Skip to main content

Pengertian Manajemen, Tujuan,Unsur, Fungsi dan Jenis Manajemen

Apa yang di maksud dengan manajemen? Manajemen adalah suatu proses untuk mengatur sesuatu yang di kerjakan oleh sekelompk orang atau organisasi untuk mencapai sebuah tujuan yang sudah di tetapkan dengan cara memanfaatkan semua sumber daya yang ada dan di lakukan secara bersama-sama.
pengertian manajemen menurut para ahli
Pengertian manajemen

Untuk mengetahui lebih jelas tentang apa itu manajemen kita bisa mengacu pada beberapa pengertian manajemen di bawah ini.

Pengertian Manajemen secara umum

Secara etimologi kata manajemen berasal dari bahasa perancis kuno "Menagement" yang mempunyai arti seni mengatur dan melaksanakan. kata manjemen juga berasal dari bahasa italia (1561) yaitu "Managgiare" yang memiliki arti mengendalikan.

Manajemen secara umum dapat di artikan sebagai suatu ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan terhadap upaya sekelompok orang atau para anggota organisasi dengan memanfaatkan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.
Dalam hal ini seni yang dimaksud ialah suatu pengetahuan tentang bagaimana cara untuk mencapai hasil yang diinginkan atau dalm kata lain seni adalah kecakapan yang diperoleh dari pengalaman, pengamatan & pelajaran serta kemampuan untuuk menggunakan pengetahuan manajemen.


Pengertian manajemen menurut para ahli

Dalam medefinisikan apa itu manajemen kita bisa merujuk pada pendapat para ahli tentang pengertian manajemen yang bisa kita jadikan landasan.
Berikut pengertian manajemen menurut para ahli:

1. Malayu S.P Hasibuan

Menurut Malayu S.P Hasibuan, definisi manajemen adalah ilmu dan seni yang mengatur proses pemanfaatan SDM dan sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang telah di tetapkan.

2. James A.F. Stoner

Menurut James A.F. Stoner, pengertian manajemen ialah proses perencanaan, peng organisasian, pengarahan dan pengawasan kinerja para anggota organisasi dan pemanfaatan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai sebuah tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

3. T. Hani Handoko

Menurut T. Hani Handoko, pengertian Manajemen adalah ilmu pengetahuan juga dalam artian bahwa manajemen memerlukan disiplin ilmu-ilmu pengetahuan lain dalam penerapannya ; misalnya, ilmu ekonomi, statistik, akuntansi, dan sebagainya.

4. Assauri

Menurut Assauri, pengertian manajemen adalah suatu kegiatan atau upaya yang dilakukan untuk mencapaii tujuan dengan menggunakan atau mengkoordinasikan kegiatan kegiatan orang lain.

5. Mary Parker Follet

Menurut Mary Parker Follet, Definisi manajemen adalah suatu seni yang di gunakan untuk melaksanakan suatu kegiatan melalui orang lain dalam mencapai sebuah tujuan.

6. Harold Koontz

Pengertian manajemen menurut Harold koontz adalah suatu seni yang di gunakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan melalui dan dengan beberapa orang yang tergabung dalam suatu kelompok formal yang terorganisir.

7. Ricky W. Griffin

Menurut Ricky W. Griffin, pengertian manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan kontrol seluruh sumber daya yang ada untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien.
Dalam hal ini Efektif yang dimaksud adalah dalam pencapaian sebuah tujuan sesuai dengan perencanaan, sedangkan efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan perencanaan.

8. Drs. Oey Liang Lee

Menurut Drs. Oey Liang Lee, Arti Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan pada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

9. Lawrence A. Appley

Menurut Lawrence A. Appley,pengertian manajemen adalah sebuah keahlian yang dimiliki seseorang atau organisasi dalam menggerakkan dan mengarahkan orang lain agar mau melakukan sesuatu.

10. Federick Winslow Taylor

Menurut federick wislow taylor, menjelaskan bahwa pengertian Manajemen adalah Suatu percobaan yang sungguh-sungguh untuk menghadapi setiap  persoalan yang timbul dalam pimpinan perusahaan (dan organisasi lain) atau setiap sistem kerjasma manusia dengan sikap dan jiwa seorang sarjana dan dengan menggunakan alat-alat  perumusan.

11. George R. Terry

Pengertian Manajemen menurut George R. Teryy yaitu suatu proses yang membedakan atas perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelakanaan (Aktivating) serta pengawasan (controlling), dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni, agar tercapainya tujuan yang ditetapkan sebelumnya.

Dari semua definisi manajemen diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen mengandung unsur sebagai berikut:
  • Manajemen sebagai proses.
  • Manajemen sebagai seni.
  • Manajemen terdiri dari individu-individu atau orang-orang yang melakukan aktivitas.
  • Manajemen menggunakan berbagai sumber-sumber dan faktor produksi yang tersedia dengan cara efektif dan efisien.
  • Adanya tujuan yang talah ditetapkan terlebih dahulu.

Unsur-unsur Manajemen

Dalam manajemen terdapat Unsur-unsur yang memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya, sehingga apabila salah satu Unsur terebut tidak ada maka akan berpengaruh terhadap pencapain tujuan suatu organisasi secara keseluruhan.Unsur-unsur manajemen terdiri dari 6 unsur yang disingkat dengan 6 M, yaitu man, money, methods, materials, machines, market.


Berikut penjelasan Unsur-unsur manajemen terebut:

1. Manusia (men)

Manusia merupakan orang-orang yang akan menjalankan fungsi-fungsi manajemen dalam oprasional suatu organisasi, man merujuk pada sumber daya manusia yang dimiliki organisasi. Hal ini termasuk penempatan orang yang tepat, pembagian kerja, pengaturan jam kerja dan sebagainya.

Dalam manajemen Manusia memiliki peranan yang sangat penting, tanpa ada manusia suatu proses tidak akan terjadi. karena manusia lah yang membuat sebuah tujuan dan melaksanakan proses pencapaian tujuan tersebut

2. Uang (Money)

Money merupakan salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan, uang merupakan modal yang dipergunakan pelaksanaan program dan rencana yang telah ditetapkan, uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai, seperti pembelian alat-alat, pembelian bahan baku, pembayaran gaji dan lain sebagainya.
Besar atau kecilnya hasil kegiatan bisa diukur dari jumlah uang yang beredar dalam sebuah perusahaan. 

Oleh karena itu uang merupakan alat yang penting untuk mencapai tujuan karena segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional. Hal ini akan berhubungan dengan berapa besar uang yang harus disediakan untuk membiayai gaji tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan dan harus dibeli serta berapa hasil yang akan dicapai dalam suatu organiasi.

3. Bahan (Material)

Material atau bahan-bahan baku yang dibutuhkan biasanya terdiri dari bahan setengah jadi dan bahan jadi dalam operasi awal guna menghasilakan barang atau jasa. Dalam organisasi untuk mencapai hasil yang lebih baik, selain manusia yang ahli dibidangnya juga harus dapat menggunakan sebagai salah satu sarana. Bahan baku dan manusia tidak dapat dipisahkan, tanpa bahan baku aktivitas produksi tidak akan mencapai hasil yang dikehendaki.

3. Mesin (Machine)

Machine adalah peralatan termasuk teknologi yang digunakan untuk membantu dalam operasi untuk menghasilakan barang dan jasa. Mesin yang digunakan untuk memberi kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efisiensi kerja. Terutama pada penerapan teknologi mutahir yang dapat meningkatkan kapasitas dalam proses produksi baik barang atau jasa.

4. Metode (Methods)

Methods adalah cara yang ditempuh teknik yang dipakai untuk mempermudah jalannya pekerjaan manajer dalam mewujudkan rencana oprasional. Metode dapat dinyatakan sebagai penetapan cara pelaksanaan kerja suatu tugas dengan memberikan berbagai pertimbanganpertimbangan kepada sasaran, fasilitas-fasilitas yang tersedia dan penggunaan waktu, serta uang dan aktivitas bisnis.

5. Pasar (Market)

Market merupakan pasar yang hendak dimasuki hasil prosuksi baik barang atau jasa untuk menghasilkan uang, mengembalikan investasi dan mendapatkan profit dari hasil penjualan atau tempat dimana organisasi menyebarluaskan produknya.

Fungsi manajemen

Fungsi Manajemen merupakan elemen dasar yang harus ada dalam manajemen sebagai landaan atau sumber acuan manajer (seseorang yang mengelola manajemen) dalam melaksanakan tugas untuk mencapai tujuan dengan cara merencanakan, mengorganisaian, mengarahkani dan mengendalikan.
fungsi-fungsi manajemen
fungfungsi-fungsi manajemen

Adapun fungsi manajemen dapat di jelaskan sebagai berikut:

1. Perencanaan (planning)

Perencanaan (planning) adalah suatu upaya pengambilan keputusan mengenai sasaran apa yang akan dicapai, tindakan apa yang akan diambil dalam pencapaian tujuan atau sasaran dan siapa yang akan melaksanakan.

Tanpa perencanaan yang tepat dalam sebuah bisnis akan berakibat terhadap ketidak teraturan bisnis tersebut atau dengan kata lain tidak berjalan sesuai dengan jalurnya. Penyimpangan ini bisa berakibat pada ketidakteraturan hingga kebangkrutan.

2. Pengorganisasian (organizing)

Fungsi manajemen yang kedua yaitu pengorganisasian, lalu apa yang di maksud dengan pengorganisasian?

pengorganisasian adalah suatu kegiatan mengatur sumber daya manusia dan sumber daya lain yang dimiliki sebuah perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta mencapai tujuan perusahaan.

Pengorganisasian secara lebih mudah dapat dilaksanakan dengan menentukan apa tugas yang harus dikerjakan, bagaimana harus dikerjakan dan siapa yang mengerjakan. Hal ini bertujuan untuk mencapai tujuan peruahaan melalui proses yang lebih terstruktur atau terorganisasi

3. Penempatan (Staffing)

Fungsi manajemen selanjutnya yaitu staffing. Dalam hal ini staffing hampir mirip dengan organized akan tetapi staffing penggunaannya lebih luas. Bila pengorganisasian (organizing) lebih memperhatikan manajemen sumber daya manusia (sdm), maka staffing lebih memperhatikan sumber daya secara umum seperti perlengkapan ,peralatan dan inventaris yang ada pada sebuah organisasi.

4. pengarahan (Actuating)

Perencanaan dan pengorganisasian yang baik tetapi bila tidak diikuti dengan pelaksanaan kerja. Untuk itu maka dibutuhkan kerja keras, kerja cerdas dan kerjasama. Semua sumber daya manusia yang ada hams dioptimalkan untuk visi, misidan program kerja organisasi.

Pelaksanaan kerja harus sejalan dengan rencana kerja yang telah disusun. Kecuali memang ada hal-hal kusus sehingga perlu dilakukan penyesuaian. Sehingga disinilah fungsi manajemen sebagai pengarahan agar apa yang dikerjakan sumber daya masih berada pada jalur yang semestinya.
Setiap Sumber daya manuia harus bekerja sesuai dengan tugas, fungsi dan peran, keahlian dan kompetensi masing-masing untuk mencapai misi, visi & program kerja organisasi yang telah ditentukan.

5. Pengawaan (Controlling)

Fungsi pengendalian adalah suatu aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat untuk kemudian dibuat perubahan atau perbaikan jika terdapat kesalahan atau penyimpangan. Agar pekerjaan berjalan sesuai dengan visi, misi, aturan dan program kerja yang telah di tentukanmaka dibutuhkan pengontrolan. Baik dalam bentuk supervisi, pengawasan, inspeksi hingga audit.

Kata-kata tersebut memang memiliki makna yang berbeda, tapi yang terpenting adalah bagaimana sejak dini bisa mengetahui penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dalam sebuah perusahaan. baik dalam perencanaan, pelaksanaan maupun pengorganisasian. Sehingga dengan hal tersebut dapat dilakukan koreksi, antisipasi dan penyesuaia-penyesuaian yang sesuai dengan situasi, kondisi dan perkembangan zaman.


pelaksanaan rencana kerja yang sudah disusun dan mengadakan koreksi (perbaikan) terhadap penyimpangan yang terjadi. Untuk menjalankan Fungsi ini diperlukan adanya standar kinerja yang transparan. Pengawasan dan pengendalian juga merupakan alat ukur apakah implementasi sesuai dengan rencana yang merupakan konsensus bersama yang telah ditetapkan sebelumnya. 

Jenis-Jenis dan contoh Manajemen

Dalam implementai ilmu manajemen dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak sekali contoh yang bisa kita temukan, sesuai dengan bidangnya. Berikut ini adalah beberapa contoh dan macam-macam manajemen:
  • Manajemen Administrasi Perkantoran
  • Manajemen Agribisnis
  • Manajemen Biaya
  • Manajemen Hubungan Masyarakat (Humas)
  • Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Komunikasi
  • Manajemen Konstruksi
  • Manajemen Organisasi
  • Manajemen Organisasi
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Pendidikan
  • Manajemen Personalia dan Administrasi
  • Manajemen Perusahaan
  • Manajemen Produksi
  • Manajemen Rantai Pasokan
  • Manajemen Risiko
  • Manajemen Strategi
  • Manajemen Stress
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Manajemen Waktu
Demikian penjelasan tentang Pengertian Manajemen, Tujuan,Unsur, Fungsi dan Jenis Manajemen. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar