Skip to main content

10 Inspirasi Bisnis sampingan ibu rumah tangga yang wajib di coba

Seorang wanita yang sudah menikah secara otomatis menerima tugas baru sebagai ibu rumah tangga yang bertugas untuk merawat anak, membersihkan rumah, atau menyiapkan makanan untuk anggota keluarga.

Ada beberapa wanita memutuskan untuk fokus menjadi ibu rumah tangga dan meninggalkan pekerjaan sebagai karyawan dan sebagian memutuskan untuk terus bekerja. Bagi Ibu rumah tangga yang memutuskan untuk tinggal di rumah bukan berarti mereka tidak punya pilihan selain mengurus urusan rumah tangga Melainkan ada pertimbangan tertentu.

Tentu bagi para ibu rumah tangga memiliki waktu luang di sela-sela kesibukan nya mengurus rumah tangga maupun bekerja.

Waktu luang ini jika digunakan dengan benar akan menguntungkan bagi Anda. Apalagi jika Anda benar dalam memilih jenis bisnis sampingan. Banyak kisah sukses pengusaha besar yang dimulai dari mencoba.bisnis sampingan Ini menjadi bisnis yang bisa di andalkan untuk jangka panjang.

Bisnis sampingan ibu rumah tangga yang wajib di coba

Bisnis sampingan pada awalnya hanya dianggap sebagai usaha sambilan saja, tetapi ketika dijalankan dengan baik, itu bisa berubah menjadi usaha yang menguntungkan walaupun dengan modal yang minim atau bahkan tanpa modal sepeser pun.

Nah, bagi para ibu rumah tangga yang ingin menjalankan usaha sampingan di sela-sela kesibukannya dan masih bingung mau bisnis apa. jangan khawatir karena kali ini saya merangkum beberapa usaha sampingan bagi ibu rumah tangga yang menguntungkan.

1.) Bisnis berbagai jenis kerajinan.

Bagi Anda yang memiliki bakat untuk membuat berbagai jenis kerajinan, bisnis ini juga sangat menguntungkan jika Anda benar-benar lihai dalam hal ini. modal utama yang mutlak diperlukan adalah keterampilan dan kreativitas. selain itu juga di butuhkan ke telatenan dalam menjalankan bisnis sampingan satu ini.

Bisnis sampingan membuat kerajinan
Bisnis sampingan membuat Aneka kerajinan tangan

Anda dapat membuat berbagai jenis kerajinan seperti membuat berbagai rajutan mulai dari dompet, tas, boneka yang menarik, aneka pernak-pernik dan lain-lain.Usaha sampingan ini sangat menguntungkan jika dilakukan dengan baik. Dalam hal pemasaran bisa melalui media sosial atau bahkan di berbagai market place seperti lazada, bukalapak dan lainnya.

2.) Dropship

Dropship adalah bisnis online di mana penjual tidak perlu memiliki stok barang. Anda hanya melayani atau sebagai perantara saja. Pekerjaan Anda hanya mempromosikan barang melalui berbagai media seperti sosial media, blog pribadi, forum, atau toko online.

Nah setelah ada konsumen yang membeli, tugas Anda selanjutnya adalah memberi tahu pemasok untuk mengirim produk. Tugas tersebut kemudian ditangani oleh pemasok.

Lalu bagaimana mendapatkan keuntungannya?

Anda bisa mengambil keuntungan dari selisih antara harga jual pemasok dan harga pembelian pelanggan Anda. Misalnya, Anda menjual tas seharga Rp. 150.000, sedangkan pemasok memberi Anda harga Rp 120.000, artinya Anda mendapat untung Rp. 30.000.

3.) Reseller (Pengecer)

Lain halnya dengan Dropship, Reseller adalah menjual kembali suatu barang. Sistemnya, anda membeli barang dari pemasok dengan harga grosir, lalu,anda menjualnya kembali ke pada konsumen. Reseller adalah bisnis sampingan ibu rumah tangga dengan modal kecil yang menjanjikan.

Peluang bisnis online untuk ibu rumah tangga ini cukup tinggi, terutama bagi ibu rumah tangga yang memiliki hubungan yang luas. Anda bisa melakukan pemasaran dengan memanfaatkan media sosial yang Anda miliki. Metode ini sangat efektif untuk penjualan karena mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar.

Berbagai barang yang dijual dengan sistem reseller sangat banyak, terutama barang-barang fashion seperti pakaian, tas, sepatu dan aksesoris, dan lain-lain. Jika anda masih bingung membedakan antara Dropship dan Reseller bisa membaca artikel sebelumnya tentang Perbedaan Dropship dan Reseller.

4.) Usaha Toko kelontong

Membuka toko kelontong skala kecil atau department store adalah satu usaha yang sangat memungkinkan untuk di jalankan oleh ibu rumah tangga di sela melakukan pekerjaan rumah.
Bisnis ini sangat potensial, Terutama bagi Anda yang tinggal di lingkungan perumahan. Karena Banyak orang membutuhkan sesuatu dalam jumlah yang sedikit dan malas untuk membeli di toko besar karena Letaknya yang cukup jauh. Dalam hal ini anda dapat menjual berbagai kebutuhan sehari-hari yang biasanya diperlukan oleh konsumen di sekitar anda.

Usaha sampingan Toko kelontong
Usaha Toko kelontong

Sebelum memulai bisnis apa pun, ada beberapa hal penting yang harus disiapkan, seperti modal, niat, dan konsistensi. Tentunya Anda membutuhkan modal di awal untuk menyiapkan bisnis, pilih jenis bisnis yang sesuai dengan ketersediaan modal Anda.

Selain itu, Anda juga perlu niat yang kuat untuk dapat terus menjalankan bisnis secara konsisten. Satu hal lagi yang harus di perhatikan adalah tempat membuka toko tersebut. Atau anda juga bisa memanfaatkan ruang kosong yang ada di rumah anda untuk tempat usaha.

5.) Bisnis jualan aneka kue.

Jika Anda memiliki bakat dalam membuat kue, tidak ada yang salah jika anda memanfaatkan keterampilan tersebut untuk di jadikan sebuah bisnis yang menjanjikan. Anda dapat mencoba membuat beberapa resep kue yang menarik dan kemudian menjualnya.

Agar kue anda dapat tejual anda bisa mengamati tren kue yang sedang hits di pasar. Seperti contoh kecilnya saat ini orang lebih menyukai kue dengan bentuk yang unik dan lucu. Selain itu juga anda bisa mengemas roti dalam kemasan yang menarik sehingga Anda dapat meningkatkan penjualan produk Anda.

Anda dapat mulai mempresentasikan produk kue Anda kepada orang-orang yang dekat dengan Anda, seperti anggota keluarga atau tetangga, untuk menarik konsumen baru anda bisa menggunakan semua jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, twiter dan lainnya. Anda harus konsisten dalam pengelolaan bisnis sampingan satu ini sehingga dapat terus tumbuh dan menjadi lebih besar.

6.) Menjadi Agen PPOB

PPOB adalah sistem pembayaran online yang menggunakan layanan perbankan seperti pembayaran tagihan PLN, TELKOM, PDAM, kredit untuk semua operator dan lainnya.

Pulsa dan kuota internet saat ini telah menjadi kebutuhan pokok bagi pengguna smartphone yang di iringi dengan adanya perkembangan teknologi yang terus meningkat. Sama halnya dengan jumlah pengguna internet.

Peluang usaha menjadi agen ppob sangat potensial. Apalagi bagi Anda yang memiliki hubungan dan banyak teman. Anda bisa memberi tahu mereka bahwa anda adalah agen PPOB dan berbagai jenis produk lainya.

7.) Membuat Blog

Membuat blog bisa anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan, akan tetapi Perlu diingat bahwa membuat blog tidak semudah yang diharapkan. Perlu konsistensi agar blog dapat menghasilkan uang.

membuat blog
Membuat blog

Lalu dari mana penghasilan dari membuat blog?

Penghasilan seorang blogger selain dari adsense bisa juga dari penghasilan lain seperti mengikuti program afiliasi ataupun menjual produk sendiri. Jika anda ingin menjalankan usaha sampingan ini ada beberpa hal yang harus anda perhatikan agar blog yang anda kelola terus berkembang.
  • pilih nice blog yang sesuai dengan keahlian anda misal anda memiliki bakat dalam hal memasak anda bisa membuat blog tentang cara dan resep makanan.
  • Membuat artikel yang berkualitas
  • Desain yang mudah dibaca
  • Dan di lakukan secara konsisten

Jika anda ingin membuat sebuah blog tapi belum mengetahui bagaimana cara membuatnya, jgan khawatir anda bisa mengikuti Tutorial tentang cara membuat blog gratis untuk pemula.

8.) Bisnis Perawatan dan penitipan Hewan

Layanan perawatan dan penitipan hewan kian hari semakin meningkat. Bisnis ini sangat cocok bagi pecinta binatang. Selain anda melakukannya Sebagai hoby tetapi juga dapat mengahasilkan pundi-pundi rupiah.

Usaha ini biasanya ramai Saat liburan tiba seperti, lebaran, Natal, dan lainya. Karena pemilik hewan peliharaan tentu tidak bisa membawa hewan peliharaan kesayangannya berlibur. Bisnis ini memiliki potensi yang besar, terutama di kota-kota besar.

9.) Bisnis Tanaman hias


Apa bila Anda memiliki waktu luang untuk merawat tanaman, hobi ini bisa menjadi Usaha sampingan yang menjanjikan. Bahkan jika Anda bersabar dan ulet dalam menjalankan bisnis ini, penghasilan Anda dapat melebihi gaji pegawai kantor.
Bisnis sampinganTanaman hias
Bisnis sampingan ibu rumah tangga dengan budidaya Tanaman hias

Bisnis tanaman hias adalah salah satu model bisnis yang paling cepat berkembang. Ada banyak variasi yang dapat digunakan sebagai bisnis, seperti berbagai jenis bunga hias, bonsai dan lainya yang memiliki harga cukup tinggi.


10.) Jasa Menjahit

Keahlian lain yang dapat di jadikan usaha sambilan adalah menjahit. Anda yang memiliki kemampuan menjahit dapat mulai menerima pakaian buatan tetangga. Cobalah membuat pakaian terlebih dahulu agar orang lain dapat melihat contoh kualitas jahitan Anda.

Jika Anda tidak terampil dalam hal jahit menjahit, Anda bisa mulai dengan mengambil kelas menjahit untuk menyempurnakan keterampilan Anda. Selain berkontribusi untuk penggunaan waktu yang lebih produktif, mengerjakan jahitan juga dapat menghasilkan penghasilan tambahan yang cukup besar.

Itulah beberapa ide bisnis sampingan yang bisa di jalankan oleh para ibu rumah tangga. Sebenarnya semua ide bisnis di atas akan memberikan keuntungan yang besar jika di lakukan secara konsisten dan perlu adanya kerja keras. Semoga artikel di atas bisa menjadi inspirasi bagi para pembaca. 
Terimakasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar