Bagaimana Memulai Bisnis Online Dengan Affiliate Marketing

Affiliate marketing telah ada sejak lama - pada dasarnya, sejak awal e-commerce. Tetapi metode lama ini dalam menghasilkan uang secara online masih kuat karena semua manfaat yang ditawarkannya kepada pengusaha internet.

Dan ini merupakan model bisnis yang sangat baik bagi mereka yang tidak memiliki banyak pengalaman dalam melakukan bisnis online. Banyak pemilik bisnis online yang sukses menghasilkan puluhan juta secara online dengan program afiliasi ini.

Alasan Affiliate Marketing Bisnis Yang Menguntungkan

Berikut adalah beberapa alasan mengapa affiliate marketing adalah model bisnis online yang begitu populer:

1. Biaya Rendah

Dengan Affiliate marketing, Anda tidak perlu modal yang besar. Pada dasarnya Ada dua type perusahaan penyedia program afiliasi. Pertama ialah perusahaan yang tidak memberi ketentuan harus membeli produk perusahaannya untuk registrasi program afiliasinya. Type ke-2 ialah perusahaan yang mewajibkan harus membeli produknya terlebih dulu untuk dapat mendaftarkan diri di program affiliate marketing perusahaan tersebut.

Type yang kedua ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang memiliki modal minim agar bisa mulai menghasilkan uang dengan bergabung pada program afiliasi tersebut.

2. Tanpa Persediaan

Anda tidak perlu membuat produk, menyewa atau membeli tempat untuk menyimpannyai. Hal ini juga merupakan alasan Affiliate marketing banyak di lakoni oleh orang-orang.

3. Mudah

Dalam Affiliate marketing Anda tidak perlu memproses pesanan atau mengirimkan produk, menangani pengembalian, panggilan telepon, atau apa pun di sisi layanan pelanggan.
Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi Anda karena tidak perlu repot-repot menangani proses transaksinya dan memungkinkan Anda untuk fokus pada pemasaran, penjualan, dan menghasilkan uang.

4. Waktu Kerja Yang Fleksibel 

Saat bisnis afiliasi anda telah stabil, maka Anda bisa putuskan untuk menjadikan bisnis afiliasi sebagai sumber penghasilan pokok. Secara automatis waktu kerja Anda menjadi lebih fleksibel sebab tidak terikat dengan waktu. Dengan menjalankan bisnis ini tidak ada parameter lama kerja. Jika sudah di rasa cukup, Anda bisa santai dengan rekan atau keluarga.

5. Tidak Hanya terbatas pada Satu Affiliate Marketing

Jika Anda merasa bahwa mengikuti  program afiliasi dari satu perusahaan belum cukup. Jangan khawatir sebab Anda dapat mendaftarkan program afiliasi dari perusahaan lain asal tidak bertabrakan dengan ketentuan dan ketetapan dari perusahaan yang lain.

6. Minim Risiko

Kenapa program Affiliate marketing bisa di katakan minim risiko? karena jika anda sudah bergabung dengan salah satu penyedia program afiliasi dan tidak ada konsumen yang membeli produk yang anda pasarkan. Anda tidak akan rugi mungkin rugi dari sisi waktu dan biaya promosi saja.

7. Proses yang Mudah

Setiap perusahaan penyedia program afiliasi memiliki syarat dan aturan berbeda-beda. Tetapi, biasanya semua perusahaan mengaplikasikan cara kerja affiliate marketing yang sama. Anda mendaftarkan sebagai affiliate marketer, lalu mempromokan produk, dan terakhir memperoleh komisi bila ada yang membeli melalui link atau spanduk Anda.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Cara kerja marketing Affiliate
Cara kerja marketing Affiliate

Lalu bagaimana cara kerja affiliate marketing?
Pada dasarnya Affiliate marketing adalah model bisnis yang cukup sederhana.

1. Registrasi

Mendaftarkan diri  sebagai affiliate marketer pada perusahaan penyedia program Afilasi.

2. Promosi

Anda mempromosikan produk perusahaan lain dengan cara pemasaran Anda sendiri, ada beberapa media yang bisa di gunakan untuk promosi seperti media sosial, situs web , blog, atau saluran pemasaran lainnya yang Anda gunakan.

3. Konsumen Menggunakan Kode Referral Anda

Ketika seorang pelanggan membeli  barang yang anda promosikan melalui Kode Referral berupa tautan atau link yang anda letakkan pada media promosi.

4. Mendapat Komisi

Anda mendapat komisi dari penjualan tersebut, biasanya antara 5 hingga 25 persen,  bahkan lebih, tergantung pada produk yang anda promosikan.

Mungkin bagi anda persentase komisi yang di dapatkan kecil, tetapi ketika Anda bisa mendapat ratusan pelanggan setiap minggunya, Tentu hal ini bisa menambah penghasilan yang Fantastis.Apalagi biaya operasional yang relatif kecil.

Seperti halnya bisnis online lainya, sukses dan penghasilan tetap yang tinggi  bisa di raih dengan affiliate marketing. Tapi itu tidak akan terjadi dalam waktu singkat. Dibutuhkan kerja keras dankonsisten, terutama ketika Anda memulai

Hal-hal Yang harus Di Siapkan Sebelum Memulai Affiliate Marketing

Dalam mengikuti program afilias ada beberapa hal yang harus di siapkan. sepeti hal nya mempersiap segala seuatu yang berkaitan dengan pendaftaran, syarat dan ketentuan suatu perusahaan dimana anda akan bergabung.

Perlu di ingat bahwa setiap perusahaan penyedia program afiliasi bisa berbeda-beda syarat dan ketentuannya. Tapi kali ini saya tidak akan membahas hal tersebut melain hal- hal umum yang mestinya dibutuhkan untuk semua program afiliasi:

1. Media Promosi

Sama halnya dengan bisnis online lainya, Dalam mejalankan program affiliate marketing pastinya membutuhkan media untuk promosi karena yang akan Anda lakukan adalah mempromosikan produk. Anda bisa memanfaatkan beberapa media seperti blog, media sosial, forum atau chanel YouTube untuk mempromosikan produk afiliasi Anda. Pastikan media promosi yang Anda gunakan adalah media yang diperbolehkan oleh penyedia program afiliasi.

2. Pengetahuan mengenai Produk 

Jangan pernah Anda memberi informasi tidak benar tentang produk. Informasi atau spesifikasi yang tidak sesuai akan menurunkan kepercayaan calon konsumen. Tingkat peluang untuk membeli melalui referral Anda pun kecil sebab informasi yang Anda berikan salah. Jadi dalami baik-baik produk yang akan Anda promosikan supaya ulasan Anda dipandang reliable/terpercaya oleh calon konsumen. 

3. Kapabilitas untuk Promosi

Mungkin Anda belum pernah mempromosikan produk apapun sebelumnya. Tidak menjadi masalah sebab Anda dapat belajar sekaligus mempraktikkannya. Anda dapat pelajari teknik promosi produk dari affiliate marketer lain, dari beberapa blog pakar internet marketer, dan lainnya. Beberapa perusahaan bahkan juga ada yang menyiapkan kelas untuk para anggota program afiliasinya. Jadi tidak usah khawatir apabila Anda tidak punyai pengalaman mempromosikan produk sebab Anda bisa mempelajarinya.

Cara agar Sukses Menjalankan Affiliate Marketing

Salah satu kunci untuk sukses dengan affiliate marketing adalah memilih produk yang tepat untuk dipromosikan. Produk tersebut dapat berupa produk informasi digital , membership, produk fisik, layanan online dan lain-lain. Ada banyak industri yang menggunakan model ini. Ketika bernegosiasi dengan target pasar Anda, Anda mungkin mempromosikan satu atau banyak dari berbagai jenis produk ini sebagai afiliasi.

Berbicara tentang target pasar, Anda ingin fokus pada niche populer dengan rekam jejak yang terbukti untuk penjualan.

Mengapa harus bingung dalam memilih produk ketika Anda dapat memanfaatkan popularitas suatu produk  yang disukai dan paling di cari oleh pelanggan. Dalam memilih produk yang akan anda promosikan anda perlu melakukan riset pasar agar anda tidak salah memilih produk.

Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan riset pasar yang diperlukan.

  1. Mengawasi tren di Media sosial tren di Facebook niche atau jenis produk apa yang “Trend”
  2. Apa saja produk terlaris di situs-situs seperti Amazon dan eBay atau market place lokal?
  3. Apa yang ada di berita  dan  apa yang di bicarakan orang-orang?

Semakin banyak orang membicarakan suatu produk atau niche yang diperoleh, semakin baik untuk Anda. Produk populer berarti lebih banyak penjualan.

Beberapa Niche populer sekarang termasuk kesehatan alami, suplemen, financial and investment advice, aplikasi, Game dan banyak lagi.

Ingat, sementara sebagian besar pemasar yang tidak berpengalaman menghindar dari pasar yang populer karena memiliki banyak persaingan, Affilate marketer yang sukses tahu bahwa ini adalah pasar yang akan Anda fokuskan karena di situlah uang berada.

Mencari Mitra Afiliasi

Ada banyak, banyak program afiliasi di luar sana yang mencakup hampir semua produk atau layanan yang bisa Anda pasarkan. Jika Anda ingin bergabung dengan program tepercaya dengan reputasi yang bagus, menjaga mitra-mitranya dan membayar komisi tepat waktu kepada mereka.

Setiap kali Anda menemukan jaringan afiliasi yang menurut Anda berpotensi, lakukan pencarian di Google atau forum yang terkait dengan affiliate marketing untuk mengetahui apa yang orang katakan tentang jaringan afiliasi tersebut.

Dibawah ini ada beberapa penyedia Program Affiliate marketing  yang didirikan dengan reputasi yang cukup baik.

  • Penyedia jaringan affiliate lokal seperti lazada, Bukalapak,Ratakan, dan lain-lain.
  • Clickbank berfokus pada produk informasi digital dan dapat diunduh .
  • Rakuten. adalah retailer online utama yang menawarkan segalanya mulai dari elektronik hingga bahan makanan.
  • Amazon - Anda berbelanja di sini. Anda tahu berbagai produk yang ditawarkannya. Sekarang menjadi afiliasi dengan program Amazon Associates.


Pemasaran Produk Afiliasi Anda

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa Anda bisa melakukan promosi menggunakan media Blog, dan jika Anda belum memilikinya, Anda bisa membuatnya dengan mudah. silahkan ikuti langkah-langkah tentang cara membuat blog secara gratis.

Dengan optimasi mesin pencari anda bisa membuat konten anda dapat dengan mudah di temukan oleh mesin pencari. Kedengarannya menakutkan, tetapi SEO pada dasarnya adalah proposisi sederhana. Pada dasarnya, Anda menambahkan konten berharga yang terkait dengan niche Anda ke situs web atau blog Anda secara konsisten menggunakan "kata kunci" yang dicari seseorang seperti produk Anda atau informasi tentang niche Anda.

Anda memposting secara teratur, setidaknya beberapa kali seminggu. Dan seiring waktu mesin pencari seperti Google menemukan konten Anda dan memberi Anda imbalan karena memberikan informasi berharga dengan menempatkan situs web Anda lebih tinggi dalam hasil. Semakin tinggi Anda dalam hasil, khususnya halaman 1, semakin banyak lalu lintas ke situs Anda.

selain menggunakan blog Anda bisa menggunakan Media sosial. Media sosial adalah cara gratis yang bagus untuk menyampaikan berita tentang bisnis Anda.

Semua orang tentu mempunyai akun sosial media baik itu Facebook,Twitter, Instagram dan lainya.
Iklan berbayar harus menjadi langkah terakhir Anda dalam memasarkan berbagai produk afiliasi Anda. Anda ingin memastikan bahwa Anda berada dalam Nice yang potensial untuk menghasilkan uang dan memiliki daftar produk yang terbukti layak dijual, Dengan begitu ketika Anda menginvestasikan uang dalam iklan berbayar, yang dapat menelan biaya jutaan rupiah,Tetapi Anda akan melihat pengembalian investasi yang layak.

Demikian penjelasan mengenai tentang cara memulai Bisnis online yang menguntungkandengan Affiliate marketing semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Memulai Bisnis Online Dengan Affiliate Marketing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel