Skip to main content

Cara Merawat dan Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Penampilan prima, tidak hanya menyertakan muka bersih, dan juga rambut kuat serta sehat. Sayangnya, keadaan rambut rontok seringkali dipandang hal biasa oleh beberapa orang. Mengakibatkan cara mengatasi rambut rontok kurang diperhatikan. Meski sebenarnya, permasalahan ini cukup serius karena dapat menjalar dan menyebabkan kebotakan dini.

cara merawat dan mengatasi rambut agar tidak rontok
Rambut yang sehat menjadi idaman oleh setiap orang, jadi rawat rambut agar tidak mengalami kerontokan

Penyebab Rambut Rontok

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara mengatasi rambut rontok, alangkah baiknya mengetahui terlebih dulu apa saja penyebab rambut rontok sehingga kedepannya anda bisa menghindari hal tersebut.

Pemicu rambut rontok sebetulnya cukup beragam, di lansir dari hellosehat ada beberapa penyebab rontoknya rambut antara lain.

1. Stres

Stres adalah bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi atau mental yang bisa memengaruhi kegiatan. Bahkan juga, stres juga bisa membuat produktivitas menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental.

Stres tersebutlah yang bisa menyebabkan berlangsungnya rambut rontok, yang dikatakan telogen effluvium (bentuk alopesia yg ditandai dengan kerontokan rambut dengan difus yang bisa terjadi secara kronis ataupun akut).

Baca juga: Cara menghilangkan jerawat secara Alami

Diluar itu, stres emosional dapat mengakibatkan kerontokan rambut, misalnya lantaran perceraian, atau kematian orang yag di cintai.

2. Anemia

Anemia ialah keadaan menyusutnya jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin di darah. Hemoglobin (Hb) merupakan satu senyawa protein pembawa oksigen di dalam sel darah merah. Anemia sebab kekurangan zat besi sebagai salah satunya pemicu terjadinya kerontokan rambut, hal itu diutarakan oleh American Academy of Dermatology.

Biasanya, bila rambut rontok karena kekurangan zat besi maka bisa ditangani dengan konsumsi makanan yang kaya zat besi seperti daging khususnya hati dan daging merah, kacang kedelai dan lain-lain.

3. Gaya rambut

Gaya rambut dan perawatan rambut bisa mengakibatkan kerontokan rambut. Terlebih bila Anda mempunyai style rambut ekstrim seperti dikepang ketat, atau melakukan perawatan memakai bahan yang mengandung kimia keras atau panas tinggi.

Beberapa hal itu bisa memengaruhi kemampuan akar rambut. Oleh karenanya, untuk menahan berlangsungnya kerontokan rambut akibat style rambut yang ekstrim dan perawatan rambut, untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa memakai conditioner tiap habis keramas.

Tidak hanya itu, Anda harus biarkan rambut Anda dalam kondisi kering serta coba untuk batasi jumlah waktu meluruskan/mengeritingkan rambut dengan catokan (yang memiliki kandungan panas tinggi) paling tidak maksimal satu minggu 1x.

4. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme ialah istilah yang merujuk pada simtoma berkurangnya sintesis dan sekresi hormon tiroid dari kelenjar tiroid. Biasanya, penyebab hipotiroidisme ialah minimnya konsumsi gizi berbentuk iodina atau yodium. Akibatnya karena hipotiroidisme ialah berkurangnya produksi hormon tiroid yang bisa berakibat pada kerontokan rambut.

5. Faktor keturunan

Satu diantara penyebab rambut rontok ialah faktor keturunan. Diluar itu, unsur keturunan bisa pula memengaruhi usia dimana Anda akan mulai kehilangan rambut, tingkat kerontokan rambut serta tingkat kebotakan. Tipe rambut rontok mungkin melibatkan baik penipisan rambut dan miniaturisasi (rambut jadi lembut, halus dan pendek).

6. Dampak obat

Rambut rontok dapat dikarenakan oleh obat-obatan yang tengah dikonsumsi, seperti obat untuk kanker, arthritis, stres, permasalahan jantung, tekanan darah tinggi, dan lain-lain. Selain itu, konsumsi vitamin A yang berlebih dapat mengakibatkan rambut rontok.

Dengan mengetahui apa saja penyebab rambut rontok kita bisa merawat dan mengatasi rambut rontok dengan tepat.

Cara mengatasi rambut rontok secara alami

Rambut rontok sebenarnya merupkan hal yang normal dan wajar di alami oleh banyak orang. Biasanya, rambut akan mengalami kerontokan hanya beberapa helai saja. Tapi jika terus rontok tentu saja kebotakan akan membayangi. Selain itu pasti risih jika setiap hari menemui rambut rontok. Masalah rambut rontok ini cukup menyita perhatian.

Baca juga: Cara Memutihkan Gigi secara Alami

Tak heran berbagai cara merawat rambut dilakukan demi meperoleh rambut yang sehat dan subur. Selain dengan perawatan ke klinik kecantikan, masalah rambut rontok bisa diatasi dengan cara alami bahkan menggunakan bahan yang mudah didapatkan. cara merawat rambut rontok secara alami.

1. Lidah buaya

Cara mengatasi rambut rontok secara alami dan mudah bisa Anda dapatkan dari lidah buaya sari lidah buaya. Selain bisa digunakan sebagai penyubur rambut tapi juga bisa di pakai sebagai penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit.

lidah buaya untuk mengatasi rambut rontok
Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang bisa

di gunakan untuk merawat dan mengatasi rambut rontok

Tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan zat lainya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Cara merawat rambut rontok dengan lidah buaya adalah, bersihkan terlebih dulu rambut anda. Setelah itu usapkan gel yang terdapat pada bagian daging lidah buaya. Usapkan pada rambut dan kulit kepala secara merata, biarkan selama 15 hingga 20 menit. Lakukan cara ini secara rutin unntuk hasil yang maksimal dalam mengatasi rambut rontok.

2. Minyak zaitun

elain digunakan untuk merawat rambut rontok, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk rambut kering, bercabang dan mengembalikan warna alami rambut.

Cara merawat rambut rontok selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak Ziatun. Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin A, C, D, K dan zat besi. Kandungan kalsium pada minyak zaitun bisa membantu mengurangi kerontokan rambut secara alami.

Caranya mudah, anda hanya cukup mengoleskan minyak zaitun pada kulit kepala secara merata dan pijat secara perlahan. Lakukan saat malam hari dan bilas bersih keesokan harinya.

3. Kemiri

Kandungan minyak kemiri mampu membuat rambut menjadi lebih hitam, sehat dan mampu mengatasi masalah kerontokan pada rambut.

Kandungan minyak kemiri seperti fosfor, kalium, kalsium, vitamin A, B1, B9 (folat), saponin, flavonoid, polifenol, dan fitosterol.mampu membuat akar rambut menjadi lebih kuat, dan mampu merangsang rambut untuk tumbuh pada bagian kulit kepala.

Cara merawat rambut rontok menggunakan kemiri yaitu dengan menyangrai kemiri. Setelah disangrai kemudian tumbuk sampai halus hingga mengeluarkan minyak. Lalu usapkan minyak kemiri tersebut pada rambut secara Marata lalu diamkan selama 40 menit.Langkah terakhir yaitu memersihkan rambut dengan cara keramas menggunakan shampo. Lakukan perawatan ini secara rutin.

4. Minyak esensial

Anda bisa mengatasi rambut rontok menggunakan beberapa jenis minyak esensial pada bagian rambut yang rontok. Minyak esensial yang bisa dipakai antara lain minyak rosemary dan minyak lavender.

Minyak rosemary dipercaya bisa mempercepat pertumbuhan dan juga melebatkan ketebalan rambut. Minyak rosemary ini bekerja dengan cara meniingkatkan metabolisme sel untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas luka Dengan Cepat

Sementara minyak lavender berperan sebagai anti-oksidan kuat untuk mengurangi peradangan Sehingga kulit kepala dapat meningkatkan pertumbuhan rambut setiap helainya.

Tetapi, perlu diingat bahwa pemanfaatan minyak esensial harus dicampurkan dengan minyak pengencer seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Pastikan juga Anda tidak alergi terhadap kandungan minyak esensial tersebut.

Tips merawat rambut rontok

1. Memilih Sampo yang Menutrisi

Rambut rontok disebabkan karena kondisi rambut dan kulit kepala yang kurang ternutrisi. Oleh karena itu, diperlukan sampo yang menutrisi seperti Pantene Shampo Perawatan Rambut Rontok agar rambut kuat dan terawat dari akar hingga unjung rambut.

2. Hindari mengikat rambut terlalu kencang

Biasanya rambut rontok memiliki kondisi akar rambut yang rapuh. Saat rambut terlalu kencang diikat, maka akan ada efek rambut yang tertarik dan membuatnya patah bahkan gugur. Jadi pastikan untuk tidak mengikat rambut dengan kuat agar rambut tidak mengalami kerontokan.

3. Jangan gunakan alat styling terlalu panas

Jangan gunakan alat styling terlalu panas agar rabut tidak rontok

Kebanyakan alat styling rambut mengandalkan hawa panas untuk mengatur rambut. Namun bila terlalu panas, hal tersebut justru akan membuat rambut rusak. Jadi pastikan untuk memberi perlindungan dengan heat protector pada rambut sekaligus atur suhu alat styling agar tak terlalu panas, agar rambut tetap sehat terjaga.

4. Konsumsi makanan kaya nutrisi

Pastikan untuk konsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti zat besi, zinc, protein, dan vitain B12 untuk memperkuat kondisi rambut.

5. Jaga kebersihan rambut

Pastikan untuk keramas secara rutin sehingga kulit kepala terbebas dari segala debu dan kotoran yang dapat menjadi penyebab rambut rontok. Sebaiknya gunakan sampo dengan formula lembut sehingga tidak mengikis nutrisi alami pada rambut.

Nah itulah cara merawat dan mengatasi rambut rontok secara alami. sesuaikan cara mana yang akan anda aplikasikan untuk mengatasi rambut rontok pastikan pula bahan-bahan diatas mudah di temui di sekitar anda. Semoga bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar