Panduan lengkap Memulai Bisnis Dropship untuk pemula

Apa itu Dropship?

Bisnis dropship- Mungkin bagi Anda kata tersebut sudah tidak asing lagi atau bahkan Ada pernah menjalankannya. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu Dropship.

Dropship yaitu suatu sistem penjualan satu produk secara online dimana penjual tidak harus mempunyai modal besar atau produk sendiri. Sistem dropship tidak sama dengan sistem Reseller yang mewajibkan penjual untuk membeli produk kepada supplier untuk stock, selanjutnya di jual ke customer dengan mengambil keuntungan dari selisih harga harga jual dan harga beli barang.

Lalu bagaimana cara kerja dropship? untuk lebih mengetahui hal ini anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Cara kerja Dropship

Jika Anda belum memahami bagaimana cara Bisnis Dropship bekerja anda dapat melihat ilustrasi pada gambar di bawah ini.
skema dropship
skema Dropship

1. Pemasaran

Ketika anda sudah menjadi seorang drophiper (penjual) lalu anda memasarkan produk melalui sosial media, blog, forum dan lainnya. 

2. Pembelian

Ketika produk yang anda promosikan tersebut ada konsumen yang tertarik untuk membelinya dengan harga yang sebelumnya anda tentukan misal harga dari supplier sebesar 200 rb dan anda menetapkan keuntungan sebesar 30 rb dan ongkos kirim 20 rb. jadi konsumen tersebut harus membayar anda sebesar 250.000.

2. Konfirmasi pembelian kepada supplier

selanjutnya Anda hanya perlu membayar kepada suplier sebesar 230rb dan mengirimkan data diri konsumen seperti alamat, nomor telepon dan lainnya.

4. Pengiriman Produk

setelah supplier menerima pembayaran dan Alamat konsumen, Maka supPlier akan melakukan packing produk (Atas nama toko Anda) dan mengirimkannya kepada konsumen.

cukup Mudah bukan. Bisnis dropship juga bisa di katakan sebagai bisnis simpel yang cukup menguntungkan bila ditekuni.

Alasan Bisnis Dropsip menjadi Bisnis yang Menguntungkan


Dengan banyak nya keuntungan yang di dapat kan oleh seorang dropshiper, Oleh karena itu beberapa orang mulai tertarik menjalankan usaha ini. Tetapi banyak pula yang menyerah setelah mengalami kerugian. Oleh karenanya, menjalankan bisnis ini butuh ke hati-hatian yang lebih.  Ada beberapa hal yang menjadi alasan kenapa bisnis dropship banyak diminati oleh kebanyakan orang yaitu:

1. Modal Kecil

Untuk menjadi seorang dropshipper tidak di butuhkan  modal yang besar untuk melakukan jenis bisnis satu ini. mengapa demikian?. karena kegiatan dropshipping ini, Anda tidak perlu membeli produknya terlebih dulu kecuali si pembeli yang tertarik sudah melakukan transaksi atau membeli ke Anda. Itupun Anda tinggal meneruskan uang yang sudah Anda terima dari konsumen dan bisa langsung mengambil keuntungannya. 

2.Mudah dijalankan

Bisnis ini juga bisa dikatakan mudah untuk dijalankan, walau Anda hanya melakukannya sendirian. Tentunya, karena Anda tidak perlu berurusan dengan produk seperti halnya pengemasan, pengiriman maupun retur .konten untuk berjualan juga di sediakan oleh supplier, Anda tinggal mengupload foto produk dan keterangan lainnya kedalam ke media penjualan Anda. Cukup mudah bukan?

3. Lokasi dan Waktu Berjualan Fleksibel

Berbicara tentang lokasi dan waktu, dalam menjalankan bisnis ini sangatlah fleksibel. Anda bisa mengatur waktu maupun tempat sendiri, kapan Anda mau mulai membuka online store Anda dan sampai pukul berapa aktivitas transaksi atau belanja dijalankan. Anda sebagai dropshipper juga bisa menjalankan bisnis di mana saja dengan satu ketentuan mutlak, koneksi internet yang memadai. 

4. Pilihan Produk yang Mau dijual Sangat Variatif

Karena Anda tidak perlu di pusingkan memikirkan pembelian produk terlebih dahulu secara fisik dan di mana Anda mau menyimpan produk yang akan dijual kembali, Anda juga bisa memilih produk  apa yang akan Anda tawarkan ke calon pembeli Anda. Segala jenis produk, berapa banyak variasinya tentunya bisa Anda pilih untuk promosikan.

5. Bisa menentukan keuntungan

jika Anda telah menjadi seorang dropshipper anda bisa menentukan berapa keuntungan yang akan di peroleh dalam penjualan produk. Tapi hal penting yang harus di ingat adalah jangan mengambil keuntungan yang tidak wajar karena dapat berpengaruh terhadap harga jual barang nantinya, yang kemungkinan jika harga terlalu mahal konsumen enggan membeli produk yang Anda jual.

Cara Memulai bisnis Dropship


Jika anda tergiur untuk menjadi seorang dropshiper, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Memilih Supplier yang Tepat

seperti di jelaskan sebelumnya, Ada banyak keuntungan yang di dapatkan menjadi seorang dropshiper , Hal ini yang menjadikan banyak orang tertarik memulai bisnis dropship, padahal risiko yang ditanggung juga cukup besar.
Memilih supplier
Memilih supplier

Tapi, jangan kuatir untuk melakukan bisnis dropship, apabila Anda memilih supplier yang tepat maka tidak akan ada permasalahan.Mungkin masalah lain yang akan dihadapi seputar pembeli yang rewel atau di bagian pengiriman.
Beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memilih supplier yaitu:

a.) Pilihlah supplier yang memberikan harga yang tidak terlalu mahal

Untuk mencari suplier yang memberikan harga yang murah anda bisa menjari grosiran. Biasanya penjual grosiran tidak mau mengambil untung besar per barang yang dijual, tapi leih pada banyaknya jumlah barang yang dijual sehingga harga yang di dapatkan tidak terlalu mahal.

b.)Pilih supplier yang memiliki sistem yang jelas

Dalam memilih suplier sangat penting karena hal ini berdampak langsung terhadap bisnis yang anda jalankan,Anda bisa mencari pemasok yang mempunyai sistem yang jelas Mulai dari proses pemesanan, proses pengecekan barang, proses konfirmasi pembelian, hingga proses packing dan pengiriman barang kepada konsumen.

c.) Pilihlah supplier yang mudah dihubungi

Namun, kita harus mengerti bahwa supplier biasanya tidak mau berlama-lama untuk menerima telepon atau chating dengn Anda karena mereka harus melayani banyak dropshipper lainnya. pilihlah supplier yang cepat me respon agar bisnis yang anda jalankan berjalan dengan baik.

Lalu di mana Anda bisa menemukan supplier? Sebenarnya Anda mencari dimana saja seperti Kaskus, Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan bahkan media sosial. Anda dapat mencari tahu lebih lanjut mengenai di mana Anda bisa menemukan supplier? Sebenarnya bisa di mana saja seperti Kaskus , Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan bahkan media sosial. Anda dapat mencari tahu lebih lanjut ketentuan mereka dengan bantuan mesin penelusur Google.yarat dan ketentuan mereka dengan bantuan mesin penelusur Google.

2. Memulai Kerjasama dengan Supplier dan Tentukan Harga Jual

Memulai Kerjasama dengan Supplier

Setelah Anda berhasil melakukan seleksi yang ketat dan menemukan supplier yang tepat, Langkah  selanjutnya adalah Anda tingggal melakukan memesan produk untuk tes atau menguji terlebih dahulu. Lalu jika bagus dalam memproses pesanan Anda, cobalah menjalin hubungan dengan baik.

Perlu Anda ketahui bahwa, Tidak semua pemasok yang memberikan kita kebebasan untuk menentukan harga jual produknya ada sebagian supplier yang mewajibkan para dropshipper nya untuk menjual produk dengan harga yang sudah ditentukan dan pembagian keuntungan berdasarkan peresentase tertentu. Jadi sekali lagi, Anda harus mengetahui syarat dan ketentuan dari supplier yang Anda pilih. 

Dalam menjalankan bisnis dropship ini memang kita bisa mengambil keuntungan yang besar, Tapi apabila penjualan Anda bagus atau Anda rajin serta cerdas strategi bisnis, Anda bisa saja mendapat total penghasilan yang besar.

3. Menentukan Merk dan Mempresentasikan Produk

Menentukan Merk dan Mempresentasikan Produk

Bagi Anda yang baru memulai bisnis dropship sebaiknya fokus pada satu sektor bisnis saja. Mengapa? Karena pelanggan akan mudah mengenali brand Anda.
Ketika Anda memulai dengan banyak variasi produk yang Anda jual, maka Anda juga memiliki lebih banyak pesaing bisnis. Hal tersebut tentu akan mempersulit Anda dalam memenangkan persaingan bisnis dropship yang Anda jalankan.

Lalu pikirkan terlebih dahulu produk apa yang akan anda jual, Anda sebaiknya memperhatikan ketahanan dan kualitas produk yang akan Anda jual. dan Coba apakah barang Anda dapat bertahan dengan kondisi pengiriman jauh dan dengan transportasi seperti yang ditawarkan supplier. Selain itu, coba hindari menjual produk yang sifatnya sementara tren nya atau musiman.
Terakhir, hindari menjual produk masih belum jelas secara regulasi hukumnya dan Anda juga harus memperhatikan bahwa barang yang anda jual ilegal atau legal. hal ini sangat penting untuk keberlangsungan bisnis ini.

Misal anda ingin menjual produk kosmetik tentu anda harus tau apakah produk tersebut memiliki ijin edar oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). oleh karena itu Anda harus mencari tahu terlebih dahulu mana yang aman dan yang tidak.

Presentasi produk, sebaiknya Anda menggunakan foto yang tidak hanya menarik tetapi terlihat seperti foto asli. Saat ini calon pembeli sudah banyak yang tergolong smart buyer, yaitu bersikap lebih rasional dalam berbelanja online. Anda pun harus memberikan spesifikasi atau rincian produk secara lengkap dan pastikan barang tersebut tersedia stok nya.

4. Pelayanan kepada Konsumen

Dalam melayani konsumen, sebaiknya Anda bersikap ramah dan tegas. atau Anda  bisa membuat syarat dan ketentuan khusus bagi konsumen Anda, menghimbau mereka untuk membaca terlebih dahulu rincian produk dan lain-lain sebelum melakukan pembelian. Hal ini bertujuan untuk menghindari komplain di kemudian hari. 
Hal lain yang perlu anda lakukan adalah kecepatan dalam merespon pelangan, kenapa demikian? misal ada calon pembeli menanyakan tentang produk yang anda jual dan Anda lama dalam merespon pertanyaan tersebut tentu calon pembeli tersebut akan mencari di tempat lain. Tentu hal ini merugikan anda.

Kesimpulan

Sebelum Anda mulai menjalankan bisnis dropship, ada baiknya untuk Anda mengenali lebih jauh produk yang anda jual . dan hindari produk yang belum jelas regulasi nya,apalagi dijual secara online, ada banyak sekali produk-produk palsu dijual. Jangan pernah tergiur dengan harga miring dan tetap berhati-hati.

Untuk memulai bisnis dropship, pastikan untuk selalu mencari supplier tepercaya dan jelas . Salah satu tempat mencari supplier terpercaya bisa Anda temukan di sejumlah marketplace. Di sana ada banyak sekali penjual terpercaya yang bisa Anda ajak bekerja sama atau bisa juga melalui forum-forum tertentu seperti kaskus.

Demikian penjelasan mengenai apa itu dropship, cara kerja dan cara memulai bisnis dropship. semoga artikel di atas dapat bermanfaat bagi anda terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Panduan lengkap Memulai Bisnis Dropship untuk pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel