Skip to main content

Handphone kamu Lemot? Begini Cara Membuat Agar lebih ngebut!

Tidak di dapat di pungkiri lagi bahwa android merupakan sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan saat ini, bandingkan dengan sistem operasi mobile lain seperti IOS dan Windows mobile.

Dari banyaknya pengguna android sering mengalami beberapa permasalahan salah satunya handphone beroperasi dengan sangat lambat atau lemot.

Pada permasalahan ter sebut sebenarnya bukan keselahan dari pihak Developer melainkan cara penggunaan handphone yang kurang tepat.

cara atasi hp lemot

Handphone Android sama halnya dengan Hp yang lain jika tidak digunakan dengan benar maka akan mengalami penurunan performa. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh pengguna hp Android adalah hp beroperasi dengan sangat lambat atau lemot.

Tapi Jagan khawatir kali ini saya akan membagikan tips bagaimana cara atasi Hp android yang lemot.

Penyebab Handphone Lemot

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara atasi Hp agar tidak lemot, alangkah baik anda mengetahui apa saja yang menyebabkan hp anda menjadi lemot. Sehingga kita bisa menghindari hal-hal tersebut. Berikut penyebab handphone (hp) menjadi lemot.

1. Memori penyimpanan penuh

Hal ini bisa terjadi karena kemungkinan anda terlalu banyak menginstal aplikasi di handphone anda. Dengan begitu memori penyimpanan di HP anda penuh yang menyebabkan kinerja handphone menurun. Kenapa bisa begitu? Tentu bisa. Penggunakan aplikasi biasanya menggunakan cache (penyimpanan sementara) yang berfungsi untuk mempercepat loading suatu aplikasi. Nah apabila memori penyimpanan hp anda penuh cache aplikasi tidak ada tempat sehingga mengganggu kinerjanya.

2. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan.

Hal ini seringkali di lakukan oleh kebanyakan pengguna Hp yang lupa menutup aplikasi yang tidak di gunakan lagi.

3. Tidak pernah memperbarui sistem android.

Pembaruan sistem android merupakan sebuah pembaruan sistem yang di berikan kepada pengguna smartphone yang biasanya berisi tentang perbaikan bug, pengoptimalan kinerja dan lain-lain. dan jika anda tidak pernah memperbarui sistem android maka otomatis hp anda menjadi lemot.

4. Adanya virus

salah satu penyebab yang membuat hp anda menjadi lemot karena terdapat virus yang secara tidak sengaja terduplikasi dan tertanam dalam handphone. dengan adanya virus tersebut tentu mengganggu kinerja ponsel.

virus hp

Cara mengatasi Hp android lemot

Setelah anda mengetahui apa penyebab hp menjadi lemot sekarang saya akan memberikan tips untuk mengatasi hal tersebut. Berikut beberapa Cara atasi hp yang lemot agar bisa berjalan dengan lancar.

1. Jangan menggunakan memori secara berlebih.

Setiap smartphone memiliki spesifikasi memori yang berbeda-beda. Selain RAM, kapasitas memori internal berpengaruh pada performa smartphone. Saat memori internal yang hampir penuh maka hp Android berjalan dengan sangat lambat atau Lemot.

Maka dari itu, untuk mengatasi hp agar tidak lemot sebaiknya anda tidak menggunakan memori penyimpanan secara berlebihan agar penyimpanan internal anda tidak penuh.

2. Hapus atau hentikan aplikasi yang jarang di gunakan.

Banyaknya aplikasi yang terinstall di handphone anda juga bisa mempengaruhi performa hp anda. Semakin banyak aplikasi yang anda install semakin penuh ruang penyimpanan yang ada. Selain itu juga jika anda terlalu banyak menginstal aplikasi maka kapasitas ram akan berkurang. Hal tersebut bisa terjadi karena tanpa kita sadari ada beberapa aplikasi yang berjalan di belakang layar.

Untuk mengatasi agar hp anda tidak lemot, anda bisa menghapus aplikasi yang jarang anda gunakan atau bahkan tidak pernah di gunakan sama sekali. jika aplikasi yang jarang anda gunakan yaitu aplikasi bawaan kemungkinan tidak bisa hapus, tapi jangan khawatir anda bisa menghentikan aplikasi tersebut. Bagi anda yang belum tau bagaimana cara menghentikan aplikasi bisa mengikuti cara berikut:

  1. Setelan > Aplikasi terinstal (Apps)
  2. pilih aplikasi yang ingin anda hentikan.
  3. Tap Paksa henti.
cara paksa henti apk hp

Setelah anda melakukan cara di atas, jangan buka aplikasi itu lagi karena jika aplikasi tersebut di buka maka secara otomatis aplikasi tersebut akan beroperasi lagi.

3. Hapus cache aplikasi

Seperti di singgung sebelumnya cache aplikasi juga bisa menghambat kinerja hp anda. apa itu cache?

Cache yaitu sebuah file yang dibuat untuk menyimpan data sementara dalam smartphone. Fungsi utama cache adalah untuk mempercepat loading pada sebuah halaman situs atau performa transfer data pada suatu aplikasi.

Namun, cache akan terus menumpuk jika tidak hapus dan apabila jumlah cache yang tersimpan mempunyai ukuran yang lumayan besar, maka semakin besar juga beban pada kapasitas memori perangkat anda. Yang dapat menggangu performa hp itu sendiri.

Agar hp anda tidak lemot anda bisa menghapus cache aplikasi yang sering anda gunakan. Berikut cara hapus cache di android.

  1. Setelan / Setting> pilih aplikasi terinstal / Apps
  2. Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus cache nya
  3. Pilih penyimpanan / storage>
  4. Pilih hapus cache

Selain menggunakan cara di atas anda bisa menghapus cache secara keseluruhan yang ada di Android caranya Masuk ke setelan /setting > pilih penyimpanan / storage > pilih data dalam cache / chace data > pilih ok.

cara hapus semua cache

4.Hapus Virus dari Handphone

Virus merupakan musuh utama bagi pengguna smartphone karena virus tersebut masuk kedalam ponsel maka aplikasi ataupun fitur yang ada dalam ponsel tidak dapat di gunakan pada semestinya.

Nah jika anda lemot bisa jadi dalam handphone anda terdapat virus yang masuk tanpa anda sadari.

Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menghapus virus tersebut menggunakan aplikasi bawaan ponsel atau anda bisa mendowload di Google Play store.

5. Perbarui sistem operasi Android

Jika anda tidak pernah memperbarui sistem operasi android bisa jadi hal tersebut yang menyebabkan hp anda menjadi lemot, karena pada dasarnya harus ada kesesuaian antara aplikasi dan sistem agar bisa berjalan dengan lancar.

pembaruan sistem android juga biasanya berisi berbagai perbaikan seperti perbaikan bug, peningkatan performa, penambahan fitur dan lain sebagainya. Berikut cara memperbarui sistem pada handphone:

  1. Masuk ke menu setelan / setting
  2. pilih tentang ponsel / About phone
  3. pilih pembaruan sitem
  4. ok
cara perbarui sistem android

Nah itulah cara mengatasi Hp yang lemot. apabila anda sudah melakukan cara-cara di atas dan tidak ada hasilnya. anda bisa mencoba opsi yang terakhir yang melakukan reset pabrik. yang kemungkinan berhasil mengatasi permasalahan tersebut tapi sebelum anda melakukan reset pabrik sebaiknya anda mencadangkan atau memindahkan file-file yang menurut anda penting. karena dengan melakukan reset pabrik sama saja anda memformat hp anda sehingga semua data hilang.

Semoga bermanfaat. Trimakasih

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar