--> Skip to main content

6 Aplikasi yang wajib dimiliki oleh pemilik bisnis online

aplikasi online shop

Di era modern saat ini, Kita pasti tahu bahwa kemajuan teknologi sangat pesat. kemajuan teknologi tersebut tentunya memberikan banyak perubahan bagi kehidupan manusia baik dari sisi negati dan positif. beberapa salah satu contoh dampak positif dari kemajuan teknologi yaitu  memudahkan pekerjaan manusia menjadi lebih efektif dan efisien. seperti contoh dulu jika kita ingin membeli suatu barang kita harus datang langsung ketoko maupun pasar akan tetapi saat ini kita tidak perlu repot lagi datang ketoko, karena kita bisa membeli produk tersebut secara online.

Dan hal tersebut berpengaruh terhadap jumlah pelaku bisnis online yang terus meningkat karena permintaannya sangat tinggi. Bagi anda yang baru merintis online shop tentu sangat kesusahan dalam mengelola bisnis tersebut.
Dan untuk memudahkan para pemilik atau pelaku online shop dalam mengelola dan memasarkan produk ada beberapa aplikasi yang wajib di miliki oleh pelaku bisniss online shop.


1. Aplikasi Sosial Media


aplikasi sosial media


Aplikasi yang pertama yang wajib dimiliki oleh pelaku bisnis online shop adalah sosial media.
kenapa sosial media?
Karena pengguna media sosial sangat banyak. di kutip dari detikinet "Laporan We Are Social mengungkapkan bahwa total populasi Indonesia mencapai 265,4 juta jiwa, sedangkan pengguna internetnya setengah dari populasi, yakni sebesar 132,7 juta." 

Sehingga penggunaan media sosial bagi anda sebagai pelaku bisnis online sangat potensial untuk memasarkan produk yang anda jual. Aplikasi social Media yang bisa anda pakai seperti : Facebook, Instagram,  dan Twiter.


2. Mobile Banking



mobile banking

Aplikasi selanjutnya yang wajib dimiliki oleh pelaku bisnis adalah Mobile Banking karena Transaksi Biasanya di lakukan dengan cara transfer melewati ATM. aplikasi mobile banking ini akan memudahkan anda untuk mengetahui keluar atau masuknya uang ke rekening kita tanpa harus cek melewati mesin ATM. Untuk bisa menggunakan Mobile Banking anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu Ke bank yang anda gunakan.

3. Aplikasi chating


Aplikasi chating dalam bisnis online sangat penting karena di gunakan untuk melakukan komunikasi dengan customers. aplikasi chating sendiri memberikan banyak fitur bagi penggunanya dan juga biaya nya pun cukup murah di bandingkan dengan menggunakan SMS. aplikasi yang bisa anda pakai seperti line,whatsapp, Blackberry masanger dan lainnya

4. Traking Paket

Bisnis online shop tidak terlepas dari kirim mengirim barang. mungkin bagi anda yang ingin mengetahui status atau posisi pengiriman dengan cepat dan mudah anda bisa menggunakan tracking paket seperti myJNE, J&T dan lainnya .

5. Aplikasi edit Foto

Seorang pembeli jika ingin membeli suatu barang pastinya melihat kualitas dari barang tersebut dengan melihat foto produk, jika kita menjual barang dan memasang foto dengan kualitas yang rendah misal buram atau terlalu gelap maka barang tersebut tidak akan laku. oleh sebab itu anda perlu suatu aplikasi untuk mengedit foto pruduk anda lebih berkualitas dan disarankan kan untuk tidak mengedit foto produk yang tidak sesuai dengan produk kita. karena kemungkinan besar para pembeli enggan membeli kembali di toko online kita karena barang tidak sesuai dengan di foto.
aplikasi edit foto yang bisa anda gunakan seperti picsart, adobe photoshop, snapseed dan photodirector


6. Point of Sale (POS)


Point of Sale dapat diartikan sebagai tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (cash register). Pada Sistem POS penjual akan menghitung seluruh jumlah harga yang dibeli konsumen dan memberikan pilihan bagi pembeli untuk melakukan pembayaran serta mengeluarkan tanda terima transaksi pembelian yang biasa disebut dengan Struk.Aplikasi ini memiliki beberapa manfaat yaitu kita bisa track pendapatan dan pengeluaran, dan kita juga bisa melakukan manajemen stok produk. 

Itulah 6 aplikasi yang wajib dimiliki oleh pimilik bisnis online. semoga artikel di atas bermanfaat bagi anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar