini Anda tidak memerlukan aplikasi tambahan atau lainya agar bisa mengunci jaringan 4G only hal ini di lakukan secara manual untuk semua jenis hp android baik itu Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo dan hp lainnya tapi pada gambar di bawah saya menggunakan hp xiaomi.

Langkah pertama: Silahkan ketik *#*#4636#*#*

Cara lock Jaringan 4G di Android
Gambar 1

Maka akan muncul menu seperti gambar di atas yaitu Informasi telepon1 (Sim 1), Informasi telepon2 (Sim 2), Info baterai, statistik penggunaan, Wi-Fi information.

Langkah kedua: Pilih SIM mana yang ingin Anda kunci jaringan menjadi 4G Only, lalu akan tampil berbagai informasi tentang perangkat Anda, mulai dari nomor IMEI, kekuatan sinyal, jaringan yang digunakan, dam lain-lain.

Cara kunci Jaringan 4G only
Gambar 2

Langkah ketiga: Pilih Setel Jenis Jaringan yang Disukai. Dan pilih LTE only

Cara kunci Jaringan 4G hp android
gambar 3

Selesai, sekarang smartphone Anda hanya akan menerima jaringan 4G saja. Selanjutnya ketuk tombol Home untuk kembali layar utama.

2. Cara Mengunci Jaringan 4G Dengan Aplikasi

Cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi yang ada di playstore. Pada dasarnya aplikasi ini hanya berperan sebagai jalan pintas dari cara manual tadi.

Di Google Play Store ada banyak aplikasi untuk lock jaringan 4G. Salah satu aplikasi seperti 4G Switcher.

aplikasi untuk lock jaringan 4G
Aplikasi Lock Jaringan 4G

Silahkan pasang Aplikasi 4G LTE Switcher di playstore lalu buka aplikasi dan buka aplikasi tersebut maka akan muncul menu seperti Gambar lankah kedua dan ikuti langkah demi langkah seperti cara manual tadi.

Tetapi, perlu diperhatikan, cara mengunci jaringan 4G hanya berlaku untuk kartu SIM 1. Oleh karenanya, pastikan kartu SIM operator yang Anda pakai, terpasang di slot 1. Kekurangan yang lain yaitu tiap kali smartphone mati atau restart, setelan ini akan beralih seperti sebelumnya.

Demikian cara mengunci jaringan 4G pada smartphone Android. Mudah-mudahan panduan ini bermanfaat buat Anda yang inginkan koneksi internet cepat

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar