Skip to main content

8 Peluang Usaha Franchise Menggiurkan Yang Bisa Anda Coba

Franchise atau waralaba yaitu suatu sistem pendistribusian barang maupun jasa kepada konsumen dengan cara pihak pewaralaba (franchisor) yang memberikan hak kepada pihak (Franchisee) badan usaha atau perorangan untuk menjalankan bisnis dengan Brand, nama, sistem, prosedur dan cara menjalankan usaha dalam jangka waktu dan area tertentu.

Secara umum waralaba atau Franchise merupakan suatu bisnis dengan memperluas dan mendistribusikan barang atau jasa dengan cara membeli lisensi dagang.

Pemegang Franchise, membayar biaya awal dan royalti kepada pihak frenchisor untuk menggunakan merek, logo, sistem bisnis waralaba, hak untuk menjual produk dan mendapat dukungan dari pemilik Franchise.

Keuntungan dan kekurangan Bisnis Franchise

Dalam setiap bisnis tentu akan ada risiko yang kemungkinan akan terjadi, begitu pula dengan Franchise pun memiliki risiko dan keuntungan tersendiri.

Keuntungan Bisnis Franchise

Namun salah satu keuntungan membeli Franchise dibanding membangun usaha dari awal adalah kemungkinan memperoleh keuntungan yang besar, karena merek atau brand dagang yang digunakan sudah dikenal dan di minati banyak orang.

Untuk lebih mengetahui apa saja kelebihan/keuntungan yang di peroleh dalam menjalankan bisnis frenchise.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan lain membuka bisnis Franchise.

1. Manajemen sudah terberntuk

Bisnis waralaba memberi keuntungan pada pihak Franchisee atau pewaralaba  karena telah mempunyai reputasi yang sangat baik. Sistem manajemen usahanya juga teruji karena sudah berjalan cukup lama/

2. Merek telah di kenal masyarakat

Memperkenalkan merek dagang yang Anda bangun kepada masyarakat tak semudah yang di pikirkan. hal ini terbukti bahwa para pengusaha membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk membangun reputasi dari merek dagang mereka dan memperoleh pelanggan yang setia.

Berbeda dengan model Franchise lebih mudah di pasarkan karena sebagian besar masyarakat, khususnya segmen pasar yang di tuju sudah mengenalnya.

3. Tidak Memerlukan Biaya Pemasaran yang Besar

Dengan membuka bisnis Franchise, maka Anda tidak perlu pusing untuk memikirkan bagaimana caranya memasarkan bisnis Anda tersebut, karena pemilik Franchise sudah menyiapkan strategi yang tepat untuk memasarkan bisnis Anda.

Hal ini juga dapat membuat Anda mendapatkan media promosi secara gratis dari pemilik Franchise sehingga akan menghemat biaya pemasaran bisnis..

4. Mendapat pelatihan dan dukungan

Selain mendapat bantuan promosi dan pemasaran, kita selaku pewaralaba juga selalu mendapat pelatihan atau training tentang hal-hal berkaitan dengan bidang bisnis yang akan di rintis karena pemilik Franchise akan selalu meningkatkan dan mempertahankan reputasi bisnis yang kuat dengan memastikan semua toko Franchise beroperasi sesuai standar yang telah di tetapkan.

keuntungan Franchise yaitu mendapatkan dukungan dan pelatihan dari franchisor
Mendapat dukungan dan pelatihan

Jadi meski baru saja beroperasi, bisa langsung berjalan layaknya bisnis yang sudah lama buka.

5. Sebagai sarana pembelajaran

Khusus bagi pengusaha pemula yang belum memiliki pengalaman dan jam terbang tinggi, jika memilih peluang usaha Franchise ini, tentunya akan mendapat berbagai keuntungan lainnya. Keuntungan tersebut berupa pembelajaran tentang segala hal yang berhubungan dengan dunia bisnis.

Kekurangan Bisnis Franchise

Seperti halnya seperti bisnis lainnya tentu memiliki kekurangan tersendiri begitu juga dengan bisnis Franchise iniSelain memiliki banyak banyak kelebihan tapi memiliki kekurangan.

Berikut kekurangan usaha Franchise:

1. Terikat pada pemasok atau supplier

Salah satu cara guna menekan biaya produksi adalah mencari distributor atau pemasok bahan produksi yang bisa memberi harga lebih murah.

Untuk urusan ini apabila bisnisnya memakai konsep Franchise, sistem pasokan bahan produksinya telah di tentukan oleh pihak franchisor dengan harga yang sudah tetapkan.

2. Kurang fleksible

Kurang fleksibil disini diartikan bahwa apapun yang ada di bisnis dalam bisnis Franchise sudah paten, mulai dari manajemennya, pemasarannya, pemasaran, semua hal tersebut idak bisa dirubah.

Dalam hal ini Anda sebagai Franchisee tidak diperbolehkan untuk memberikan inovasi atau kreatifitas dalam usaha ini, melainkan harus menjalankan dan mengikuti apa yang sudah di tetapkan.

3. Pembelian merek

Berbeda dengan jenis lainnya, sebelum membuka usaha pewaralaba harus membayar biaya pembelian hak merk dan segala hal yang sudah di tentukan dalam perjanjian.

Penggunaan merk dagang ini tidak berlaku selamanya melainkan ada durasi kontrak yang sebelumnya telah di sepakati.

4. Porsi keuntungan

Keuntungan yang Anda peroleh tidak serta merta menjadi milik sendiri tapi harus di bagi dengan Franchisor (pemilik merk) dalam bentuk royalti.

Jadi apabila keuntungannya tidak terlalu banyak, bisa habis untuk membayar royalti dan biaya pembelian merk dagang.

Kelebihan dan kekurangan pasti ada dalam semua bisnis jadi cermatlah dalam memilih bisnis Franchise ini karena bisnis ini akan menjadi sumber pendapatan Anda kedepanya. pilihlah bisnis mana yang benar-benar mampu memberi keuntungan lebih banyak dan maksimal.

Peluang Usaha Franchise di Tahun 2019 dengan Keuntungan yang Menggiurkan

Bisnis Franchise membantu Anda membuka dan mengembangkan bisnis lebih cepat dengan sistem operasional yang sudah tersusun dengan baik, serta dukungan dan pelatihan dari pemilik Franchise.

Simak peluang usaha Franchise apa saja yang menguntungkan!

Usaha Franchise kuliner

Franchise bidang makanan merupakan salah satu jenis Franchise yang menguntungkan, dan ada banyak sekali waralaba makanan yang saat ini. berikut beberapa Franchise makanan yang bisa Anda coba:

1. Sabana Fried Chiken

Sabana Fried Chicken merupakan salah satu Franchise yang bisa Anda coba. Bisa  dibilang mirip dengan KFC membuat Sabana Fried Chicken mempunyai penggemar setia tersendiri.

Apalagi harga ayam goreng yang ditawarkan relatif lebih murah. Dengan membayar Rp15 ribu saja Anda sudah bisa mendapatkan paket ayam dan nasi.

Sabana Fried Chicken yaitu salah satu waralaba kuliner
Sabana Fried Chiken

Untuk membeli Franchise ini, Anda membutuhkan kisaran modal sebesar Rp17 juta dan selama 3 bulan pihak Sabana akan memantau dan membimbing perkembangan usaha Anda.

Jika Anda sukses dalam menjalankan bisnis Franchise Sabana Fried Chicken ini, maka dalam satu bulan Anda bisa mengantongi omzetyang cukup besar.

2. Pee Bee

Pee Bee merupakan Franchise minuman aneka rasa, seperti cokelat, mangga, vanilla, strawberry, green tea, taro, cappucino, bubble gum. Franchise ini hanya membutuhkan modal Rp3 sampai dengan 5 juta.

Franchisor ini menawarkan 3 pilihan paket kemitraan, dengan yang termurah Rp 3 juta. Pada paket ini Anda sudah mendapatkan perlengkapan usaha.

Usaha Franchise Bidang jasa

Selain bisnis Franchise kuliner Anda juga bisa mencoba waralaba di bidang jasa ini.

1. JNE (Jalur Nugraha Ekakurir)

Usaha Franchise bidang jasa yang bisa Anda coba yaitu JNE. Jalur Nugraha Ekakurir didirikan pada tahun 1990 dan berkembang dengan pesat hingga saat ini. Di awal perkembangannya JNE merupakan bagian dari perusahaan ekspedisi barang internasional yaitu PT Citra Van Titipan Kilat.

Saat ini sudah terdapat ratusan agen resmi milik JNE yang tersebar di seluruh Indonesia.

JNE merupakan usaha Franchise menguntungkan
JNE (Jalur Nugraha Ekakurir)

Meskipun demikian peluang untuk menjadi mitra bisnis usaha ini tetap menjanjikan, terlebih jika Anda memiliki tempat yang lokasinya strategis.

Untuk bisa bergabung dengan JNE, sebelumnya Anda harus menyediakan modal awal sebesar Rp5,5 juta yang akan digunakan untuk mengurus perjanjian dan dana promosi.

Lalu Anda harus mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp10 juta untuk pihak JNE sebagai jaminan. Namun uang ini akan dikembalikan setelah masa kontrak yang telah disepakati selesai.

2. Mr. Klin laundry

Laundry Service Kiloan merupakan usaha laundy yang didirikan pada tanggal 28 Maret 2009. Outlet pertama dibuka di Cengkareng, Jakarta Barat.

Mr klin laundy menyedian 3 pilihan paket yaitu Bronze panckage(29.890.000), Silver Package(49.890.000), Gold Package(Rp. 59.890.000).

Memang harga paketnya lumayan mahal akan tetapi hal tersebut sesuai dengan keuntungan yang Anda dapatkan.

Usaha Franchise Retail

Usaha ini merupakan salah satu jenis usaha Franchise yang menguntungkan dimana menjual berbagai macam produk untuk kebutuhan sehari-hari.

berikut usaha Franchise di bidang retail.

1. Indomart

Indomaret merupakan jaringan ritel waralaba terbesar di Indonesia, berdiri sejak tahun 1988 .

Salah satu anak perusahaan milik Salim Group yang dikelola oleh PT Indomarco Prismatama. Tahun 1997 perusahaan ini mengembangkan bisnis waralabanya untuk pertama kali di Indonesia.

Indomart salah satu Franchise ritel terbesar
Indomart

Hingga awal mei 2019, jumlah gerai Indomaret sudah tercatat sebanyak 16.900 toko. Mitra usaha waralaba Indomaret ini meliputi koperasi, badan usaha dan perorangan dan tersebar di seluruh Indonesia.

Walaupun telah banyak indomart yang didirikan tapi tetap saja memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan.

2. Alfamart

Alfamart berawal dari terbentuknya sebuah minimarket pertama di Karawaci Tangerang pada tahun 1999. Alfamart sendiri mendeskripsikan diri sebagai penyedia produk kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat Indonesia Dan memiliki jumlah outlet sekitar 13.726 buah.

Alfamart dalam mengembangkan bisnisnya dengan menyediakan produk di luar kebutuhan sehari-hari, seperti tiket kereta api, pulsa prabayar, tagihan listrik dan lain-lain.

Franchise pendidikan

Selain Franchise diatas Anda juga bisa menjalankan bisnis Franchise ini yang bisa memberikan keuntungan bagi Anda

1. Kumon

Kumon memiliki model bisnis yang sudah teruji selama lebih dari 50 tahun. Materi-materi Kumon secara bertahap terus ditingkatkan guna memaksimalkan perkembangan belajar siswa.

kumon merupakan waralaba bidang pendidikan
Kumon

Kumon telah tersebar luas di dunia dengan lebih dari 7.500 kelas, Kumon mempunyai lebih dari 4,2 juta siswa di 50 negara dan region di seluruh dunia.

2. Pingu's English

Pingu's English merupakan salah satu bisnis kursus bahasa Inggris. Yang  berasal dari Inggris. Pingu's English sudah menjejakkan kakinya di 18 negara Lainya termasuk Indonesia.

Adapun di Indonesia, Pingu's English baru memiliki dua cabang lantaran baru menawarkan waralaba pada Januari 2010. Satu berada di Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta Utara, satu lagi berlokasi di Bintaro, Jakarta Selatan.

Itulah 8 peluang Franchise yang bisa Anda coba. Walaupun bisnis Franchise tergolong lebih mudah tetapi Setiap bisnis tentunya akan menghadapi berbagai rintangan, karena itu Anda harus siap melewati berbagai rintanga tersebut dan jangan mudah menyerah.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar