Skip to main content

Cara Ampuh Memperbaiki Kartu SD tidak Terbaca dan Rusak

Meskipun saat ini berbagai merk smartphone menawarkan penyimpanan internal yang cukup besar. akan tetapi para pengguna ponsel masih merasa kurang untuk menyimpan file-filenya.

Oleh karena itu banyak beredar pasaran Kartu SD hadir dalam berbagai jenis, kecepatan hingga kapasitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Mulai dari 1 GB hingga 512 GB yang cukup besar untuk sebuah memory card.

cara atasi kartu sd tidak terbaca
Memory card

Nah dari berbagai macam dan kapasitas memory card tersebut tak luput dari kerusakan atau tidak bisa terbaca oleh HP Anda, hal tersebut pasti menjadi masalah baru, terutama jika semua data, foto,video dan file-file penting lainnya tersimpan di dalamnya.

Oleh karena itu banyak beredar pasaran Kartu SD hadir dalam berbagai jenis, kecepatan hingga kapasitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Mulai dari 1 GB hingga 512 GB yang cukup besar untuk sebuah memory card.

Tapi Anda jangan khawatir untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mengikuti cara perbaiki memori card yang tidak bisa di bawah ini:

1.) Bersihkan Kartu Memori

Jika kartu SD tidak dapat terbaca ketika dimasukkan ke dalam ponsel cerdas Anda, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan konektor yang tersedia. Dengan cara ini Anda dapat memperbaiki kartu SD tanpa harus memformat nya.

Berikut langkah-langkah yang harus di lakukan :

  1. Lepaskan kartu SD dari perangkat atau hp yang Anda miliki
  2. Kemudian bersihkan plat tembaga (kuning) yang berfungsi sebagai penghubung dengan penghapus. Gosok perlahan sampai Anda merasa bersih.
  3. Jika sudah, pasang kembali di perangkat dan pastikan memori card yang bermasalah terbaca atau tidak.

2.) Cek Error Melalui PC/Laptop

Anda juga bisa terlebih dahulu melakukan pengecekan error mellui PC atau laptop, untuk melihat apakah kartu SD mengalami masalah atau tidak.

Oleh karena itu banyak beredar pasaran Kartu SD hadir dalam berbagai jenis, kecepatan hingga kapasitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Mulai dari 1 GB hingga 512 GB yang cukup besar untuk sebuah memory card.

Cara ini juga yang bisa di gunakan untuk memperbaiki memory card yang tidak bisa di-format pada ponsel.

Berikut langkah-langkah yang harus di lakukan;

  1. Masukkan kartu SD ke dalam ponsel dan hubungkan ke PC atau laptop dengan kabel data.
  2. Jika sudah terhubung, Silahkan ubah mode dari Media transfer mode (MTP) menjadi mode Mass storage mode (MSC).
  3. Lalu buka Explorer (Windows + E) lalu klik kanan pada drive kartu SD.
  4. Pilih menu Properties > Tools > Error Checking dan tunggu hingga proses selesai.
  5. Selanjutnya Eject dan cek apakah kartu SD sudah kembali normal atau belum.

3. Format memory card

Jika cara-cara di atas tidak berhasil Anda bisa melakukan cara yang satu ini, yaitu dengan memformatnya. Akan tetapi hal ini mengakibatkan semua data yang tersimpan dalam memory card akan terhapus, oleh sebab itu fikirkan terlebih dahulu sebelum melakukan cara ini.

Langkah-langkah dalam memformat kartu SD di HP Android bisa berbeda-beda untuk setiap tipe nya. Namun secara umum langkah yang dilakukan hampir sama dengan cara di bawah ini:

  1. Pastikan kartu SD sudah terhubung dengan pons Android yang Anda gunakan.
  2. Lalu cari menu Settings > Storage > Portable storage dan pilih drive kartu SD Anda.
  3. Klik menu Storage settings > Format > Erase & format. Dan Tunggu proses hingga selesai dan klik Done.
  4. Terakhir, Silahkan cek kartu SD apakah sudah terformat dan kembali normal.

Tips agar kartu memori awet

Jika Anda menginginkan memory card lebih awet dan tidak gampak rusak maka ada beberapa hal yang harus di perhatikan yaitu:

  1. Jangan melepas kartu sd secara paksa karena dapat merusak lempeng konektor.
  2. pindahkan kartu memori dengan aman.
  3. perhatikan kapaitas penyimpanan kartu memori. jagan memaksakan untuk memasukan file kedalam kartu memori.

Demikian artikel tentang cara memperbaiki kartu MicroSD yang tidak dapat terbaca oleh ponsel dan tips agar kartu memori lebih awet dan tahan lama. Jika Anda sudah melakukan cara-cara tersebut tapi masih tidak dapat terbaca, itu tanda bahwa kartu Memori Anda benar-benar rusak dan tidak dapat diperbaiki. Mungkin satu-satunya cara adalah membeli memory card yang baru baru.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar