Skip to main content

15 Tempat Wisata di Jogja Terpopuler dan Hits Bikin Liburan Seru Abis!

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang bisa menjadi pilihan bagi wisatawan domestik maupun maupun manca negara untuk berwisata maupun melepas penat. Di kota seluas 3.185,80 km2 ini terdapat beragam pilihan wisata yang bisa dijajahi mulai dari wisata alam, sejarah maupun wisata kuliner semuanya lengkap tersedia di sini.

Nah, bagi Anda yang sedang merencanakan berwisata di Jogja jagan bingung mencari tempat wisata yang bagus dan hits. karena kali saya akan memberikan daftar tempat wisata di Jogja yang bisa anda kunjungi.

Daftar Tempat Wisata di Jogja yang bisa Anda kunjungi

Seperti yang sebelumnya di jelaskan tadi bahwa, Di jogja terdapat berbagai pilihan objek wisata yang bisa dijajahi mulai dari wisata alam, sejarah, edukasi maupun wisata kuliner.

Tempat Wisata Alam di Jogja

Anda mungkin telah mengetahui bahwa berbagai tempat wisata seru dan beberapa tempat wisata murah yang berada di Jogja. Namun di daerah istimewa Yogyakarta juga menawarkan beberapa tempat wisata alam untuk kalian yang hendak menikmati keindahan alam nan menawan.

Berikut beberapa ulasan mengenai tempat wisata alam yang ada di Yogyakarta dan wajib Anda kunjungi.

1. Pantai Parangtritis

Obyek Wisata Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis Via Instagram @wijar_hehanessa

Pantai Parangtritis sudah terkenal oleh para wisatawan, karena selain memiliki legenda tentang keberadaan Ratu Kidul sebagai penguasa laut selatan, namun ternyata keindahannya tidak bisa dipungkiri lagi.

Pantai ini berjarak sekitar 30 km sebelah selatan dari kota Jogja, terletak di perbatasan antara kabupaten Bantul dan kabupaten Gunung Kidul.

Salah satu destinasi wisata terfavorit di kawasan Yogyakarta ini memang tidak pernah sepi oleh para wisatawan, dkarena Pantai ini menawarkan aktivitas yang tidak terbatas bagi para wisatawan seperti mengelilingi pantai dengan menggunakan motor ATV, Kuda dan Delman, melakukan olahraga seperti sepak bola di pasir, bermain ombak, mencoba wahana paralayang, atau sekedar duduk-duduk sambil menikmati suasana Pantai Parangtritis yang begitu menawan.

Harga Tiket Pantai Parangtritis
Tiket Masuk Rp. 5.000
Parkir Motor Rp. 2.000
Parkir Mobil Rp. 5.000
Jam Buka Pantai Parangtritis
Setiap hari 07.00 – 21.00 WIB
Penginapan sekitar Pantai Parangtritis
Losmen Sri Timur Mulai dari 110.000 / malam
Dina Finny Graha​ Rp. 150 - 200rb / malam
Homestay Yog​yakarta Rp. 75 - 100rb / malam

Tempat wisata pantai Parangtritis berlokasi di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul Yogyakarta. (25 km sebelah selatan kota Jogja)

2. Tebing Breksi

Wisata Tebing Breksi di Jogja
Tebing Berkaitan Via Instagram @jogjaimages

Tebing Breksi jogja pada awalnya adalah lokasi tambang batu breksi yang menjadi sumber pendapatan warga sekitar. Namun siapa yang kira jika kemudian tebing ini berubah menjadi sebuah objek wisata yang banyak disukai oleh wisatawan khususnya orang-orang yang menyukai petualangan.

Untuk sampai di puncak Tebing Breksi Anda harus menaiki anak tangga yang cukup banyak. Di atas tebing Anda akan di suguhkan pemandangan Jogja dan Klaten seperti Gunung Merapi, Candi Prambanan dan Bandara dan banyak pemandangan lainnya. Disini juga terdapat banyak spot foto tempat wisata jogja.

Harga Tiket Tebing Breksi
Tiket masuk Gratis
Parkir Bus IDR 10.000
Parkir Mobil IDR 5.000
Parkir Motor IDR 3.000
Jam Buka Tebing Breksi
Setiap hari 24 Jam
Penginapan sekitar Tebing Breksi
RedDoorz near Candi Ratu Boko 150.000 ribuan / malam
Penginapan Beto GuestHouse IDR. 150 - 200rb / malam
Maqmil Homestay Prambanan Mulai dari IDR 120 ribuan / malam

Obyek Wiasata Tebing Breksi berada di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Air Terjun kedung kandang

Tempat wisata Air Terjun kedung kandang
Air Terjun kedung kandang via Instagram @litaasa_

Air Terjun Kedung Kandang adalah salah satu air tempat wisata alam di Jogja yang tersembunyi di Gunung Kidul. Air terjun ini sangat unik karena mempunyai 6 tingkatan dengan kedungan atau danau kecil. Letak dari Air Terjun Kedung Kandang ini berada di persawahan penduduk yang menambah indahnya penorama air terjun ini.

Selain keunikan fisiknya yang bertingkat, tapi juga dikelilingi Tebing Vulkanik Yang Menambah Indahnya Air Terjun kedung kandang. Dari atas air terjun Anda bisa menikmati pemandangan hijaunya perasawahan dan berbagai akitifitas para petani.

Harga Tiket Air Terjun Kedung Kandang
Tiket masuk IDR 7.000
Parkir Mobil IDR 5.000
Parkir Motor IDR 2.000
Jam Buka Air Terjun Kedung Kandang
Setiap hari 06:00-16:00 WIB
Penginapan sekitar Air Terjun Kedung Kandang
Puri Ayu Homestay 2.64 km dari lokasi
The Giant Frog - Cabins & Restaurant 8.8 km dari Lokasi
Romantic beach view 6,22 km dari lokasi

Tempat wisata Air Terjun Kedung Kandang terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Pantai Jogan Gunung Kidul

Temoat wisata Pantai Jogan di jogja
Pantai Jogan, Via Instagram @munsya

Diantara beberapa Destinasi wisata pantai di Jogja yang hanya memberikan keindahan alam dengan hamparan pasir putihnya saja, Pantai Jogan hadir dengan sebuah pemandangan elok dari sebuah air terjun yang mengucur dengan deras yang mengundang dercak kagum banyak wisatawan.

Pantai ini dinilai pantai yang unik, namun sayangnya belum tidak terlalu dikenal banyak orang, berbeda seperti Pantai lainnya seperti Pantai Parangtritis yang sudah familiar di kalangan para traveller.

Dengan keunikannya tempat wisata di Jogja yang satu ini bisa Anda kunjungi di akhir pekan atau pun saat liburan tiba. Suasananya pun cukup nyaman dan ada beberapa spot untuk berfoto.

Harga Tiket Air Terjun Kedung Kandang
Tiket masuk IDR 7.000
Parkir Mobil IDR 5.000
Parkir Motor IDR 2.000
Jam Buka Air Terjun Kedung Kandang
Setiap hari 06:00-16:00 WIB
Penginapan sekitar Air Terjun Kedung Kandang
Puri Ayu Homestay 2.64 km dari lokasi
The Giant Frog - Cabins & Restaurant 8.8 km dari Lokasi
Romantic beach view 6,22 km dari lokasi

Lokasi Pantai Jogan  berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Bukit Panguk Kediwung

Bukit panguk kediwung wisata alam jogja
Bukit Panguk kediwung via Instagram @pesonaid_travel

Jika anda  inginmenikmati sunrise dengan udara segar di Yogyakarta, Destinasi wisata yang harus Anda coba adalah Bukit Panguk Kediwung.

Bukti Panguk Kediwung merupakan tempat wisata di Jogja yang menawarkan keindahan sunrise di atas awan. Sunrise ini sangat terlihat jelas karena lokasi Bukit Panguk Kediwung yang mengahap ke ufuk timur. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan sunrise di Bukit Panguk Kediwung yaitu pada pagi hari sekitar pukul 05:00.

Selain menikmati pemandangan sunrise dan kabut yang menyerupai negeri di atas awan, anda juga dapat berfoto di beberapa spot yang ada di Bukit Panguk Kediwung. Ada lebih dari lima tempat foto yang dapat anda gunakan. Sebelum mengunjungi obyek wisata ini Anda harus mempersiapkan fisik di karenakan suhu yang cukup dingin di waktu pagi.

Harga Tiket Pantai Jogan Gunung Kidul
Tiket masuk Gratis
Parkir Motor IDR 2.000
Parkir Mobil IDR 5.000
Jam Buka Pantai Jogan Gunung Kidul
Setiap hari 24 jam

Tempat wisata Bukit Panguk kediwung berada di dusun Kediwung, Kelurahan Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783.

Tempat Wisata Sejarah dan Budaya di Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta tidak hanya menyuguhkan Obyek wisata alamnya saja, melainkan juga tempat wisata sejarah dan budaya yang bisa Anda Kunjungi. Tidak heran jika, Yogyakarta disebut-sebut sebagai pusat pariwisata selain Pulau Bali. Kami merekomendasikan Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu libur di beberapa tempat wisata sejarah dan budaya yang ada di Jogja sebagai berikut.

1. Candi Borobudur

Tempat wisata Candi Borobudur
Candi Borobudur Via Instagram @candiborobudur

Sebagai salah satu destinasi tempat wisata di Jogja, meskipun lokasinya diluar Yogyakarta candi Borobudur saya masukkan kedaftaftar tempat wisata di jogja karena berdekatan dan juga wajib anda kunjungi.  Candi Borobudur sudah sangat terkenal di dunia. Candi ini masuk kedalam daftar Warisan Dunia UNESCO.

Terletak sekitar 40Km barat laut dari Yogyakarta, candi yang memiliki 72 stupa ini selalu menjadi salah satu tujuan utama para pelancong, baik domestik maupun mancanegara.

Harga Tiket Candi Borobudur
Anak/Dewasa (Domestik) IDR 12.000/IDR 30.000
Anak/Dewasa (Mancanegara) USD 10$/USD 20$
Parkir Bus IDR 30.000
Parkir Mobil IDR 20.000
Jam Buka Candi Borobudur
Setiap hari 06.00 – 17.00 WIB
Penginapan sekitar Candi Borobudur
Nice Stay 100.000 ribuan / malam
Bukit Dagi Borobudur IDR. 150 - 200rb / malam
Homestay Yog​yakarta Mulai dari IDR 127 ribuan / malam

Lokasi Candi Borobudur ini berada di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

2. Candi Prambanan

Obyek Wisata Candi Prambanan di Jogja
Wisata Candi Prambanan Via Instagram @travel_in_progress

Siapa sih yang tidak kenal dengan Candi Prambanan? Selain sebagai tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi, Candi Prambanan juga memiliki keindahan yang tak kalah menarik dengan candi Borobudur. Candi Prambanan terletak kurang lebih 17 kilometer ke arah timur dari Yogyakarta.

Di sini, Anda juga dapat menelusuri relief yang menggambarkan kisah Ramayana dan relief pohon kalpataru. Anda juga dapat menyaksikan  Sendratari Ramayana yang dipentaskan di pelataran Candi Prambanan.

Harga Tiket Candi Prambanan
Anak/Dewasa (Domestik) IDR 25.000/IDR 50.000
Anak/Dewasa (Mancanegara) USD 15$/USD 25$
Parkir Bus IDR 30.000
Parkir Mobil IDR 20.000
Jam Buka Candi Prambanan
Setiap hari 06.00 – 17.00 WIB
Penginapan sekitar Candi Prambanan
Budget Room at K Hotel & Hostel Prambanan Mulai dari Rp 100rb/ malam
Pa'ukuh Yogyakarta Mulai dari Rp 175rb/ malam
QQ House Mulai dari IDR 275 rb / malam

Tempat wisata Candi Prambanan berada di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko Via Instagram @ratubokopark

Candi ratu boko memiliki Tempat luas dan pemandangan yang bagus dan tak kalah dengan candi lainnya yang ada di Yogyakarta. Sangat Cocok untuk berjalan-jalan santai dengan pasangan dan kerabat. Candi boko ini kerap di jadikan sebagai tempat pemotretan dan syuting candi yang masih berada Jogja ini menyimpan banyak sekali sejarah dan budaya.

Moment terbaik untuk berfoto foto di area candi yaitu pada Sore hari saat muncul sunset bisa kalian padukan dengan gaya berfoto favorit Anda.

Harga Tiket Candi Ratu Boko
Anak/Dewasa (Domestik) IDR 10.000/IDR 25.000
Anak/Dewasa (Mancanegara) USD 13$
Parkir Bus IDR 15.000
Parkir Mobil IDR 10.000
Jam Buka Candi Ratu Boko
Setiap hari 06.00 – 17.00 WIB
Penginapan sekitar Candi Ratu Boko
RedDoorz near Candi Ratu Boko 150.000 ribuan / malam
Homestay Ndalam Mbak Charly IDR. 130 ribuan / malam

Obyek wisata Ratu Boko terletak di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Keraton Yogyakarta

Destinasi wisata Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta Via Instagram @ayulindapuspitadewi

Keraton Jogja adalah salah satu tempat wisata di Kota Gudeg yang paling mudah dijangkau karena lokasinya berada di pusat Kota Jogja.

Meskipun Keraton Jogja adalah salah satu destinasi wisata yang sangat berharga dan memiliki nilai budaya tinggi, namun tiket masuk sangat terjangkau.

Di Keraton inilah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat sekaligus tempat tinggal sultan dan rumah tangga istana. Jadi, Anda bisa melihat tradisi-tradisi kesultanan di Keraton Yogyakarta yang pasti bakalan menambah pengetahuan.

Harga Tiket Kraton Yogyakarta
Anak/Dewasa (Domestik) IDR 7.000
Anak/Dewasa (Mancanegara) USD 1$
Jam Buka Kraton Yogyakarta
Sabtu – Kamis 08.00 – 14.00 WIB
Jumat 08.00 – 12.00 WIB
Penginapan sekitar Kraton Yogyakarta
Pondok 71 IDR 70 -100ribuan / malam
Deep Purple Homestay IDR. 50 - 100rb / malam
Penginapan Pugeran Mulai dari IDR 70 100 ribuan / malam

Berlokasi di Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

5. Candi Ijo

Wisata Candi Ijo
Candi Ijo Via Instagram @p.hesty

Candi ijo merupakan Salah satu Destinasi wisata untuk berburu sunset dan sunrise Indah di jogja. Candi dengan lokasi tertinggi karena berlokasi diatas bukit.

Dengan letaknya yang berada di perbukitan tinggi dan Terletak di sebelah timur kota Jogja, Candi Ijo mempunyai daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki candi lain di Jogja, daya tarik tersebut adalah jika anda berkunjung ke Candi Ijo anda akan dapat melihat pemandangan kota Jogja dari ketinggian yang sangat mempesona.

Harga Tiket Candi Ijo
Anak/Dewasa (Domestik) IDR 5.000
Anak/Dewasa (Mancanegara) IDR 10.000
Parkir Bus IDR 10.000
Parkir Mobil IDR 5.000
Parkir Motor IDR 2.000
Jam Buka Candi Ijo
Setiap hari 06.00 – 18.00 WIB
Penginapan sekitar Candi Ijo
Roro Jonggrang Guesthouse 170 ribuan / malam

Tempat Wisata Candi Ijo berada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaen Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tempat Wisata Edukasi di Jogja

Jika Anda ingin mencoba berekreasi sambil mendapat pengetahuan Anda bisa mencoba mengunjungi tempat wisata di Jogja yang bersifat edukatif di bawah ini.

1. Taman Pintar

Taman Pintar Jogja
Taman Pintar Via Instagram @tamanpintar

Selain tempat wisata alam dan budaya, Yogyakarta memiliki berbagai objek wisata edukasi. Termasuk diantaranya Taman Pintar. Sebagai tempat edukasi, harga tiket taman pintar jogja cukup terjangkau. Di tempat ini, Anda akan mendapatkan pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan.

Taman Pintar Yogyakarta ini sangat cocok dijadikan tempat tujuan wisata bersama dengan anak-anak di saat Liburan.

Didukung dengan teknologi interaktif digital serta pemetaan video sehingga dapat mendorong daya imajinasi anak. Dengan mengkombinasikan arena bermain dan sarana edukasi. Tentu Tempat wisata ini bisa menambah wawasan bagi anak dan juga orang tua.

Harga Tiket Taman Pintar Yogyakarta
Dewasa IDR 20.000 (Belum termasuk wahana)
Anak IDR 12.000 (Belum termasuk wahana)
Parkir Mobil IDR 5.000
Parkir Motor IDR 2.000

Taman pintar Jogja berada di Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Kampung Wisata Edukasi Watu Lumbung

Kampung Wisata Edukasi Watu Lumbung
Kampung Wisata Edukasi Watu Lumbung

Bagi anda yang bosen dengan objek wisata yang hanya begitu-begitu saja dan ingin mencari tempat wisata yang berbeda dan menarik, mungkin salah satu wisata yang ada di Yogyakarta ini bisa menjadi rekomendasi tujuan wisata, yaitu Kampung Watu Lumbung.

Kampung Watu Lumbung Bantul ini menyuguhkan keindahan pemandangan alam pesisir Jogja selatan dari atas bukit yang asri dan di kelilingi pohon jati.

Selain itu Kampung Watu Lumbung ini merupakan kawasan wisata edukasi yang memiliki bertujuan untuk mengajarkan masyarakat sekitar dan wisatawan untuk selalu menjaga kelesatarian alam sekitar.

Harga Tiket Wisata Watu Lumbung
Tiket Masuk Gratis
Parkir Mobil IDR 5.000
Parkir Motor IDR 3.000
Jam Buka Wisata Watu Lumbung
Setiap hari 08.00 – 23.00 WIB

Obyek wisata ini berlokasi di Jalan Panglima Sudirman, Parangtritis, Kretek, Kecamatan Kretek, Duwuran, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772

3. Monjali ( Monumen Jogja Kembali)

Wisata Monumen Jogja Kembali
Monjali via Instagram @halgian_

Monjali (Monumen Jogja Kembali) disebut-sebut sebagai obyek wisata keluarga yang memiliki nilai-nilai edukasi sekaligus wisata yang menyenangkan.

Museum Monjali ini memiliki nuansa sejarah dan menggambarkan perjuangan tentara serta rakyat Yogyakarta melawan Penjajahan Belanda. Monumen yang mirip tumpeng ini terdiri dari tiga lantai dan mempunyai tinggi sekitar 32 meter.

Selain terdapat nilai sejarah dan edukasi tempat wisata di Jogja yang satu ini juga memiliki Taman Pelangi Jogja, karena Anda akan disuguhkan oleh keindahan warna-warni lampu lampion berbagai replika dengan warna yang beragam, seperti layaknya pelangi yang muncul dimalam hari.

Dengan Berkunjung ketempat wisata ini Anda tidak hanya memperoleh kesenangan saja melainkan juga mendapat beragam pengetahuan.

Harga Tiket Monjali
Dewasa dan Anak IDR 10.000
Parkir Mobil IDR 5.000
Parkir Motor IDR 2.000
Jam Buka Monjali
Selasa – Jumat 08.00 – 16.00 WIB
Sabtu – Minggu 08.00 – 16.30 WIB
Taman Pelangi 08.00 – 21.00 WIB
Penginapan sekitar Monjali
AB Guest House 2 IDR 170 ribuan / malam
Gria Gowes Homestay IDR 150 ribuan / malam

Wisata museum ini berada di Jl. Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

4. Wisata Desa Krebet

Wisata Desa Krebet
Wisata Desa Krebet Via Instagram @larewisata

Sudah tidak di ragukan lagi jika kota Jogja memang istimewa. Pasalnya kota ini menawarkan destinasi berbagai wisata yang menarik baik itu destinasi sejarah, budaya, kerajinan bahkan alam. Salah satu tempat wisata yang memiliki nilai edukasi yaitu Desa wisata Krebet Jogja.

Desa krebet di kenal dengan kerajinannya berupa batik, tapi tidak seperti batik pada umumnya yang menggunakan media media kain melainkan menggunakan kayu. Di tempat ini Anda bisa mempelajari pembuatan batik kayu yang memiliki nilai ekonomis tinggi .

Tidak hanya itu saja Desa Wisata Krebet juga menyajikan wisata edukasi berupa outbond. Outbond biasanya dilakukan di beberapa lokasi, dengan beragam jenis permainan dengan tujuan untuk mengasah keterampilan dan membangun kerjasama antar kelompok.

Harga Tiket Candi Ijo
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka Candi Ijo
Setiap hari 08.00 – 17.00 WIB

Wisata Desa Krebet berada di  desa Krebet, Sendangsari, Kec. Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751.

5. Museum Gunung Merapi

Wisata Museum Gunung Merapi
Museum Gunung Merapi Via Instagram @rendy_develop

Museum Gunung Merapi merupakan salah satu museum bersejarah yang ada di Yogyakarta yang di dalamnya berisi tentang Gunung Merapi.

Museum Gunung Merapi ini dijadikan sebagai sarana pendidikan, memberikan informasi tentang Gunung, dan tentang bencana geologi lainnya yang bersifat rekreatif dan edukatif.

Dan juga menjadi media agar masyarakat sadar dan waspada tentang manfaat dan ancaman letusan Gunung berapi. Tempat wisata di Jogja ini bisa menjadi pilihan berlibur bersama keluarga tercinta.

Harga Tiket Candi Ijo
Anak/Dewasa (Domestik) IDR 5.000
Anak/Dewasa (Mancanegara) IDR 10.000
Parkir Bus IDR 10.000
Parkir Mobil IDR 5.000
Parkir Motor IDR 2.000
Jam Buka Candi Ijo
Setiap hari 06.00 – 15.30 WIB
Penginapan sekitar Candi Ijo
RedDoorz near Museum Gunung Merapi 150 ribuan / malam
Wisma Putra Jaya 150 ribuan / malam

Wisata bersifat edukatif ini berada di Jl. Kaliurang No.Km, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mudah-mudahan rekomendasi tempat wisata di Yogyakarta ini bermanfaat untuk anda. Selamat berlibur!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar