Skip to main content

Tips memulai sebuah Bisnis online

tips memulai bisnis agar berhasil

Bisnis online adalah  suatu usaha yang menjual barang atau jasa yang di lakukan secara online.Bisnis online merupakan salah satu bisnis yang saat ini banyak di geluti oleh kebanyakan orang saat ini. Karena bisnis onlne sendiri memiliki banyak kelebihan seperti tidak di perlukan tempat (fisik) untuk melakukan penjualan cukup bermodal smartphone dan konektivitas internet, dan juga modal yang di perlukan tidak terlalu besar.

Jika anda tertarik untuk menjalankan bisnis online dan masih bingung gimana cara memulainya. sebelum memulai bisnis online ada beberapa hal yang harus di perhatikan yaitu:

1. Tentukan barang atau jasa yang akan jual

Dalam bisnis offline maupun online tentunya harus ada barang atau jasa yang akan dijual.Dalam hal ini anda harus jeli dalam memilih produk yang di jual karena dapat mempengaruhi keberhasilan sebuah bisnis.
Kenapa bisa begitu karena jika kita memilih produk sesuai dengan permintaan pasar maka produk yang kita jual tidak akan laku. Oleh karena itu pilih produk yang banyak di butuhkan semua orang.contoh produk fashion, aksesoris hp, dan lainnya, dalam berbisnis online tidak hanya barang fisik saja akan tetapi produk non fisik (digital) sepertt ebook, jasa pengetikan, jasa pengembangan website dan masih banyak lagi.

2. Tentukan Target pasar

Sebuah Bisnis  baik bisnis secara offline maupun online tidak terlepas dari konsumen. Apa itu konsumen? Konsumen adalah orang yang memakai barang atau jasa yang di gunakan untuk memenuhi kebutuhannya. Ada banyak sekali macam macam konsumen  berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Oleh sebab itu segmentasi pasar sangat penting dan harus di gunakan dalam memulai bisnis online agar target penjualan produk kita jelas dan terarah.

3.Memilih Supplier yang tepat


Sebelum anda memulai bisnis online hal yang harus di tentukan adalah supplier. Mungkin kata supplier sudah tidak asing lagi bagi anda.Supplier yaitu seorang atau perusahaan yang menjual barang kepada kita secara kontinu.
Sebelum memulai bisnis online anda harus memilih supplier yang tepat, baik dari segi harga dan kualitas barangnya. Maka cari lah supplier yang memberikan harga yang sesuai dengan kualitas produknya. Dalam bisnis online juga anda tidak perlu stok barang secara langsung bisa memulai dengan sistem dropship atau reseller.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan sebelum anda memulai bisnis secara online. Semua pelaku bisnis tentunya menginginkan sebuah kesuksesan, dan tidak mudah dalam mencapai kesuksesan tersebut Perlu kerja keras dan ketekunan.
Berikut Tips agar bisnis online yang anda kelola memperolehbisa mendapatkan suatu keberhasilan atau kesuksesan yaitu:

Konsisten


Setiap bisnis baik itu bisnis online maupun offline harus di lakukan secara konsisten agar bisnis kita berjalan sesuai dengan keinginan kita.

Memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen


Pelayanan yang anda berikan kepada konsumen berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis anda. Dengan memberikan pelayanan yang baik maka konsumen akan merasakan kepuasan tersendiri dan tidak menutup kemungkinan konsumen tersebut menjadi pelanggan kita. Contoh pelayanan yang bisa anda berikan kepada konsumen seperti menanggapi pertanyaan yang cepat dan menggunakan bahasa yang baik, memaparkan kualitas produk yang sesuai kodisi barang yang dan lain-lain.

Lakukan promosi secara berkala


Semua jenis usaha tentu memerlukan promosi untuk mengenalkan kepada semua orang tentang bisnis kita. Dalam hal ini anda bisa melakukan promosi melalui sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lain-lain.

Belajar dari sebuah kegagalan


Jagan jadikan sebuah kegagalan menjadi akhir dari bisnis kita, jadikanlah kegagalan tersebut menjadi media pembelajaran. Dari kegagalan tersebut kita bisa mengevaluasi apa kesalahan yang terjadi apa itu dari promosi atau dari produk yang kita jual.

Kerja keras


Dalam menjalankan sebuah bisnis, kerja keras sangat di butuhkan. Karena dengan adanya kerja keras bisnis anda akan sesuai dengan apa yang di inginkan. Akan tetapi harus memperhatikan batas kemampuan kita. 
Nah itu lah beberapa tips dalam memulai bisnis online dan agar usaha yang anda jalankan menuai kesuksesan.semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar