Skip to main content

Peluang Bisnis di Bulan Ramadhan yang menguntungkan

Tidak terasa beberapa hari lagi seluruh umat muslim akan melaksanakan ibadah di bulan ramdhan yaitu berpuasa. dimana umat muslim di haruskan menahan  diri dari makan, dan minum  mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. bulan suci ramadhan merupakan bulan yang di tunggu-tunggu karena dibulan suci ramadhan selain untuk melakukan ibadah anda juga bisa memanfaatkan momen ini untuk membuka sebuah usaha dengan keuntungan yang menggiurkan. ada beberapa hal yang menjadi alasan membuka bisnis di bulan ramadhan sangat sangat potensial. 

peluang usaha ramadhan

Alasan bulan ramadhan sangat potensial bagi pelaku bisnis


1. Daya konsumsi masyarakat meningkat

Daya konsumsi masyarakat di bulan Ramadan tiba pastinya meningkat karena keinginan masyarakat yang tinggi dalam mengkonsumsi suatu barang. walapun masayrakat makan hanya 2 kali yaitu saat berbuka puasa dan sahur tapi jumlah dan macam makanan yang beragam dari biasanya. Misalnya saat berbuka, ada takjil, kurma dan lain sebagainya. 

2.Membeli saat momen tertententu

Bulan Ramadhan merupakan momen yang di tunggu masyarakat untuk membeli suatu barang. karena biasanya seseorang meanfaatkan momen-momen tertentu untuk membeli sesuatu Misalnya , Membeli pakaian baru ataupun perlengkapan ibadah hanya saat menjelang Ramadan. walaupun harga yang tidak jauh berbeda bahkan jauh lebih tinggi dari biasanya, tidak menyurutkan daya beli masyarakat karena momen yang dicari oleh masyarakat.
Hal ini bisa kita manfaatkan untuk meraup keuntungan. Meski bisnis yang di jalankan tidak berbeda dari bisnis yang di jalankan oleh kebanyakan orang. Kita tetap bisa mendapatkan keuntungan dari berbisnis selama Ramadan.

3. Persiapan menyambut hari Raya

Dan salah satu alasan menjalankan bisnis di bulan ramadhan sangat menguntungkan yaitu persiapan masyarakat dalam menyambut hari raya . Meski masih satu bulan lagi, akan banyak masyarakat yang mulai membeli barang untuk lebaran sejak awal puasa. karena dengan membeli jauh-jauh hari sebelum hari raya harganya jauh lebih murah dan tentu saja tidak sampai mengganggu waktu untuk beribadah nantinya.

Peluang bisnis di bulan ramadhan

Ada banyak sekali peluang usaha yang bisa anda jalankan di bulan suci ramadhan seperti

1.Menjual Makanan Takjil

Di bulan suci ramadhan takjil merupakan menu yang harus ada saat berbuka puasa. dari hal tersebut kita bisa menjalankan bisnis jual takjil . Usaha yang satu ini merupakan salah satu jenis usaha yang paling banyak geluti oleh kebanyakan orang saat bulan suci ramadhan karena jenis usaha ini yang paling banyak di cari oleh masyarakat. Jadi, jika Anda ingin meraup keuntungan yang besar dari bisnis ini maka harus pandai-pandai dalam mengkreasikan makanan takjil dan tentunya memiliki rasa yang enak.

2. Usaha Makanan Paket Sahur

Saat Bulan suci ramadahan, Tak sedikit masayrakat yang enggan menyiapkan makanan sahur sendiri. mereka lebih memilih membeli hidangan untuk sahur karena lebih praktis.kita bisa memanfaatkan hal ini untuk meraup keuntungan dengan membuka usaha makanan paket sahur. Dalam menjalankan bisnis ini tidak bisa di jalankan sendiri anda harus mempunyai patner kerja karena jika di jalankan sendiri anda akan sangat kerepotan dalam melayani konsumen.

3. Jual Aneka kue Hari Raya Idul Fitri

Dalam menyambut datangnya hari raya idul fitri kebanyakan orang membuat aneka kue untuk di hidangkan tapi sebagian orang yang lebih memilih untuk membeli yang sudah jadi, karena lebih praktis atau karena alasan lain seperti tidak memiliki waktu bahkan tidak bisa membuat.

jual aneka kue

Nah, disini ada peluang bisnis bagi anda yang memiliki keahlian dalam membuat kue kering, anda bisa membuat kue nastar, kastengel dan lain-lain. dan buatlah dengan beberapa kreasi baik dari penyajian dan rasanya agar kue anda banyak disukai oleh pembeli. 
anda bisa menjualnya ke tetangga dan saudara atu bahkan anda bisa menjualnya secara online. gunakan media sosial sebagi media untuk memasarkan produk anda.

4. Jualan Buah-buahan

usaha Menjual buah-buahan baik saat bulan ramadhan maupun di bulan-bulan lain pengahsilannya sangat menjanjikan. yang membedakan adalah total penjualan saat bulan suci ramadhan lebih tinggi di banding bulan-bulan lain. karena pada saat ramadhan buah-buahan di gunakan untuk membuat berbagai aneka takjil seperti sup buah, jus dan lainya.
Anda bisa mencoba usaha yang satu ini, Tapi ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum menjalankan bisnis ini seperti tempat dan pemasok. dalam menjalankan bisnis ini anda bisa menjual di kios anda atau anda juga bisa sebagai pemasok buah bagi pemilik usaha lain seperti sop buah, jus dan lain-lain agar pendapatan yang anda dapatkan semakin besar

5. Jualan Sepatu dan Sandal

Bukan hanya kue, busana muslim dan pakain. Sepatu dan sandal pun menjadi barang yang sangat banyak peminatnya disaat menjelang Lebaran. mungkin hal ini sudah tradisi bagi masyarakat indonesia ketika lebaran harus serba baru.
Disini anda bisa menjadi seorang reseller yang mengambil barang (sepatu dan sandal) kemudian dijual kembali. jika anda tidak punya cukup modal,anda bisa menjadi seorang dropship dalam hal ini anda tidak perlu stok barang maupun mengirim barang kepada pembeli melainkan anda cukup memasarkannya saja.

4. Menjual Pakaian Dan Busana Muslim

membeli pakaian dan busana muslim di hari raya tampaknya sudah menjadi tradisi bagi masyarakat di indonesia. Bagaimana tidak, beberapa hari menjelang idul fitri tiba, banyak orang mencari pakaian dan busana muslim untuk dikenakan di hari raya nanti. 
hal ini bisa mejadi peluang bisnis untuk anda, bagi anda yang memulai bisnis ini anda bisa cobalah dengan sistem dropship terlebih dahulu. jika anda belum mengetahui apa itu dropship bisa membaca pada artikel saya sebelumya tentang Apa itu Dropship. Dan jika hasilnya memuaskan, kamu bisa membuka usaha konveksi dengan mandiri.
usaha toko busana

Bagi anda yang sudah memiliki usaha ini, anda bisa menigkatkan promosi agar keuntungan anda semakin besar. bisnis ini sangat menjajikan jika di jalankan mengingat mayoritas masyakat beragama islam. bisnis ini bisa di jalankan kapan saja bukan hanya saat menjelang lebaran saja bisnis ini bisa meraup keuntungan yang besar.

7. Menjual Kurma

Menjual buah kurma menjadi poin terakhir dalam peluang usaha dibulan ramadhan ini. Buah kurma menjadi ciri khas tersindiri pada bulan ramadhan,ada bebarapa alasan masyarakat mengkonsumsi buah kurma saat puasa Selain menjalankan sunah menkonsumsi kurma juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita
Berjualan kurma itu memang sangat mudah, tetapi yang sulit adalah persaingannya yang sangat banyak. Jika anda ingin menjalankan bisnis yang satu ini, maka carilah tempat yang strategis
sekian artikel tentang peluang usaha yang menjajikan saat bulan suci ramadhan, semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar