Skip to main content

Jangan Lakukan Investasi Emas ! Sebelum Anda Tau Rahasianya

Banyak orang sudah menyadari pentingnya menyisihkan sebagian penghasilan untuk kebutuhan masa depannya, baik dengan menabung atau berinvestasi. Namun, dalam praktiknya, tidak semua orang mampu mendisiplinkan diri agar bisa rajin menabung untuk kebutuhan masa depan dan juga ada yang masih bingung dalam memilih instrumen investasi yang akan di gunakan.

Investasi Emas
Investasi Emas

Menyimpan uang di Bank bukan lagi menjadi pilihan untuk Investasi jangka panjang. Mahalnya biaya administrasi, pajak, dan bunga yang kecil membuat menabung di Bank bukannya untung yang didapat kan, tapi Buntung .

Kelebihan Investasi emas

Daripada menyimpan uang di bank, sebagian besar orang memilih menginvestasikan uang mereka dalam bentuk emas. karena Investasi emas memiliki beberapa kelebihan yaitu;

1. Harganya relatif naik dan kebal dari inflasi

Jika kita lihat harga emas dari tahun ketahun relatif stabil bahkan semakin meningkat. keuntungan lain yang di peroleh dalam berinvestasi emas yaitu memertahankan dana Anda dari ancaman tergerus inflasi.

Menabung emas merupakan salah instrumen berinvestasi yang kebal terhadap inflasi karena apabila terjadi inflasi, harga emas justru akan ikut naik.

2. Risiko minim

Berbeda dari instrumen investasi lainya yang cenderung memiliki risiko yang tinggi, investasi emas bisa menjadi pilihan bagi anda yang menginginkan risiko yang rendah karena harga logam mulia satu ini harganya relatif stabil.

3. Modal yang digunakan relatif kecil

Pelaku investasi emas bukan hanya dari kalangan orang yang mempunyai banyak uang saja. Investasi ini juga bisa dilakukan oleh karyawan biasa, bahkan yang bergaji minim sekali pun.
modal yang di butuhkan kan dalam berinvestasi emas tidak memerlukan dana yang besar. karena rata-rata harga logam mulia ini sekitar Rp. 600.000 an per gram nya. cukup kecil bukan.

4. Tidak adanya biaya tambahan

Ketika kita menabung emas kita akan memperoleh banyak kelebihan salah satunya yaitu tidak adanya biaya tambahan, lain halnya jika kita menabung dalam bentuk uang di bank kita akan di kenakan biaya administrasi yang cukup tinggi dan bunganya pun relatif lebih kecil.
sehingga investasi emas bisa menjadi alternatif anda yang ingin memperoleh banyak keuntungan dalam jangka panjang.

5. Barangnya likuid atau gampang diperjualbelikan.

Emas termasuk barang yang likuid atau mudah mudah di perjual belikan, jika anda ingin menjual emas bisa di toko emas atau tempat lainya yang tersebar di semua wilayah di indonesia.

6. Cara investasi emas Mudah

Cara berinvestasi emas sebenarnya sangatlah mudah. kita Hanya membeli emas, menyimpan, dan menjualnya saat harga sudah naik.

Kekurangan Investasi emas

Dalam berinvestasi emas selain memiliki banyak kelebihan tapi juga memiliki beberapa resiko yang mungkin di alami oleh investor antara lain:

1. Risiko kehilangan yang tinggi

inilah risiko yang harus di hadapi oleh para investor emas, teruma bagi investor yang menjadikan dalam bentuk perhiasan seperti kalung, cincin, gelang dan lainnya yang di gunakan sehari-hari. risiko ini bisa terjadi dari tindakan perampokan dan pencurian.

Jika anda berniat dalam ber investasi emas lebih baik membeli dalam bentuk batangan dan menyimpanya secara aman. Atau agar lebih aman anda bisa menyewa save deposit box akan tetapi anda akan di kenai biaya.

2. Tidak cocok untuk investasi jangka pendek

Tentu, investasi emas tidak lah cocok bagi para investor yang menginginkan keuntungan dalam waktu yang singkat. Karena fluktuasi harga emas yang tinggi tidak bisa menjamin para investr untuk mendapatkan profit dalam waktu yang cepat.

Tips Investasi emas dengan modal yang minim

Jika anda telah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurang menabung dalam bentuk emas dan memutuskan untuk investasi logam mulia ini, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Memahami Investasi Emas

Ketika anda benar-benar akan berinvestasi dalam bentuk emas, Anda haruslah memahami karakteristik, mekanisme,keuntungan, dan kerugiannnya terlebih dahulu.

seperti yang sudah saya di jelaskan di atas emas merupakan salah satu investasi jangka panjang. dan memiliki beberapa kelebihan salah satunya yaitu harganya relatif naik dan kebal dari inflasi dll.

2. Menentukan tujuan utama berinvestasi emas

Setelah mempelajari dan memahami dalam berininvestasi emas, selanjutnya Anda bisa menyesuaikannya dengan tujuan anda berinvestasi.Semua investor melakukan investasi pasti memiliki tujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya. Termasuk juga investasi emas.

seperti yang kita ketahui sebelumnya menabung dalam bentuk emas merupakan investasi jangka panjang dan tidak cocok untuk tujuan jangka pendek.

Jadi, sebelum investasi emas, Anda harus tentukan tujuan keuangan utama dalam berinvestasi emas terlebih dahulu dan membuat perencanaan yang matang. Jangan berfikiran bahwa Anda dan bisa menjual jual sewaktu-waktu dengan keuntungan yang besar.

Contoh kecilnya 12 tahun kedepan Anda berencana membeli sebuah rumah dengan cara berinvestasi emas dengan harga yang cenderung terus naik. Agar rencana tersebut dapat terrealisasukan, Tentu Anda harus konsisten untuk membeli emas dengan jumlah tertentu dan juga memperhitungkan berapa emas yang di beli agar rencana tersebut menjadi kenyataan dan harus sesuai kemampuan Anda.

3. Observasi Harga emas.

setelah anda mempunyai tujuan dalam menabung emas, Jangan terburu-buru membeli emas. Anda juga dapat mempelajari lebih mendalam tentang pergerakan harga emas di pasaran. Misal, tentang bagaimana tren naik turunya harga emas, faktor ekonomi yang mempengaruhi, dan lain sebagainya. Pengetahuan ini penting untuk menentukan waktu yang tepat untuk membeli emas agar Anda mendapatkan keuntungan yang maximal.

Observasi Harga emas
Observasi Harga emas
Dalam memantau Harga emas Bisa secara online dengan cara mengakses situs resmi PT Antam, atau toko emas online resmi dan lainya. atua bisa mengecek harga emas VIA aplikasi yang menyediakan jual beli emas seperti Tamasia.

selain dengan cara di atas anda bisa juga mengetahui harga secara konvensional. Bisa datang ke toko-toko emas tertentu.

4. Mulai berinvestasi emas

Ketika anda sudah memperhitungkan kapan waktu yang tepat untuk berinvestasi emas ada beberpa hal yang harus di perhatikan yaitu:

1.) Tempat membeli emas

seperti di ketahui saat ini dalam berinvesti emas kita tidak hanya dapat melakukan secara langsung dengan datang ke gerai atau toko emas, melainkan juga bisa digunakan secara online baik mengakses situs resmi penjualan emas juga bisa melalui Aplikasi.

Adapun tempat yang bisa anda pilih untuk membeli emas antara lain:

  • Pegadaian

Jika Anda ingin membeli emas, Pegadaian adalah tempat yang tepat . Kita dapat membeli emas secara tunai atau kredit. Anda bisa melakukan transaksi di semua kantor cabang yang ada, dan beberapa melayani 24 jam.

Jika Anda malas datang ke Pegadaian, Anda dapat membeli emas secara online melalui situs resmi pegadaian. Emas yang di perjualbelikan  di Pegadaian semuanya dari PT Aneka Tambang (Antam) jadi anda tidak perlu khawatir akan keaslian barangnya.

  • Bank syariah

Tempat lain yang dapat digunakan untuk membeli emas adalah di beberapa bank syariah seperti BNI Syariah, BRI Syariah, dan Bank Syariah Mandiri. Di Mandiri Syariah misalnya, Anda dapat membeli emas secara tunai maupun kredit. syaratnya pun tidak terlalu sulit, Hanya salinan KTP dan NPWP.

Membeli emas di Bank Mandiri Syariah memiliki banyak pilihan. Mulai dari membeli emas secara kredit dengan berat 10-500 gram.

  • Pos Indonesia

Tempat terbaru untuk membeli emas untuk investasi adalah di Kantor Pos Indonesia. Setidaknya 205 Kantor Pos di seluruh Indonesia telah bekerja sama dengan Antam.
Dengan begitu, Anda bisa membeli emas logam mulia di kantor pos mulai dari bobot 0,5 gram hingga 50 gram.

  • Kantor Pusat Antam

Jika Anda ingin membeli emas dalam proses cepat, Anda dapat datang ke kantor pusat Antam di Jl . Simatupang, Jakarta Selatan. Meskipun harganya sedikit lebih tinggi, hal yang baik tentang membeli emas di sini adalah Anda tidak perlu mengantri terlalu panjang.

  • Butik Emas Logam mulia Antam
Butik Emas Logam mulia Antam
Butik Emas Logam mulia Antam VIA Tribunnews

Membeli emas sekarang semakin mudah di beberapa kota besar. Karena Antam sudah memiliki beberapa tempat untuk menjual emas.

Jadi selain Jakarta, Anda juga dapat membeli batangan emas di Butik Emas Mulia Antam di kota-kota besar seperti Balikpapan, Bandung, Banjarmasin, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta.

  • Toko emas online

Cara berinvestasi dalam emas saat ini tentunya dapat dilakukan secara online ataupun Via Aplikasi . Tetapi lebih baiknya agar dana Anda lebih aman Anda bisa membeli emas di toko online resmi sehingga tidak berisiko.

Pastikan juga, sebelum membeli emas di toko online, Anda benar-benar perlu mengetahui tingkat reliabilitas dan keamanan toko online tersebut.

2.) Kualitas emas

Setelah Anda mentukan dimana akan membeli emas hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menjamin keaslian emas. Jangan sampai emas yang Anda beli palsu. Anda juga harus Lebih teliti melihat kondisi emas yang dibeli untuk berinvestasi dalam kondisi yang bagus atau tidak cacat.

5. Pilih penyimpanan emas yang aman

Keamanan emas merupakan hal yang harus di perhatikan agar terhindar dari perampokan maupun pencurian. Ada beberapa cara agar emas yang digunakan sebagai investasi dapat disimpan dengan aman. 

  1. Emas dapat disimpan di brankas baja di rumah untuk menghindari pencurian. Tetapi Anda harus mengeluarkan modal terlebih dahulu untuk membeli brankas yang harganya cukup mahal.
  2. Emas yang Anda beli dapat disimpan dalam Jaa sewa kotak penyimpanan harta atau sekuritas. Atau lebih dikenal dengan safe deposit box (SDB). Layanan SDB ini biasanya dikeluarkan oleh lembaga keuangan, baik itu lembaga keuangan bank maupun non Bank seperti pegadaian.
  3. Atau alternatif lain Anda bisa menyimpannya di Brankas PT Antam. Brankas atau program Berencana Aman Kelola Emas Antam ini mempunyai sistem keamanan 24 jam non stop.

Satu hal yang harus Anda ingat sebelum melakukan investasi adalah menggunakan sebagian uang dari pengahasilan untuk memenuhi kebutuhan pokok dan kewajiban terlebih dahulu. Jika ada dana lebih, baru Anda bisa menggunakannya untuk investasi.

Nah itulah cara berinvestasi emas dengan benar, semoga Artikel di atas bisa menjadi referensi bagi anda yang mempunyai rencana untuk menabung emas dalam jangka panjang.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar