Skip to main content

Ketahui Penyebab dan Cara Ampuh untuk Menghilangkan Bruntusan

Wajah yang bersih merupakan dambaan semua orang, terutama bagi kaum hawa. kebersihan wajah menjadi hal yang sangat penting karena dapat berpengaruh terhadap penampilan. Namun, ada masalah yang kerap dialami pada wajah, seperti jerawat, flek dan juga bruntusan.

Nah pada postingan kali ini membahas tentang apa itu bruntusan dan bagaimana cara menghilangkannya.

Apa itu bruntusan?

Bruntusan merupakan salah satu masalah kulit wajah selain jerawat, flek hitam, dan kerutan wajah. Bruntusan yaitu kondisi di mana terdapat bintik-bintik kecil berwarna kemerahan di sekitar area wajah.

cara hilangkan bruntusan

Bruntusan tak hanya menurunkan penampilan wajah, tapi juga menimbulkan rasa gatal dan perih saat berkeringat, sehingga berpotensi mengalami iritasi akibat garukan.

Tentu dengan bruntus an di wajah terasa tidak nyaman dan membuat minder. Jika anda ingin bisa cepat menghilangkan bruntusan tapi takut akan resiko dan biaya yang mahal? Ada cara menghilangkan bruntusan yang aman dan hemat biaya. Yaitu memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.

Tapi sebelum kita membahas cara menghilangkan bruntusan dan cepat untuk pria dan wanita, Anda perlu mengetahui apa dan penyebab bruntusan itu.

1. Kepanasan dan keringat terjebak di kulit

Bruntusan di dahi berlangsung saat tubuh terkena paparan panas sekaligus juga iklim yang lembab terlalu berlebih, hingga kelenjar keringat pada badan terhalang. Keringat yang terlalu berlebih lalu itu terjebak di susunan kulit yang lebih dalam. Sehingga hal Ini menyebabkan iritasi, yang berbentuk bruntusan kemerahan. Tidak hanya gatal serta kasar, bruntusan semacam ini tentu membuat penampilan anda kurang enak dilihat.

2. Sisa make up dan pembersih muka

jika anda kurang jeli waktu membersihkan bekas makeup. Mengakibatkan, sisa make up serta tersisa bahan pembersih muka menjadi residu di pori-pori kulit. Bila menumpuk, sama juga dengan jika anda belum membersihkan muka dan hal ini bisa menimbulkan bruntusan.

3. Tidak melakukan eksfoliasi dengan teratur

Manfaat eksfoliasi atau pengelupasan beberapa sel kulit mati. Eksfoliasi ini sama pentingnya dengan membersihkan serta melembabkan kulit. Bila dilakukan dengan teratur, kulit yang bersih dapat menyerap skincare yang anda gunakan hingga khasiatnya lebih rasanya. Tapi jika anda jarang-jarang lakukan eksfoliasi, beberapa sel kulit mati dapat menumpuk apabila tercampur bakteri dapat memunculkan bruntusan itu.

4. Alergi kandungan produk perawatan muka

Skincare yang aromanya wangi memang menyenangkan. Tapi, mungkin saja anda me miliki alergi dengan kandungan fragrance, alkohol, atau natural oil yang dipakai dalam beberapa produk perawatan wajahmu. Bila bruntusan tidak selekasnya hilang setelah beberapa lama menggunakan produk perawatan itu, sebaiknya segera hentikan pemakaiannya.

Baca Juga: Cara Hilangkan Bekas Jerawat secara Alami

5. Perlengkapan make up yang kotor

Kuas serta spons make up yang terus-terusan digunakan pasti bisa menjadi kotor, serta ini sangat rawan menimbulkan jerawat. Membersihkan dengan teratur serta ganti bila memang tidak layak digunakan agar tidak mengalami bruntusan.

6. Sarung bantal serta handuk kotor

Itu penyebabnya anda harus rajin ganti seprei serta sarung bantal, menyiapkan handuk spesial untuk mengeringkan muka. Sebab bila muka menempel di sarung bantal yang kotor atau dilap dengan handuk lembab yang kurang bersih, hasilnya ialah penimbunan bakteri yang bisa menimbulkan bruntusan.

Cara menghilangkan bruntusan di wajah

Cara paling ampuh untuk menghilangkan bruntusan di wajah adalah dengan menerapkan perawatan kulit dengan benar. Hal ini bisa dimulai dengan cara:

1. Teratur membersihkan muka

Agar bruntusan di muka cepat menghilang, Anda harus teratur membersihkan wajah paling tidak 2 kali sehari, saat bangun serta sebelum tidur. Pilih sabun bersihkan muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

cuci muka dengan rutin untuk hilangkan bruntusan

Bila diperlukan Anda dapat juga mengaplikasikan double cleansing, atau bersihkan muka 2x untuk memastikan kulit wajah Anda betul-betul bersih dari kotoran. Untuk Anda yang tiap hari memakai make up, Anda dapat membersihkan muka menggunakan make up remover air (micellar water) atau yang berbasis minyak untuk membersihkan make up waterproof di muka.

Pastikan Anda membersihkan muka sampai betul-betul bersih dan tidak ada tersisa make up yang masih melekat. Karena sisa make up yang melekat ini dapat menjadi satu diantara penyebab munculnya komedo dan juga bruntusan.

2. Berikan sunscreen

Perlu diingat untuk selalu membuat perlindungan kulit dari paparan cahaya ultraviolet dengan memakai sunscreen. Sunscreen adalah perawatan wajah yang sama sekali tidak bisa terlewatkan. Ditambah lagi jika tiap hari Anda beraktivitas di luar ruangan. Tidak hanya efektif menahan bruntusan di muka makin parah, sunscreen penting juga untuk melindungi kulit Anda dari paparan matahari yang dapat menyebabkan kanker kulit.

Baca Juga: Cara Alami Hilangkan Bekas luka

Pakailah sunscreen setiap kali Anda usai menggunakan pelembap. Pastikan semua kulit yang tidak tertutup pakaian di oleskan sunscreen dengan merata. Tiap 2 sampai 3 jam sekali, berikan kembali sunscreen di semua permukaan kulit.

3. Menggunakan pelembap

menggunakan pelembab untuk hilangkan bruntusan

Sesudah masalah membersihkan muka selesai, cara menghilangkan bruntusan di wajah selanjutnya adalah teratur menggunakan pelembap. Tiap orang, terlepas dari apapun jenis kulitnya, harus menggunakan pelembap. Bila dibutuhkan, Anda dapat juga gunakan toner dan serum sebelum menggunakan pelembap untuk hasil yang maksimal dalam menghilangkan bruntusan di wajah.

Apapun produk perawatan kulit yang Anda gunakan, pastikan Anda memilih sesuai jenis kulit wajah dan sasaran permasalahan yang ingin diatasi.

4. Eksfoliasi

Langkah perawatan untuk membantu menyingkirkan bruntusan di wajah yang tidak kalah penting ialah eksfoliasi, yakni mekanisme menghilangkan beberapa sel kulit mati. Eksfoliasi kulit bisa dilakukan secara periodik, setiap satu minggu sekali, dengan menggunakan produk eksfoliasi yang pas sesuai dengan jenis kulit Anda.

Secara umum, perawatan yang dilakukan untuk mengangakat bruntusan mungkin berbeda pada setiap orang. Anda bisa mencoba melakukan perawatan ke dokter. biasanya Dokter menyesuaikan jenis perawatan dengan penyebab bruntusan yang mendasarinya.

Jika penyebabnya adalah komedo, biasanya dokter akan memberikan krim perawatan tertentu untuk melunakkan komedo, sehingga komedo mudah lepas dan tidak menyumbat pori-pori pada wajah.

Cara menghilangkan bruntusan di wajah juga bisa dilakukan dengan menggabungkan dengan prosedur medis tertentu seperti ekstraksi komedo, mikrodermabrasi, dan lainnya.

Demikian informasi mengenai penyebab bruntusan dan cara menghilangkan bruntusan pada umumnya. Menjaga kebersihan wajah dan kulit adalah kunci utama agar Anda terbebas dari berbabagai maslah kulit khususnya bruntusan. Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar