--> Skip to main content

Tips agar baterai handphone anda aman dan tahan lama

cara agar hp tidak meledak

mungkin anda semua pernah mendengar berita tentang kejadian yang menimpa seorang wanita yang harus di larikan kerumah sakit kerna handphone yang ia gunakan tiba-tiba meledak. kejadian tersebut bukan kali pertama terjadi di indonesia, bahkan ada juga yang sampai meninggal dunia.
untuk itu kita harus berhati-hati dalam menggunakan handphone agar kejadian serupa tidak terjadi lagi.

Penyebab baterai handphone meledak

sebenarnya meledaknya hanphone bisa terjadi karena penggunaan yang tidak benar dan penyebab utamanya adalah baterai,Ada beberapa hal yang menyebabkan handphone meledak yaitu:
  1. Pengisian daya yang tidak stabil
  2. Penggunaan handphone saat pengisian daya
  3. Penggunaan handphone yang berlebihan.
  4. Baterai cacat/rusak.

Tips agar baterai handphone kita aman dan tahan lama

Dalam artikel kali ini saya akan membagikan tips atau cara agar handphone yang kita gunakan aman dan awet

1. Jagan gunakan handpone ketika sedang di charge

mungkin anda semua pernah menggunakan handphone saat di charge, apalagi anda yang bermain game pasti sering melakukan hal terbut.
walaupun tanpa di charge, handphone yang sedang kita gunakan baik itu untuk bermain game, dan penggunaan aplikasi lainnya terkadang hanphone kita menjadi panas. apalagi handphone tersebut sambil di charge maka akan menyebabkan hp tersebut menjadi panas. oleh karena itu tinggalkan kebiasaan tersebut agar baterai handphone kita tidak meldak.

2. Gunakan Carger hp Original

penggunaan charger handphone yang tidak ori pasti sering anda lakukan mungkin karena beberapa alasan seperti charger hp rusak dan lainnya. penggunaan charge yang tidak ori juga bisa menyebabkan kerusakan pada baterai handphone kita karena tegangan input yang berbeda dari charge originalnya. 

3.Jangan meletakan handphone di atas alat elektronik lain yang sedang beroprasi.

kebiasaan buruk lain yang sering kita lakukan adalah meletakkan handphone di atas alat elektronik lain seperti lemari es, televisi dan lainnya. hal ini juga salah satu pemicu meldaknya hp karena jika hal tersebut dilakukan suhu hanphone kita menjadi panas.

4. Jagan terlalu sering gunakan powerbank

Penggunaan powerbank bukan tidak perbolehkan, akan tetapi alangkah baiknya jagan terlalu sering menggunakan powerbank untuk mengisi daya hp kita. penggunaan powerbank secara berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan pada baterai karena daya yang di hasilkan tidak stabil.

5. Hindari penggunaan handphone secara berlebihan


kebiasaan penggunaan handphone secara berlebihan kebanyakan dilakukan oleh para pencinta game.
nah bagi anda khusus para gamers sebaiknya anda harus menghilangkan kebiasaan tersebut karena hal tersebut bisa membahayakan diri anda.

itulah beberapa tips yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi anda dan semoga kita terhidar dari kejadian yang tidak kita inginkan.

Trimakasih

sumber referensi:
c.mi.com
surabaya.tribunnews.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar