Skip to main content

Cara membuat akun whatssapp bisnis dan cara menggunakanya

Aplikasi chating sangat lah penting bagi para pelaku bisnis yang di gunakan untuk berkomunikasi dengan costumer. Ada banyak sekali aplikasi chat yang bisa di gunakan seperti line, Blackbery Masanger, WhatsApp dan lainnya.

cara buat akun wa bisnis

Dari banyaknya aplikasi chating yang kebanyakan orang lebih menggunakan Wa karena whatsapp Lebih mudah di gunakan dan lebih efektif. Nah bagi anda para pelaku bisnis ada kabar gembira, karena ada aplikasi yang bisa di gunakan bagi para pelaku bisnis agar lebih mudah berkomunikasi dengan para pelanggan. Aplikasi yang di maksud di atas adalah WhatsApp business atau orang sering menyebutnya Wa bisnis, nah mungkin bagi anda yang baru mendengar atau belum tau tentang WhatsApp bisnis bisa simak artikel ini sampai akhir.

Apa itu WhatsApp Business (Wa bisnis)

WhatsApp bisnis adalah suatu aplikasi yang bisa digunakan oleh pemilik bisnis agar bisa berkomunikasi dengan lebih mudah dan efisien dengan pelanggan. Pada dasarnya WhatsApp bisnis dan WhatsApp Messenger merupakan aplikasi yang di tawarkan oleh WhatsApp Inc. WhatsApp Business resmi rilis di google play store pada 10 Januari 2018.

Ada banyak sekali fitur yang ada di aplikasi WhatsApp Business seperti away massage, greeting messege dan lain-lain yang akan di bahas pada artikel kali ini.

Cara daftar WhatsApp Business

Dalam mendaftar akun WA Bisnis sama halnya mendaftar akun WhatsApp messenger yaitu menggunakan nomor telepon yang aktif. Perlu diingat bahwa Jika Anda bisa menggunakan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger secara bersamaan dalam satu ponsel dengan cara mendaftarkan dengan nomor yang berbeda.

Ok untuk membuat atau mendaftar akun WhatsApp Business anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Download terlebih dulu aplikasi WhatsApp Business di google play store.
  • Setelah aplikasi WhatsApp Business terpasang, lalu jalankan aplikasi tersebut tap setuju dan lanjutkan / agree and continue,
  • Masukan nomor telepon yang ingin anda gunakan
masukan nomor

  • lanjutkan / next> ok
  • Setelah itu WhatsApp akan mengirim pesan singkat ke nomor yang anda masukan sebelumnya biasanya sistem akan otomatis mengenali kode verifikasi tersebut, jika tidak terverifikasi secara otomatis maka anda bisa memasukan secara manual. Dengan catatan nomor yang anda masukan tadi aktif.
    masukan kode klik lanjutkan
  • Tahap selanjutnya yaitu memasukan nama bisnis, kategori, deskripsi dan alamat bisnis anda.

Cara gunakan aplikasi WhatsApp Business

Aplikasi WhatsApp Business memiliki banyak fitur yang bisa digunakan untuk mempermudah anda sebagai pemilik bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Berikut fitur yang ada di WhatsApp Business dan cara menggunakan nya.
1. Grup baru / New Group fungsi fitur ini sama halnya dengan whatsapp mesenger yaitu di gunakan untuk membuat sebuah group.
2. Siaran baru / New broadcastYaitu sebuah fitur yang di gunakan untuk mengirim pesan ke beberapa orang sekaligus.
3. label digunakan untuk mengelola data pelanggan serta chat.
4. WhatsApp web adalah fitur yang bisa anda gunakan untuk mengakses WhatsApp Business melalui laptop atau PC. Cara menggunakannya yaitu:
  • Tap WhatsApp web  maka akan muncul pesan untuk mengakses web.WhatsApp,com > oke

  • Akses web.whatapp,com menggunakan laptop atau PC anda
  • lalu pindai barcode yang ada di PC menggunakan ponsel anda, maka otomatis PC secara terhubung dengan akun WhatsApp anda.
5. Pesan berbintang di gunakan untuk melihat pesan yang sebelumnya pernah anda beri bintang.
6. Setelan / setting Dalam setelan bisnis / business setting banyak sekali menu yang bisa anda gunakan seperti

Profil

Merupakan salah satu fitur yang ada di WhatsApp Business. Disini anda bisa memasukan nama bisnis anda, alamat, kategori bisnis, jam buka dan tutup bisnis anda, alamat email serta alamat situs web bisnis anda. Isi sesuai dengan bisnis anda.
masukan data

statistik

di gunakan melihat statitik pesan dalam akun anda

Tautan pendek

yang berfungsi untuk mengirim url pendek yang bisa anda kirim kepada pelanggan yang dapat mereka gunakan memulai chat whats app dengan anda.

Pesan di luar jam kerja/ Away masagge

merupakan fitur yang memudahkan pelaku bisnis dalam menjawab chat secara otomatis ketika anda sedang tidak ada di tempat bisnis anda atau ketika bisnis anda sedang tutup, untuk aktifkan anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.
  • Tap Pesan di luar jam kerja / Away massage > lalu tap tombol seperti dibawah ini




  • lalu edit pesan sesuai dengan bahasa anda sendiri
away massege





  • simpan / save.

Salam / Greeting massage

merupakan fitur yang bisa di gunakan untuk menjalin komunikasi dengan customer anda. greeting massage sama halnya dengan away massage akan tetapi yang membedakan adalah greeting massage akan mengirim pesan otomatis kepada pelanggan yang tidak berkomunikasi dengan anda selama 14 hari. Cara aktifkan salam / greeting massage:
  • Tap salam / greeting massage
  • Aktifkan tombol lalu edit pesan sesuai dengan keinginan anda.

cara buat greeting masage

    • Simpan

      Balas cepat / Quick replies 

      Merupakan fitur yang berfungsi untuk membalas chat kepada konsumen secara cepat dengan mengetikkan kata kunci. Untuk mengaktifkan quick replies anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

      • Masuk ke setelan / setting 
      • Tap setelan bisnis/Business settings
      • Tap Balas cepat/  quick replies
      cara buat balas cepat


      • lalu edit sesuai dengan keinginan anda misalnya ucapan terimaksih dan maaf. Anda bisa melihat contoh penggunaannya seperti gambar di bawah ini

      mengunakan balas cepat

      • cara penggunaa balas cepat cukup mudah yaitu dengan cara mengetik "/" (garis miring) maka otomatis akan muncul opsi atau pilihan diatas ataau anda ingin memilih trimakasih maka ketik /Trimakasih maka secara otomatis akan menjadi pesan yang anda buat sebelumnya.
      dan itulah cara membuat akun Wa bisnis dan cara penggunaan nya. trimaksih semoga bermanfaat.
      Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
      Buka Komentar
      Tutup Komentar