Skip to main content

Rincian modal awal bisnis fotocopy dan keuntungannya

modal awal buka fotokopi

Bisnis fotokopi merupakan salah satu bisnis yang saat ini banyak di lakoni oleh kebanyakan orang. Karena keuntungan dari usaha ini cukup menjajikan dan memiliki beberapa kelebihan yaitu barang yang di jual tidak terpengaruh oleh trend yang tidak akan surut, lain halnya  dengan bisnis lainnya seperti bisnis di bidang pakaian, apabila kita memiliki barang dan trend berubah maka kemungkinan barang tersebut tidak akan laku dan menjadi modal mati. Bisnis fotokopi ini cocok di dirikan di sekitar kampus, sekolahan, dan kantor. Karena kebanyakan konsumen dari bisnis ini adalah kalangan mahasiswa, pelajar dan para pegawai. Mungkin bagi anda yang ingin menjalankan bisnis fotokopi timbul beberapa pertanyaan.
Berapa si modal yang di butuhkan dalam membuka bisnis fotokopy?
Berapa keuntungan yang di bisa di dapat?
Kali ini saya akan menjelaskan hal tersebut. Dalam penjelasan ini saya menulis berdasarkan kenyataan Saya sempat mewawancarai teman saya yang kebetulan membuka usaha fotokopi yang ia rintis sejak 1 tahun silam yang berada di depan salah satu universitas di Lampung.

Modal awal bisnis Fotokopy

Modal yang di butuhkan dalam membuka usaha foto kopi yaitu:
modal awal
jenis barang satuan jumlah
mesin fotokopi merk canon 1 18000000
printer 2 1500000
komputer 2 5000000
etalase 1 1000000
pemotong kertas 500000
alat laminating 1 900000
kursi 5 500000
meja 3 1000000
Alat tulis kantor 4000000
lainnya 1000000
biaya awal
sewa tempat 1000000
listrik 500000
lainnya 500000
Total 35400000
Jika anda ingin membuka usaha fotokopi di perlukan modal awal sebesar 35.400.000, perlu di ingat bahwa rincian di atas mungkin bisa berbeda di setiap daerahnya. Dan jika modal yang anda miliki kurang anda bisa mengurangi beberapa item seperti hanya menggunakan 1 komputer dan 1 printer saja. Atau anda bisa membeli mesin fotokopi bekas dan masih layak pakai untuk menekan biaya.

Estimasi pendapatan usaha fotocopy

Dalam menghitung keuntungan fotocopy kita estimasikan dalam sehari menghabiskan 3-4rim kertas untuk lebih jelasnya lihat tabel di bawah ini

biaya operasional dalam satu hari

jenis jumlah
listrik 15000
kertas 114000
tinta 15000
wifi 7000
lainya 10000
total 161000
pendapatan kotor perhari

biaya operasional dalam satu hari

jenis jumlah
listrik 15000
kertas 114000
tinta 15000
wifi 7000
lainya 10000
total 161000
Dari rincian biaya di atas dapat disimpulkan bahwa keuntungan yang di dapat dalam satu hari yaitu 489.000-161.000= 328.000.
Jadi keuntungan bersih yang di dapat dalam sehari sebesar 328.000 itu belum termasuk penjualan alat tulis dan lainnya cukup menggiurkan bukan bisnis fotocopy ini.

Tips menjalankan bisnis fotocopy

Bagi anda yang sudah memiliki usaha fotokopi dan pengunjung masih sepi mungkin ada beberapa hal yang harus di benahi. Mungkin untuk mengatasi hal tersebut anda bisa mencoba tips di bawah ini:

Kualitas produk

Tentu kualitas produk menjadi hal yang harus di perhatikan karena jika kualitas produk yang di hasilkan kurang bagus maka konsumen enggan membeli produk kita. Oleh sebab itu utamakan kualitas produk fotocopy anda seperti hasil fotokopi jelas dan tidak buram.

Pemilihan lokasi yang strategis

Dalam pemilihan lokasi untuk mendirikan bisnis fotocopy juga berpengaruh terhadap keuntungan bisnis ini. Usaha ini sangat strategis di dirikan sekitar kampus, sekolahan dan perkantoran. Tetapi saya lebih menyarankan mendirikan disekitar kampus atau universitas,  karena mahasiswa akan lebih sering membutuhkan jasa fotocopy di banding yang lain.

Memberikan pelayanan yang baik

Jika dalam sebuah usaha atau bisnis yang kurang memperhatikan hal ini maka akan berakibat pada kelangsungan bisnis tersebut. Misalnya anda membeli suatu produk dan dilayani dengan tidak baik maka anda enggan membeli produk di toko itu lagi. Begitu juga dalam bisnis fotokopi ini. Jadi berikan pelayanan yang baik kepada konsumen anda agar konsumen merasakan kepuasan tersendiri. Pelayanan yang bisa anda berikan kepada konsumen seperti ramah, cepat dalam pelayanan dan lain-lain.

Menjual produk lain

Selain menjual alat tulis dan jasa fotocopy anda juga bisa menjual produk lain seperti menjual pulsa elektrik dan PPOB. dengan menjual pulsa elektik anda akan mendapatkan keuntungan double. dalam menjual pulsa elektrik anda bisa menggunakan beberapa platform yang bisa di gunakan untuk jualan pulsa dan lain-lain dengan harga yang terjangkau. anda bisa membaca pada artikel saya sebelumnya tentang aplikasi jual pulsa dan bayar tagihan murah

Bedakan bisnis fotocopy anda dengan yang lainnya.

Mungkin dalam bisnis fotocopy ini ada inovasi tertentu agar memiliki perbedaan dengan fotocopy lainnya. Anda bisa menawarkan jasa antar fotocopy ketempat konsumen. Kenapa karena kebanyakan orang malas untuk keluar dan mengantri untuk print atau yang lainnya. Nah kemungkinan besar bisnis anda akan mendapatkan keuntungan lebih. Akan tetapi dengan adanya jasa antar modal yang di butuhkan pun bertambah.
Demikian rincian modal awal dan estimasi pendapatan bisnis fotocopy.
Semoga bisa bermanfaat untuk anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar